Apa yang Perlu Diketahui tentang Tabungan

Buat yang penggemar diehardnya tabungan nih alias gak mau investasi ato apapun, pokoknya duitnya di tabungan aja deh selamanya. Sudah ngeh beneran belom hal-hal yang perlu diketahui tentang tabungannya? Waktu buka rekening sudah dengerin dan memahami sepenuh jiwa fitur-fitur dan benefitnmnya dari Customer Service waktu buka rekening?

Mihihihihi… Kepikiran postingan ini waktu bikin tulisan tentang Profil Risiko kemaren. Kan basic banget ya itu postingan. Semoga udah pada ngerti semua apa yang gw tulis di sini biar gak rugi-rugi amat naroh duitnya di tabungan.

Jadi,  apa yang perlu diketahui tentang tabungan?

1. Biaya administrasi tabungan (rekening dan kartu)

Udah tahu kan kalo di rekening tabungan ada biaya administrasinya?  Biaya administrasi memang tergantung tiap bank. Beda-beda lah.  Kita sebagai nasabah kudu bener-bener paham soal ini.  Berapa besarnya,  kapan dipotong dan kalo misalkan gak ada saldo gimana.

Rata-rata sih setahu gw rekening tabungan reguler sekarang biayanya di kisaran Rp.  7 ribu –  Rp.  10 ribu.  Semakin murah biaya adminnya biasanya ada biaya tambahan lain.  Bisa jadi biaya kartu ATM akan dikenakan lagi tiap bulan yang mana total jenderal bakalan sekitar Rp.  10 rebu sampe Rp.  15 rebu.

Kalo gw pribadi sih bakalan curigesyen kalo dibilang rekening tabungan gak ada biaya adminnya. Gw tanya lebih jauh kok bisa gak ada.  What’s the catch for the bank.  Bisa jadi loh biayanya justru dikenakan waktu kita ambil duit di ATM.

2. Saldo dihitung harian

Nah kalo ngarepin bunga dari bank tempat kita nabung,  kudu tahu kalo saldo tabungan di bank itu dihitung harian.  Iya, sistem penghitungan bunga tabungannya bank secanggih itu sampe bisa ngitung bunganya harian.  Jadi kalo misalkan di awal bulan dan di akhir bulan saldo tabungan Rp.  500 juta dan di tengah-tengahnya kosong,  yang dihitung dapet bunga ya cuma pas ada saldonya doang.

Gak usah ngarep terlalu banyak deh.  Hihihi.  Dulu pernah ada nasabah gw yang marah-marah kok dapetnya kecil di rekening tabungan karena dikira saldo pasti dihitung berdasarkan posisi akhir bulan.

3. Suku bunga tabungan berlaku berjenjang

Jadi kalo buat tabungan umum,  suku bunga berlaku berjenjang.  Gak langsung pukul rata semuanya dapet sekian persen. Gw salut sama Bank Mandiri yang nyantumin suku bunga tabungan dan produk dana di websitenya.

Kalo ngikutin polanya Bank Mandiri,  saldo di bawah sejuta gak dapet bunga.  Baru di atas sejuta sampe 50 juta dapet 0.9%. Per tahun loh ya ini.  Dan gak usah bingung cari bank mana yang bunganya lebih tinggi.  Kalo tipe tabungan yang mirip-mirip sih kurang lebih sama lah bunganya.

Apa kabar inflasi kalo begitu mah?  😛

4. Pajak 20% atas bunga

Well ini sebenernya gak cuman tabungan sih,  semua produk bank yang kasih iming-iming bunga sekian persen itu pasti dikenakan pajak 20%.  Jadi kalo ditawarin bunga 9% misalkan,  jangan lupa dikurangin pajaknya dulu.  Gampang kok,  tinggal dikalikan aja 80% itu bunga.  Jadi kalo misalkan ditawarin 9% bunga tabungan/deposito/apapun,  yang sebenernya kita bakalan dapet sih:

9% x 80% = 7.2% nett setelah pajak

Masih mending lah buat lawan inflasi.  Apakabar tabungan yang bunganya di bawah itu?

5. Saldo minimum tabungan biar gak habis kepotong biaya admin

Nah ini  nih yang suka ditanyain ama nasabah gw dulu.  Kudu simpen berapa di rekening tabungan biar gak habis kemakan biaya admin tiap bulan?

Gw sempet ngitung dengan asumsi pake tingkatan bunganya Bank Mandiri dan gw gak masukin pajak ke itungan.  Hasilnya buat bisa nutup admin sebesar Rp.  7.500 saldo rata-rata harian minimal sebesar Rp.  10.200.000. Jadi kalo dimasupin pajak dan biaya administrasi lain yang lebih gede pastinya kudu lebih dari itu.

Kenapa gak coba investasi di pasar modal kalo gitu kan? Baca deh postingan Alasan Investasi di Pasar Modal.

6. E-Banking itu (Sebagian Besar) Gratis

Gak tahu deh,  semoga temen-temen yang baca blog ini udah pada aktif pakai electronic banking dari masing-masing banknya.  Karena electronic banking ini beneran memudahkan.  Gak perlu antri,  tanda tangan,  fotokopi KTP lalalili.  Semuanya tinggal sentuh layar smartphone atau klak-klik mouse di monitor.

Dan hampir semua fasilitas e-banking ini hratizzz.  Well ada sih yang ATMnya masih bayar (ATM termasuk e-banking kan?). Kayaknya kenapa ATM bayar bisa jadi postingan menarik nih.

Gw udah pernah nulis sebelumnya,  coba baca Keuntungan Menggunakan E-banking ini.

7. Biaya hadiah lebih murah daripada biaya bunga

Sering kan ya denger ada promo gila-gilaan buat rekening tabungan mulai dari Gebyar Tahapan,  Untung Beliung sampai ke Lalala Fiesta.  Malahan akhir-akhir ini ada yang mau kasih hadiah langsung Honda Mobilio kalo nabung sejumlah tertentu.  Gak pake diundi. Gw sendiri pernah kenal sama orang yang naroh sekian ratus juta di tabungan dan dapet hanphone terbaru berharga jutaan rupiah.

Ini sih yang pasti buat narik orang nabung di rekening tabungan karena oh karena kalo nggak orang cenderung naroh dana di Deposito.  Iya dong bunganya lebih tinggi. Dan dengan aneka rupa program yang ada itu harapannya orang bakalan mupeng sama hadiah dan nempatin ke rekening tabungan.  Yakelleus kalo iming-imingnya Fortuner ama Mercedes-Benz siapa yang gak pengen kan.  Si Nonya Kotaro tuh pernah dapet motor.

Dan waktu itu,  pas gw itung bareng temen gw,  kalo duitnya ditempatkan di reksadana pasar uang dengan periode yang sama kayak dia tempatkan di tabungan,  dia bisa dapet 3 handphone yang sama! Sayang itu duit bokapnya sih.  Kayaknya postingan tentang program ini seru juga ya.  *ihikk!

8. Rekening tidak aktif

Nah ini nih yang sering bikin huru hara dunia persilatan.  Rekening tidak aktif.

Dengan segala macem program buat nasabah taroh duit di rekening tabungan,  percaya ato gak hukum pareto tetap berlalu.  Total dana kelolaan bank itu cuma dimiliki sama 20% nasabah doang.  Sisanya?  Yang rekening saldonya sehana-hananya.  Dan itu mau gak mau jadi biaya buat bank.  Makanya bank nerapin kebijakan kalo dalam sekian bulan saldo sekian dan gak transaksi akan dianggap rekening pasif.

Perlakuan rekening pasif ini macem-macem tiap bank.  Tapi kayaknya sih sebagian besar mengenakan biaya tambahan di luar biaya administrasi rekening.  Makanya jangan heran kalo saldo semakin cepet habis kalo gak pernah transaksi. Percaya ato nggak,  bank keluarin biaya tambahan loh.

Kayak yang gw lakukan dulu.  Setiap sekian bulan sekali kami di cabang dapet kiriman list rekening dormant/tidak aktif daaaaaan tugas gw lah mengoordinir temen-temen customer service buat neleponin satu-satu itu nasabah.  Bisa dari cuma puluhan orang sampai ratusan.  Biaya neleponin itu kan beban juga ya.  Apalagi buat gw ama temen-temen yang kudu lembur di hari Sabtu ato setelah jam kerja.  Gak selamanya kerja di bank itu enak sih.

Masih ada yang penasaran?  Bisa coba dibaca postingan Kerja di Bank.

Jadi bagian rekening tidak aktif ini juga jadi fokus perhatian gw waktu buka rekening.  Gw tanya sedetail dan selengkap mungkin.  Jangan sampe jadi bikin ngamuk di kemudian hari karena gw pernah diamuk ama nasabah soal ini.  Gak cuman sekali dua kali kok diamuknya.  😛

=====

Jadi menurut gw ya,  tabungan itu bukan buat nabung.  Cuma buat tempat naroh duit yang bakalan numpang lewat aja.  Memang ada beberapa rekening tabungan dari beberapa bank yang tidak ada biaya administrasi lalalili,  tapi ya itu tadi kudu teliti baca terms and conditionsnya.

Kalo mau dibahas lebih lanjut sih bakalan masih panjang soal tabungan inimah.  Ada yang mau share pengalaman atau malah keluhan soal tabungan ato nambahin apalagi yang perlu diketahui tentang tabungan? *ini aja gak kerasa udah serebu lebih kata.

Postingan lain tentang personal finance:

[display-posts category=”finance”]

Advertisements

65 Comments

  1. Dunia Ely
  2. niee
  3. niee
  4. Nia Haryanto
  5. ade sutisna

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya. (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: