#8 Tujuan Ngeblog

boy

Udah seminggu lebih ya giveaway blog ini dan tantangan nulisnya dan masih terus ada temen-temen yang kasih ide. Makasih yaaa. Ada yang belum ikutan? Yuk buka postingannya dan kasih ide tantangan buat gw bikin postingnya di sini. Yang unik ya, biar menggelitik gw buat bikin postingan dan jadi bikin kesempatan menangin hadiah yang insyaAllah gw baginya sekitar bulan Januari 2015.

Kalo hari ini sih mau tulis tantangannya Mba Y (btw gw tahu kok nama lengkapnya, cuman biar khas aja gw tetep panggil Mba Y). Tujuan bikin blog ini apa? Gw kutip lengkap aja ya komennya beliau:

Tujuan Nge-blog secara jujur *diluar sbgai dokumentasi* *Kebanyakan marketing, selalu berselimut dengan kata2 ingin share dan berbagi, padahal sebenarnya nyari koneksi* Hahaha *digaplok Dani*

Kenapa ya Mba Y kasih tantangannya yang ini? Apa dirasa gw kurang jujur ya? Huhuhu..

Awal Ngeblog

Blog yang gw bikin tahun 2007 ini awalnya memang murni buat jadi tempat curhits. Dulu seringnya nulis di notes Facebook. Segala sumpah serapah lebayatun lalalala. Tapi lama-lama kan temen-temen facebook pada tahu lah ya dan bacain tulisan-tulisan gw itu. Yagak sampe menyumpah juga sih benernya.

Notes gw di facebook di marih nih linknya, gak  yakin pada bisa bukak sih kalo bukan temen gw di facebook. Hihihihi. Ternyata setelah gw lihat, meskipun dah bikin blog tahun 2007, gw masih tetep notes sampe Juli 2011. Hahahaha. Gak konsisten.

Pemahaman gw soal blog waktu itu? Cuman sebagai diary online. Gak ngeh kalo blog itu bisa jadi kayak gini sesuai pemahaman gw sekarang. Apa yang gw tulis waktu itu? Ya cuman tentang kantor, dokumentasi gitu selama masa-masa gw di Lampung yang ternyata gak jalan juga. Jadi tujuan dokumentasi gagal.

Aktif lagi

Tahun 2010 gw aktif lagi nulis tapi di blogdetik, sayangnya blognya dah gw hapus dan gw dah impor semua postingan ke sini. Waktu itu lagi-lagi tujuannya dokumentasi. Malam-malam kelam jam 11 gw balik dari kantor. Pulang pagi rapat. Ah dokumentasi masa-masa kelam. Masa-masa satu tahun setelah gw nyampe lagi di Jakarta.

Postingan pertama gw di blogdetik bisa dibaca di link itu. Kalo baca lagi jadi malu. Hihihi..

Cuman sayangnya postingannya ya tetep aja anget-anget kotoran ayam gitu deh. Di tahun inilah gw merencanakan pernikahan dan beberapa postingan berhubungan sama kawinan. Tujuan tetep sama, dokumentasi pribadi.

Berubah Tujuan

Memasuki tahun 2011 gw dah mulai paham nikmatnya bertukar komentar, blogwalking dan ngintip-ngintip hitstats. Bermula dari Teh Erry dan Mba Irma, gw mulai kenal beberapa blogger lain. The first few bloggers sih gw ingetnya selebblog yang populer abis postingannya. Gak berani gw komen, jadi silent reader.

Tujuan ngeblog gw mulai bergeser, mulai pengen kenal dan dikenal lebih banyak orang. Iyes, cari koneksi, kok kayaknya seru banget bisa kenal dan dikenal banyak orang lewat postingan gitu. Tapi gak berlangsung lama sih, dengan keinginan jadi populer dan dikenal banyak orang mah jadinya capek. Kudu kejar bw dan kejar banyak orang biar mereka mau berkunjung balik.

Etapi meskipun begitu, anti banget buat gw nulis “ditunggu kunbalnya ya Kakaaaaak”. Gw waktu itu komen di blog orang karena emang gw suka dan kalopun gak dikunjungi balik yaudahlahya. Pemikiran itu sih yang gw coba camkan dari awal gw pengen cari popularitas temen di dunia blog. Kalo sampe gak ada yang dateng ya berarti tema tulisan gw kurang menarik.

Menyebar Pengaruh

Selama capek ngejar traffic dan popularitas (karena gw gak terlalu gaul di sosmed) gw menyadari juga kalo blog bisa dipake buat nyebarin pengaruh. Bahan propaganda lah. Tempat ngiklan. Eits, tapi gak serta merta kemudian gw pengen dapet pasang iklan di sini meskipun gw gak menyangkal seneng banget kalo dapet orang yang nawarin kerjasama pasang iklan.

Bahkan yang bayar pake voucher seratus rebu itupun gw terima.

Tapi yang gw maksud di sini adalah gw bisa nyebarin apa yang gw pengen orang tahu, kalo dari sisi gw sih tentang personal finance. Soalnya banyak hal sederhana yang dari pengalaman orang tua gw ama gw sendiri ternyata bisa dilakukan sendiri buat ngeberesin keuangan pribadi.

Nah ini yang jadi tujuan gw berikutnya dengan akhirnya gw bikin blog Celengan Semar bareng temen gw dan Ngobrolin Duit. Kedua blog itu discontinue karena ternyata berat untuk bisa generate trafficnya dengan fokus kebagi dua gini. Sementara blog ini semakin rame. Hamdalah.

Kalo yang baca sedikit jadinya apa yang pengen gw orang tahu kan juga gak maksimal juga kesebarnya ya. Jadi kenapa gak sekalian di sini aja deh. Akhirnya gw hidupin lagi menu finance di blog ini dengan harapan semakin banyak orang yang baca jadi semakin banyak yang bisa belajar bareng dan semakin banyak yang dapet manfaat.

Kenapa gw keukeuh banget pengen nyebarin soal personal finance ini? Karena di negara ini kok rasanya yang dapet informasi ini masih cuman segelintir orang ya.

Tujuan Ngeblog Sekarang

Jadi kalo bisa dibikin dalam bullet points tujuan gw ngeblog sekarang ini adalah:

  • Tulis apapun sejujur mungkin
  • Generate traffic sebanyak-banyaknya
  • Dengan semakin banyaknya traffic, gw bisa lebih banyak menyebarkan tentang personal finance, perencanaan keuangan pribadi atau hal bermanfaat lain. Do’a gw semoga gw masih terus diberikan petunjuk untuk tetep memberikan hal-hal positif sama Allah. Sebanyak mungkin menyebarkan manfaat lah.
  • Syukur-syukur kalo dapet penghasilan tambahan dari blog ini.
  • Pengen tahu siapa yang bakalan bisa gw temui dan kemana blog ini bakalan membawa gw dalam hidup kalo misalkan gw konsisten ngeblog sampe lets say 5, 10, 15, 20 tahun ke depan? ato sampe gw gak bisa nulis lagi. Kejauhan? itu yang pengen gw tahu, sejauh mana gw bisa ngeblog.

Well, meskipun tujuan pertama gw traffic, gw gak mau juga posting sehari sampe dua atau tiga kali sehari. Itu bisa boost traffic lumayan emang. Dan gw juga gak mau bikin postingan yang orang mikir “eew, gini aja diposting?”.

Begitu Mba Y apa yang jadi jawaban sejujurnya tujuan ngeblog saya. Panjang juga ya ternyata. Hampir seribu kata.

Advertisements

85 Comments

  1. Dwi Puspita
  2. Allisa Yustica Krones
  3. -n-
      • -n-
          • -n-
    • Vita
      • -n-
  4. adejhr
  5. MS
  6. Bibi Titi Teliti
  7. bintangtimur

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: