4 Alasan Blogger Pemula Gagal dan Berhenti Ngeblog

Postingan hari ini adalah postingan tamu dari Mas Ihsan Kurniawan tentang alasan blogger pemula gagal dan berhenti ngeblog, satu tema yang cukup menarik. Ada yang masih suka bertanya-tanya kenapa susah banget konsisten ngeblog? Coba deh baca ya gaes! πŸ˜€

=======

Profesi sebagai seorang blogger sekarang rasanya bukan lagi menjadi profesi yang aneh. Sudah banyak orang yang menjadi sukses dengan hobi mereka untuk berbagi melalui tulisan di blog mereka. Sukses disini bisa berarti menjadi lebih dikenal, punya banyak teman, aktifitas yang bermanfaat sampai ke urusan finansial.

Karena alasan-alasan itu pula, makin banyak pula orang yang terjun ke dunia blog ini. Mulai dari yang ingin menyalurkan passion, hingga yang cuma ikut-ikutan dengan harapan mendapatkan keuntungan. Dan setiap harinya pula, enggak sedikit orang yang menyerah dan meninggalkan blog mereka terbengkalai. Entah karena jenuh, atau ternyata mereka sadar kalau jadi blogger enggak semudah dan seindah yang mereka harapkan tadi.

Baca postingan gw tentangΒ Alasan Memulai Blog.

Dari curhatan-curhatan beberapa teman dan apa yang sering saya temukan juga, ternyata ada beberapa alasan blogger pemula menyerah dan berhenti menulis di blog mereka. Berikut ini alasan yang paling sering saya temukan.

Apa aja sih alasan blogger pemula gagal dan berhenti ngeblog?

#1 Ngeblog Tidak Sesuai Passion

Biasanya ini dialami blogger yang ingin mencari keuntungan dari blog dan mengincar niche blog. Karena topik tertentu dianggap lebih banyak dicari dan banyak sponsor, akhirnya bikin blog di topic tersebut. Padahal, belum tentu mereka memahami dan suka di topic tersebut. Contohnya, kamu doyan kuliner dan travelling, tapi bikin blog tentang gadget atau otomotif. Kan enggak nyambung.

Kalau sudah begini, kita bakal merasa ngeblog menjadi sebuah kewajiban yang terpaksa harus dikerjakan. Bikin postingan jadi dikejer-kejer target dan kadang ngerasa bingung karena enggak tahu harus nulis apalag. Lama-kelamaan, jelas aja ngerasa jenuh.

Sebenarnya alasan ini yang membuat saya memilih bikin blog gado-gado.Β  Supaya saya bisa menulis apa saja sesuai mood dan ide, tanpa harus merasakan kehabisan ide. Misalnya bikin review kuliner setiap habis mencicipi tempat makan baru, atau review film terbaru yang baru selesai saya tonton.

#2 Terlalu Mendewakan Angka-Angka

Stats s/d Juli 2015

Pernah denger tentang UV, PV, PR, DA, PA atau juga Alexa kan?

Ternyata, banyak loh blogger yang sangat mendewakan angka-angka tersebut. Sampai-sampai setiap hari mereka lebih sering mengecek angka ini dibandingkan bikin postingan yang lebih bermanfaat. Istilahnya, enggak apa-apa postingan seadanya, yang penting angka-angka semakin bagus!

Memang sih, angka-angka tersebut bisa dibilang sebagai angka yang sakral buat para blogger. Tapi angka juga bukan segalanya.Β  Kalau kita terlalu mendewakan angka-angka tersebut, kita bisa kehilangan semangat ngeblog kalau ternyata angka tersebut enggak membaik juga. Padahal, banyak loh blogger sukses yang blognya memiliki angka di range β€˜biasa-biasa saja’.

#3 Kebanyakan Membaca dan Belajar

Nah loh, bukannya membaca dan belajar itu bagus ya?

Betul, membaca dan belajar adalah hal yang sangat bagus. Itu akan menambah pengetahuan kita, menjawab semua pertanyaan yang kita enggak tahu jawabannya dan banyak hal bermanfaat lainnya. TAPI, semua akan sia-sia kalau enggak dipraktekkan!

Saya pernah kok ketemu teman yang rajin membaca tips menjadi blogger, tips membuat tulisan yang baik, tips SEO dan bla-bla-bla lainnya. Alhasil, dia banyak tahu tentang blog. Sayangnya, karena keasikan membaca itu tadi, dia malah lupa untuk ngurusin blog dia sendiri. Β Akhirnya, blog dia jadi sepi dan terbengkalai gitu aja.

#4 Lupa Untuk Bersosialisasi

Nah, ini nih yang ternyata banyak dialami blogger. Meski blog itu adanya di internet dan dapat diakses orang dari mana saja, tapi yang menulis blog itu sendiri tetap harus β€˜memperkenalkan’ dirinya loh. Keasikan menulis dan duduk di depan komputer sampai lupa untuk sosialisasi juga merupakan hal buruk yang bisa bikin kita bosen ngeblog.

Padahal, kalau kita mau blog kita jadi lebih dikenal, sosialisasi itu penting banget. Apalagi untuk blogger personal. Dengan bersosialisasi dan gabung dengan komunitas, kita bisa jadi lebih dikenal oleh banyak blogger lainnya. Mengutip salah satu postingan yang pernah saya baca, jalinlah keakraban sesama blogger siapapun mereka . Siapa tahu rezeki blog kita ternyata ada di antara teman-teman komunitas tersebut.

Baca juga Pentingnya Komen Untuk Blog.

#5 Kehilangan Motivasi

Kalau sudah mengalami hal-hal di atas tersebut, lama-kelamaan akhirnya blogger-blogger pemula tersebut mulai kehilangan motivasi deh. Rasa jenuh dan bosan terus berada di depan laptop, angka yang enggak bagus-bagus sampai blog yang enggakΒ  terkenal-terkenal membuat blogger pemula mulai bosan untuk terus menulis. Sampai akhirnya bisa ditebak, mereka mulai kehilangan motivasi, tulisan baru makin jarang muncul hingga akhirnya blog mereka benar-benar terbengkalai.

Baca juga tulisan Hal Paling Susah dalam Ngeblog

Sepertinya, segitu dulu tulisan saya tentang alasan mengapa banyak blogger pemula yang gagal. Untuk teman-teman yang baca ini, semoga makin terus semangat untuk menulis di blog kalian ya. Seperti kata salah satu teman blogger, β€œenggak perlu kebanyakan mikirin ini itu. Teruskan menulis. Percaya aja, pasti ada kok yang merasa kalau tulisan kamu bermanfaat untuk mereka”.

====

dani speaking–>Β Gimana?Β Ada yang merasa alasan blogger pemula gagal dan berhenti ngeblog ini cucok sama keadaan diri sendiri? Well tema ini sangat banget bisa dikasih tambahan isi postingan sebenernya. Β Tapi better di postingan terpisah aja yes? πŸ˜€

Postingan lain tentang blogging di blog gw:

[display-posts category=”blogging-things”]

About these ads

154 Comments

  1. aya slavina
  2. ria angelina
  3. Gara
          • Jefry Dewangga
  4. Sandrine
    • Vita
  5. eda
  6. RedCarra
  7. Shinta
  8. Noe
  9. Yuni
  10. evrinasp
  11. mux
  12. The Stress Lawyer

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya. (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: