(Event) Belajar Budaya di Food Culture AEON Mall BSD City

Udah seminggu sejakΒ gw dateng ke undangannya blogger gathering di Food Culture AEON Mall BSD City dan baru bisa nulis sekarang. Yes, tulisan ini berdasarkan undangan yang gw terima dari AEON Mall dan untuk membaca disclaimer lengkap blog ini silahkan baca halaman disclaimer blog ini.

AEON Mall BSD

AEON Mall BSD

Jadi pasti pada tahu lah ya mall yang mengusung slogan From The Heart of Japan ini yang udah dibuka dari tahun lalu (bulan Mei 2015 tepatnya). Sejak dibuka, jaringan AEON Mall Jepang yang pertama hadir di Indonesia di daerah BSD ini udah jadi mall favorit gw sekeluarga. Gimana gak favorit, hawong cuman lima menit naik mobil dari rumah, literally. Jadi kayak punya mall di halaman rumah. Bahahaha.

Pernah gw tulis soal mall ini di postingan tentang AEON Mall BSDΒ yang cerita tentang gimana mall ini waktu awal-awal buka. Cuman, setelah itu gw belom pernah nulis tentang apa aja sih isinya. Padahal udah buanyak banget foto dikumpulin dan ide nulis yang mau dituangkan. Apalagi tentang foodcourt-foodcourtnya yang menurut gw lebih inovatif dibandingkan mall lain di Jakarta dan sekitarnya. Β Kalo mau wisata kuliner di BSD, bisa banget cuma pergi ke AEON Mall dan nyobain aneka ragam makanan di sini.

Karena kemaren undangannya dari Food Culture AEON Mall BSD City ini, gw bahas satu dari empat tempat makan-makan yang ini dulu ya! πŸ˜€

Food Culture AEON Mall BSD City

Food Culture AEON MAll BSD City

Food Culture AEON MAll BSD City

Terletak di lantai dasar AEON Mall di sisi parkiran outdoor yang berlantai pasir (kalo pake timur-barat takut bingung :P), Food Culture ini mengangkat tema open kitchen dengan nuansa Jepang modern. Pas jalan ke sini, gw ngerasa dimanjakan secara visual dan dari banyaknya pilihan tenant yang ada.

Kalo yang suka sama masakan bertema Jepang, Food Culture AEON Mall BSD City ini bakalan ngerasa dimanjain banget dengan 21 pilihan restoran yang ada. Karena sebagian besar food vendor yang ada di sini pake konsep open kitchen, kita bisa sekalian lihat-lihat proses masak makanan yang kita pesen.

Food Culture AEON Mall BSD City

Food Culture AEON Mall BSD City

Takut bosen ama makanan bertema Jejepangan? di salah satu food courtnya AEON Mall ini juga ada menu makanan lain dari Chinese Food, Mexican Food dan beberapa fushion style Japanese Food. Eh iya, kalo dipikir makanan Jepang di Food Culture AEON Mall BSD City ini cuma sushi, kalian salah besar.

Di sini lengkap-kap-kap mulai dari Sushi sampe ke bento. Dari yang mentah, goreng-gorengan sampe cemilan. Tinggal pilih. πŸ˜€

Nuansa Jepang dan Layout Inovatif Food Culture AEON Mall BSD City

Food Culture AEON Mall BSD City

Food Culture AEON Mall BSD City

Dengan segitu banyaknya vendor dan pilihan makanan, kalo gw sendiri masih ngerasa nyaman waktu makan di sini, bahkan di saat-saat paling ramenya di kala week-end. Gak usah ditanya lagi, kalo ke AEON Mall BSD pas hari Sabtu atau Minggu siang, jalanannya aja penuh sama mobil yang antri masuk ke mall ini, apalagi foodcourtnya. Beuh!

Di Food Culture AEON MAll BSD Citynya sendiri berkapasitas 1.200 tempat duduk. Jadi meskipun mungkin agak pe-er nyari tempat duduknya masih dapet-lah. Ada dua pilihan sih, bisa duduk di dalem resto yang emang nyediain tempat buat dine-in atau duduk di public area.Β Kalo duduk di public area, untuk beberapa restoran dengan menu Jepang, pesennya kudu untuk take-away.

Di Food Culture AEON Mall BSD City ini, tempat duduknya gak cuman ada di dalem ruangan, ada juga tempat duduk yang semi outdoor dengan panggung untuk pertunjukan Live Music. Apalagi kalo malem ada pintu masuk ke tunnel of light flowers.

Blogger Gathering dan Demo Salmon Handling untuk Memasak Sushi

Demo masak sushi ini memang gak ada di setiap weekend, pas kemaren acara blogger gatheringnya ada demo Salmon Handling dari chef restoran Little Tokyo Sushi. Mulai dari ikan salmon utuh di potong-potong sampe jadi sushi yang siap disajikan. Dan gw rasa ini ide bagus buat narik pengunjung kalo Food Culture AEON Mall BSD City ngadain demo masak dari masing-masing restoran yang jadi tenant-nya. Hihihi

Dari demo persiapan masak sushi itu, gw baru tahu kalo buat bikin sushi ternyata gak cuman ikan salmon aja, bisa diganti ikan kakap merah atao ikan kembung segar kalo dirasa ikan salmon terlalu mahal. Tapi meskipun mahal, semua bagian ikan salmon, kalo bisa masaknya bisa dimanfaatkan.

Karena gw cuma bisa makan sashimi (dagingnya yang mentah) doang, jadi gak pernah deh ngerasain masakan ikan salmon yang mateng. Hahaha. πŸ˜€

Ini nih video salmon handlingnya dari mulai ikan mentah sampe jadi sushi kemaren:

Persiapan Sebelum ke Food Culture AEON Mall BSD City dan Food Court Tematik Lainnya

Selain Food Culture ini, ada tiga food court tematik lainnya di AEON Mall BSD City. Mulai dariΒ Cafe Street yang dimulai begitu kita keluar dari food culture dan berderet sepanjang sisi luarΒ mall yang berisi resto dan cafe hip dari Starbucks, Pizza Express, Liberica Coffee, Del Imo, Popolamama dan banyak lainnya. Pas banget kalo emang mau nongkrong cantik dan makan di luar.

Nah, khusus buat penggemar Ramen, pasti udah tahu kalo gak bakalan nemu di Food Culture AEON Mall BSD Citynya, tapi ada di lantai 3 mall ini yang emang khusus nyediain area khusus buat restoran Ramen, yup bisa dateng ke Ramen Villagenya. Dan kalo misalkan nyari kulineran khas BSD dan makanan yang lebih umum, selantai dan bersebelahan dengan Ramen Villave, ada Food Carnival yang konsepnya berupa open food court dengan makanan mulai dari Kenny Rogers, Bebek Goreng Suryo sampe ke Soto Betawi H. Mamat.

Bento Dish Food Culture AEON Mall BSD City

Bento Dish Food Culture AEON Mall BSD City

Dan yang perlu gw garis bawahi di sini adalah harga makanan baik di Food Culture AEON Mall BSD City maupun di food court yang lainnya ini GAK ADA yang di bawah Rp. 20.000,- sekali makan. πŸ˜€

Dengan harga yang lumayan, menurut gw gak sehat kalo misalkan kalian dateng ke sana tanpa persiapan. Iya, gak sehat buat kantong dan keuangan keluarga. Bayangin aja kalo ngajakin 5 anggota keluarga buat makan di sana dan kalap pesen ini itu, Takoyaki aja seporsi Rp. 25.000-an. Kalo lima orang dengan masing-masing Rp. 50.000 pembayaran kan bisa Rp. 250.000 sekali makan. Makdarit, tips gw adalah sbb:

  1. Berangkat dengan perut kenyang. Yes, udah di isi dululah dari rumah itu perut biar nanti pas di Food Culture AEON Mall BSD City-nya udah gak kalap lagi.
  2. Tentukan mau makan apa sebelum datang karena sungguh oh sungguh tata letak vendor dan jenis makanannya sangat-sangat menggoda!
  3. Sharing makanan bisa jadi pilihan bijaksana menikmati wisata kuliner khas Jepang ini
  4. Buat budgeting berapa banyak yang boleh dihabiskan dalam sekali kunjungan ke Food Culture AEON Mall BSD City ini.

Numpang nampang dikit ya πŸ˜€

Semoga dengan tips-tips itu, mata termanjakan, perut kenyang dan dompet aman waktu berkunjung ke Food Culture AEON Mall BSD City ini. Ada yang punya tips tambahan? (oh iya, kalo misalkan masih bingung ke AEON Mallnya gimana, silahkan dibaca postingan Pergi Ke Mall di Negeri Antah Berantah ini buat petunjuk lengkap ke sananya).

PS: iya telat gw bikin postingannya karena kelamaan nyiapin foto dan video, tapi nulis ini sendiri sudah rewarding kok buat gw πŸ™‚

 

Advertisements

25 Comments

  1. suryahardhiyana
  2. Dunia Ely

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Translate Β»
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: