[Money Talk] Asuransi, Penting Apa Tidak?

Narsis Dikit

Menjawab pertanyaan Ryan di award kemaren, pentingkah beli asuransi? Layak dibeli atau tidak? Jawaban gw penting. Malah harus beli asuransi dulu sebelum investasi.

Sebenernya pertanyaan itu mau gw jawab dengan pertanyaan lagi sih, asuransi apa yang dimaksud sama Ryan? Apakah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kerugian untuk rumah dan atau kendaran atau asuransi apa?

Ngomongin asuransi jiwa dulu ya. Karena gimanapun yang bekerja, berusaha dan ujungnya berinvestasi kan ya si manusianya yang ada bergantung beberapa orang sama dia dan jadinya perlu perlindungan. Sekarang ini asuransi jiwa ada yang konvensional dan ada yang syariah. Silahkan dipilih sesuai dengan yang nyamannya yang mana.

Balik lagi soal pentingnya asuransi, gw ulangi lagi ya kalo asuransi harus dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan investasi. Inget tujuan awal dari asuransi adalah untuk perlindungan. Payung dikala hujan.

Perlindungan buat siapa? Buat penghasil nafkah. Kalo yang kerja cuma suami ya asuransinya perlu buat suami, kalo dua-duanya kerja dan pengeluaran rumah tangga bergantung pada kedua penghasilan ya beli asuransi untuk keduaduanya. Kalo istrinya yang kerja ya buat istrinya. As simple as that.

Asuransi berguna untuk nantinya kalo kejadian sesuatu sama si pencari nafkah utama, yang ditinggalin bisa terus menjalankan hidupnya sesuai dengan standar yang selama ini mereka jalankan tanpa khawatir mikirin harus dapet duitnya dari mana. Termasuk investasi rutinnya.

Jadi itungan asuransi itu seharusnya berdasarkan pengeluaran bulanan yang di dalamnya termasuk investasi juga. Jangan cuman dihitung berdasar kebutuhan hidup dasar aja. Itulah kenapa hitungan uang pertanggungan bisa gede banget dan kalo gak pilih-pilih asuransi yang pas, preminya jatohnya bisa mahal banget. Sementara penghasilan mungkin belum bisa menutup premi.

Investasi memang bisa dikeluarkan dari perhitungan uang pertanggungan untuk manage premi, tapi misalkan saja beneran kejadian, uang asuransi keluar, investasi yang seharusnya masih tetep jalan akan berhenti.

Kalo misalkan asuransi dianggep gak penting dan lebih mengutamakan investasi, pas kejadian si pencari nafkah utama gak bisa lagi kerja, logika paling deketnya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari diambil dari simpenan yang ada dulu kan. Investasi dibobol. Paling gak sampe kemudian istri/suami/anak yang ditinggalkan bisa turun gunung cari kerja.

Kalo pengusaha gimana?

Sama pentingnya, justru kudu lebih banyak lagi mengeksplorasi jenis investasi yang tersedia di pasaran yang paling sesuai untuk jenis usahanya. Bisa jadi terkait profesi dan atau asuransi kerugian untuk aset yang jadi barang modalnya. Gw belom bisa ngomong banyak kalo buat pengusaha sih. Masih pegawe ini gwnya.

Tapi mari ambil contoh pengusaha kos-kosan. Let’s say dia dapet penghasilan yang lumayan banget dari kosannya tiap bulan dan modal bikin kosnya dari pinjaman (terserah lah mau bank atau pinjaman dari sumber lain), si pengusaha kos itu butuh untuk beli asuransi jiwa buat dirinya paling gak senilai kewajiban pinjaman yang dia punya. Jangan sampai ketika kejadian risiko sama dia, keluarga yang ditinggalkan jadi ketanggungan utangnya.

Selain itu rumah kosan yang dibangun juga perlu diasuransikan asuransi kerugian. Jaga-jaga untuk kalo kejadian risiko kebakaran sama kosannya. Kalo hutangnya ke bank pasti bakalan diminta nutup asuransi kerugian juga. Dalam hal hutangnya bukan ke bank pun asuransi tetep perlu karena kalau misalkan kebakaran dalam kondisi hutang belum lunas, uang pembayaran hutangnya ya dari asuransinya.

Kebayang kan ya? Ini belum ngomongin asuransi kesehatan dan yang lain-lainnya. Jadi asuransi itu tetep perlu apapun kondisinya menurut gw.

Nah terus hubungannya sama foto di atas apa? Ya gak ada sih, cuman pengen nampang aja gwnya. Hahahaha. *ditabok polis asuransi

Advertisements

58 Comments

  1. bemzkyyeye
  2. Gara
  3. darsonogentawangi
  4. Ina
  5. Awan

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
%d blogger menyukai ini: