Belajar Gratis Pasar Modal dan Saham

Alhamdulillaah week-end kemaren gw produktif banget. Hari Sabtu gw dateng ke gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) di bilangan Sudirman untuk dateng ke acara #InvestasiCerdasnya Mandiri Sekuritas (ManSek) bareng BEI yang berujung dapet rekening di ManSek dengan saldo Rp. 250.000,-.

Awalnya gw telat daftar di grup Fun Bloggingdan kuota penuh, jadi langsung aja cuss gw email panitia seperti sarannya Teh Ani. Lama tektoknya eh ujungnya gw dapet tempat. Acaranya sempet diundur juga sih emang dari September ke Oktober apa ya. Eh alhamdulillaahnya banyak yang cancel juga,  kesempatan menang lomba live tweet pun semakin besar dan gw pun dapet Rp. 500.000 voucher Metro.  Ihik.

Kalo ada yang penasaran tweet-tweet gw yang memang silahkeun dicekicek aku Twitter @danirachmat dengan hestek #InvestasiCerdas. Jangan lupa difollow yaaa.  *uhuuyy

Jadi ya,  kenapa gw tulis postingan ini adalah pas live tweet kemaren,  ada beberapa yang nanya,  gimana kalo mau mulai investasi di saham,  di mana belajarnya dan sebagainya.  Tentu saja jawaban gw adalah pelajari aja materi yang bertebaran di internet dan semuanya hratizzz!

Tapi oh tapi ternyata setelah gw googling, BEI sebagai badan penyelenggara pasar modal punya program edukasi buat masyarakat untuk belajar GRATIS pasar modal dan saham terutama buat yang domisilinya di Jakarta dan Surabaya. Bener-bener belajar di kelas dengan pengajar dan ada materinya kayak yang gw datengin kemaren.

Semua infonya bisa dibuka di web Investar.idx.co.id.  Di sana ada jadwal kapan kelasnya dimulai dan bagaimana kalo mau daftar.

Buat motivasi ini nih kata-katanya Warren Buffet:

Warren Buffet on Stock Investing

Materi

Kalo lihat dari websitenya,  materi yang memang diperuntukkan buat masyarakat awam ini mencakup sekolah pasar modal dan sekolah pasar modal syariah.  Masing-masing materinya dibagi jadi dua level.

Level 1 untuk masyarakat yang memang belom pernah tahu tentang apa itu pasar modal dan saham dan mau belajar dan mau mulai.  Jadi cucok menurut gw yang masih mikir kalo investasi di saham itu muahall dan butuh duit ratusan jeti dengan risiko yang ngerihhhh abwesh.  Padahalan kemaren kalo mau mulai buka rekening di ManSek cukup pake Rp.  2 juta (lumayan terjangkau kan?)  dan soal risiko dan rasa ngerinya ya gak segitunya.

Klise sih tapi tak kenal maka tak sayang kan?  Gimana bisa bilang investasi saham itu bahaya lalalili segala macem kalo belom pernah ngelaksanain sendiri kan yes?

Jadi hayo yang belom tahu investasi saham itu apa, cuss daftar kelas ini.  Sekali lagi.  HRATEIIZZZ a.k.a GRETONG a.k.a GRATIS-TIS!

Nah kalo level 2 nya juga gratis,  tapu dikheseskeun untuk para investor yang sudah punya kartu AKSES.  Kartu yang menandakan kalo seseorang sudah punya akum di satu sekuritas dan sudah aktif bertransaksi saham.

Jadwal

Nah soal jadwalnya sendiri,  kalo dari informasi di webnya,  kelas masing-masing level akan diadakan mulai dari jam 9 pagi sampe jam 4 sore.  Hampir seharian memang dan sayangnya diadakan di hari kerja. Tapi gw rasa worth a day leave lah ilmunya.

Jadwal terdekat dari gw tulis postingan ini adalah tanggal 27 Oktober 2015, kemudian berturut-turut di bulan November tanggal
4, 16, 18 dan 25 dan ada dua hari di bulan Desember.

Oiya, masing-masing kelas kuotanya 300 orang dan yang tanggal 27 Oktober besok itu masih 270an orang.  Masih banyak kesempatan buat upgrade diri dengan ilmu pasar modal ini.

=====

Gw sendiri berusaha sekuat tenaga buat posting tentang materi yang gw dapet dari Mandiri Sekuritas kemaren *secara ada lomba blognya ya bokk..  Hahaha. Dan kalo ada manteman yang mau belajar bareng soal saham persahaman ini hayuk loh.

Yamasa yang nerima untung dari pasar modal cuma para pemodal asing yang masih nguasain lebih dari 60% portfolio saham kita sementara kita rakyat Indonesia sendiri cuman bisa gonjang ganjing nyalahin peemrintah kalo dana asing rame-rame keluar,  pasar saham anjlok dan dollar berjaya perkasa… Dan ujungnya ekstra pengeluaran?  Gemes gak sih kalo gitu?

Cuss daptar trainingnya buruan!!  😀

Tulisan lain tentang personal finance:

[display-posts category=”finance”]

Advertisements

35 Comments

      • Amandash
  1. evrinasp
  2. Riemikan
  3. lies
  4. Jessica

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
%d blogger menyukai ini: