Ajari Diri Sendiri Tentang Keuangan (Selamat Hari Guru!)

Selamat Hari Guru!

Dari sepagian sudah denger tentang hari guru dari radio sepanjang perjalan ke kantor. Jadi keinget guru-guru waktu jaman sekolah dulu. Kalo lihat album Facebook, beliau-beliau sudah kelihatan sepuh dan gak bisa lagi berkejaran dengan waktu. Padahal waktu ngajar gw dulu, mungkin umurnya seumuran gw sekarang ya. Kalo tanpa bantuan mereka mungkin gw gak akan jadi seperti sekarang . Yayaya klise, tapi bener kan?

Nah trus kepikiran aja soal financial literacy di Indonesia. Dari kecil sampe sekarang belajar ya matematika, IPA (fisika dan kimia – karena gw gak suka biologi :P) dan Bahasa Inggris (Bahasa Indonesia dan IPS gw parah banget gak bisanya deh, jadi sekalian aja gak usah belajar :P. Gak pernah namanya diajarin tentang duit kecuali kalo duit itu bukan segalanya.

Yes Bapak dan Ibuk selalu bilang kalo duit itu perlu tapi duit bukan segalanya. Karena Bapak cuman supir angkot dan Ibuk cuman jualan kecil-kecilan ya gak pernahlah diajarin yang namanya nabung lalalili karena adanya ya cuman segitunya aja.

Trus beberapa waktu lalu gw baca artikel tentang survey financial literacy yang diadakan sama McGraw Hill Financial (yang punya S&P – lembaga pemeringkat terkenal) di lebih dari 140 negara dan hasilnya, cuman 49% dari orang yang disurvey bisa menjawab pertanyaan. Dan itupun setelah mengeluarkan negara-negara berkembang.

Nah, jadi kepikiran Indonesia. Gimana dong ya nasibnya negara kita, nasibnya bapak-ibu guru yang dulu udah berjasa banget ngajarin gw segala macem hal, nasib kita semuanya? Kalo kitanya sendiri gak financial literate, gak banyak tahu tentang dunia keuangan, apa jadinya? Dunia keuangan bukanlah yang utama, tapi mau-gak mau kita hidup sampai nanti-nanti ya pasti bersinggungan sama dunia keuangan kan ya.

Sedih loh pas ngedatengin bapak-ibu guru pas lebaran, eh nasibnya kok ya ngenes karena ceritanya gajinya yang segitu-gitunya ya habis buat keperluan sehari-hari. Gak ada persiapan buat pensiun dan apalagi kalo misalkan lagi sakit. Huaaaa!! Kalo pas tahu kabar guru lagi sakit dan diajakin urunan ama temen sih seneng aja ikutan, tapi ya seberapa sih kan ya duitnya.

Untungnya sekarang udah banyak banget ya yang mau share tentang ilmu pengelolaan keuangan pribadi ini, mulai dari bank yang mau jualan produk, independent financial advisor firms sampe ke bloggers *uhukkk!! 

Yuk, ajari diri sendiri tentang keuangan yuk. Jadi guru buat diri sendiri biar melek financial.Bukan buat jadi tajir melintir kok, tapi buat bisa siapin masa depan yang lebih baik dan (mengutip Ligwina Hananto) untuk Indonesia yang kuat! Tanggung jawab kita sendiri loh soal keuangan pribadi, bukan orang lain.

Postingan lain tentang keuangan: 

[display-posts category=”finance”]

Advertisements

44 Comments

  1. Gara
    • Vita
        • Vita
  2. evrinasp
  3. Dunia Ely

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya. (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: