Bapak

Ibu – Ibu – Ibu… Baru kemudian Bapak.

Begitu mulianya posisi Ibu sampe disebut 3x sebelum menyebut Bapak. Tiap pagi gw telepon Ibu di Surabaya untuk denger curhat beliau soal tetangga yang aneh dan lucu, tanya kesehatan beliau yang semakin hari semakin menua, tanya gimana toko, gimana mbah, gimana kehidupan dan perasaan beliau tentang segala hal. Just trying to grasp a moment with her.

Tapi gw kadang suka lupa kalo gw juga butuh ngobrol ama Bapak.

Sampe suatu pagi, sabtu pagi, gw mimpi yang sebenernya biasa aja sih.

Gw mimpi ketemu Bapak. Tapi bukan ketemu yang bisa ngobrol. I was like some kind of ethereal around him. Gw cuman bisa ngelihat tapi Bapak gak bisa ngelihat gw.

Beliau sudah sepuh. Jaun lebih sepuh dari penampilannya sekarang. Jalan sudah bungkuk, pelan, dengan mata yang tidak terlalu awas lagi. Gak pake tongkat sih.

Beliau dengan kaos SBY kebanggaannya yang didapet waktu bantuin SBY kampanye pertama dulu. Pas harapan Indonesia masih tinggi ke figur presiden yang suka prihatin itu. Ato di lain scene mimpi gw, pake kaos dari Bank tempat gw dulu kerja yang selalu dengan bangganya beliau pakai buat dipamerin ke temen-temennya.

Bapak, kulo kangen!

Gw inget gimana dulu Bapak bawa gw ngelihat bemo/angkot yang lagi diperbaiki. Di Surabaya angkot itu dipanggil bemo ya. Hehehe.

Beliau pulang kerja jam 4 sore trus lanjut narik bemo. Kadang sampe jam 9 ato sepuluh malem. Bapak pulang pas gw, Ibu ama adek lagi dengerin Zainuddin MZ (alm) di radio, kadang bawa makanan yang didapet dari hasil mbemo, ato kalo gak bawa buku menggunting-menempel ato mewarnai, buku komik donal kw sekian buatan orang Indonesia, dan yang paling bikin gw ama adek paling bahagia kalo dibawain kaset anak Jihan atau lagu anak Dancow.

Bapak gak pernah memanjakan kami dengan kemewahan tapi kami selalu dilimpahi keceriaan anak-anak. Seneng banget pas hari Sabtu Bapak bawa pulang mobil yang disopirinya dari kantor ato setelah anter bosnya luar kota beberapa hari karena berarti Minggu paginya kami dibawa ke juanda buat ngelihat Montor Muluk (Pesawat Terbang), atau jalan ke Kenjeran buat sebentar lihat pantai. THR dengan segala lampunya yang meriah.

Atau sesederhana makan soto di pojokan perempatan jalan Rungkut yang ramai. Gw selalu minta ayam tanpa kulit dengan tambahan telor,atau kalau sampai ada kulit dan tulang pasti bagian Bapak yang makan.

Kami gak kaya in terms of duit, Bapak cuma supir tapi gw bangga sama beliau.

Gw inget banget bagaimana gw disuruh merevisi gaji yang gw tulis di lembar survey siswa pas SMP karena gaji Rp, 150.000 dari kantor tempat Bapak dinas seolah mustahil dipakai buat nyekolahin anak di mana temen sebangku gw dengan pedenya nulis Rp. 5 juta. Haha. Gw gak nulis penghasilan dari mbemo dan tokonya Ibuk sih. Lhawong yang ditanya gaji bukan. ๐Ÿ˜›
Gimana Dinda, salah satu anak terkaya di SMP gw bilang bapak tukang sayur ke gw pas beliau anter aqua gelas se kardus naik sepeda butut buat praktek masak memasak.

I’m so proud of him. Di balik segala ketangguhan yang dia tunjukkan, gw yakin beliau sayang banget sama kami.

God! I love him. Bapak, aku sayang Bapak!

I know. I need to talk to him. I really do.

Advertisements

112 Comments

  1. Yeye
      • Yeye
  2. dian_ryan
  3. Vera
  4. Tina Latief
  5. Nisa
  6. bintangtimur
  7. De
  8. ongakudewi
  9. Ina
      • Ina
  10. Mechta
  11. Esti Sulistyawan
  12. Desember 28, 2013
  13. Pungky KD
  14. Aan Dann
  15. Ata

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
Translate ยป
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: