Blog Walk dan Komen di Blog

Postingan Blog Walk ini karena postingan tadi pagi buat WPC istilahnya cuman upload gambar doang, gw posting lagi di tanggal yang sama gapapa ya? Biar kesannya gw ini blogger beneran gitu. Nulisnya agak panjangan. Hahahaha.

Kali ini menjawab pertanyaannya Beby di tantangan menulis gw kemaren. Hihihi. Masih ada buanyaaaak banget yang belom gw tulis sih. 

Isi tantangannya begini:

Cumak pengen nanyak, ada berapa sih jumlah blog yg dikomenin tiap hari? Perasaan tiap ada postingan baru, Abang selalu komen trus komennya panjang pulak. Wkwkwk.. Gimana bagi waktunya tuh? Pakek gadget apaan pas ngomen?

Seperti sudah berkali-kali gw ceritain, gw blog walking selalu dari feed reader andelan, coba deh baca  Postingan Feedly Rekomendasi Feed Reader. Alikasi sejenis news feed reader yang kasih update terbaru dari sumber web yang alamatnya disimpen di situ atas nama account gw. So far aplikasi inilah yang gw rasa paling mirip sama Google Reader jaman dulu yang sudah di diskontinyu itu. Dibandingkan Google Reader, fiturnya Feedly sudah jauh lebih enhanced dan keren abis, bahkan bisa langsung komen di aplikasinya.

Tentang Blog Walk dan Komen di Blog

Komen di WP reader

Alamat siapa aja yang gw simpen di sini? Hampir semua yang pernah komen di blog gw dan blog-blog yang gw kagumin penulisnya. Kalopun ada yang belom gw simpen pasti karena gwnya kelewat, bukan karena sengaja gak mau nyimpen. *ihikk.

Cuman sayangnya feedly ini gak bisa kasih feed untuk blogdetik dan beberapa self hosted blog yang feed ataupun juga blog yang sudah diprivate. Itulah kenapa untuk blog yang sudah diprivate kadang gw suka merapel komennya. Tapi gimanapun juga, Feedly ini sangat-sangat powerful dan ngebantu banget gw buat blog walking.

Pentingnya blog walking ini pernah juga gw tulis di blog ini. Baca postingan Pentingnya Komen di Blog deh biar tahu.

Kuantitas vs Kualitas Komen

Kalo ditanya gw selalu komen dan panjang pulak, enggak juga kok. Sekarang ini jujur gw ga bisa serajin tahun lalu blogwalking ke temen-temen. Jadi targetnya dokter gigi Nita buat ngalahin gw sebagai top komentator bakalan bisa tercapai dengan mudah. Ihik!

A blog and a cup of latte

Meskipun rasanya gak adil buat temen-temen yang komen di sini dan berharap untuk dibalesin komennya, yang mana gw minta maaf banget belom bisa balesin komennya, menurut gw lebih gak adil lagi kalo ada yang bikin postingan trus dikomenin dengan cuma bilang: nice info gan! Ato komen pendek yang lain yang gak nyambung. Jadi prinsip gw adalah sebelum komen harus baca dulu isi kontennya.

Kalopun gw gak pengen komen dan gw kasih like doang itu tandanya gw dah baca. Beneran deh, bukan yang sekian detik postingan dipublish langsung gw like. Ihik! Ada loh yang kayak gitu. Sebar like di mana-mana bahkan tanpa baca itu postingan. Meskipun pada akhirnya yang gw komenin blognya ga pernah komen balik yasudahlah. Kan komen itu penting buat blog gw, jadi gak ambil pusing mau dikunjungin balik ato nggak sih ya. Suka-suka ngana lah.

Kalo gw udah eneg sih ya udah gak bakalan gw kunjungin lagi dan gw hapus dari feedly itu alamat blog. Bahahahaha. 😀

Penjaring Kunjungan

Pernah denger Comment begets comment?

Mejeng di depan GMME

Jangan remehkan kekuatan komen loh, komen yang unik dan nyambung dengan isi postingan bisa jadi ladang panen kunjungan. Contohnya aja komen gw soal hobi ngosrek kamar mandi di blognya Etty (lupa gw post yang mana) ternyata menambahkan pengunjung ke blog ini.  Pun komen gw di blognya Indah sepertinya efektif banget mendatangkan pengunjung yang mana selama berbulan-bulan referral tertinggi berasal dari blognya beliau.

Jadi kalo gw sih sebisa mungkin jangan sampe komen gak nyambung. Kalo komen typo sih sering. Maafkan yaaa kalo pernah dapet komen typo dari gw. Kalo sampe komen gak nyambung, jangankan dapet kunjungan balik ato referral, diapprove aja syukur. *lirik kwek-kwek*. Huahahaha.

Makanya kalo ditanya gimana promosi blog paling efektif yang bisa ngedatengin orang buat bikin blog populer, caranya ya dengan blog walking.

Berapa kali dan Tools Apa untuk Blog Walking

Berapa kali gw harus blogwalk sehari? Jawaban pastinya gak ada, cuma sebisanya dan sesempatnya.

Gw dah simpen alamat blog temen-temen. Beberapa emang gw kategorikan temen yang pernah ketemu langsung dan beberapa emang gw suka bacanya. Memang kayak pilih kasih dan beda-bedain blog orang, tapi cara ini efektif banget loh.

iPad for Blog Walk

Kalo mau kejem cuman demi traffic sih dari stats kelihatan loh siapa aja yang kasih pembaca masuk dan bisa difokusin ke situ doang. Tinggalin komen di sana. Tapi gw bukan orang semacam itu. Gw usahakan biar bisa baca updatean terbaru dari semua temen.

Sehari angka postingan baru yang masuk ke feedly bisa sampe 100an postingan lebih. Apalagi kalo temen-temen semua lagi pada rajin update. Kalo kagak sih paling sedikit 50an postingan. Gw selalu usahakan BW sebisa mungkin dan biasanya sih ambil waktu malem waktu anak ama istri udah pada tidur. Kalo dah gini mah tenang BWnya. Hihi.

Kalo ditanya pake gadget apa sih, terus terang dengan adanya Galaxy Note 4 kegiatan BW dan posting blog jadi enak banget. Bahkan gw hampir ga pernah pake laptop kalo lagi semangat karena bisa melakukan hampir apapun dengan feedly dan juga leganya layar handphone gw itu. Well, tapi kalo malem dan lagi pengen pake lapto sih pastinya bisa jauh lebih leluasa.

Dulu sempat pake iPad tapi gak ngerti kenapa suka gak nyaman aja ama settingan gadgetnya. Beberapa kali kalo di iPad suka misstype dan susah banget koreksinya kalo buat gw.

Nah kalo sekarang gw ditanya berapa kali sehari gw blogwalk? Gaktahu deh. Blogwalk ya itu tadi, gw lakukan sebisa mungkin dan sesering mungkin. Asalkan ada yang tulisannya gw suka insyaAllah gw komenin dan like. 😀 Tapi ya gak ada target khusus harus ina inu, kudu kunjungin blog ina inu. Yang pasti kudu diniatinnya ya buat cari kabar terbaru dari temen-temen sekalian promo blog. Bukan cuma sebar komen I like it ato apalah 😀

======

Dengan rajin blogwalk, lama-lama blog kita akan naik sendiri peringkatnya, semakin dikenal orang dan semakin banyak yang baca. Gak perlu lah bingung kenapa blog gak rame, gak ada yang mau baca lalalala. Cukup blogwalk aja semua akan ikutan kok. Mulai dari traffic sampe ke angka-angka yang dikejar-kejar oleh banyak blogger. Ihik-ihikk!

Jadi Semoga menjawab ya Beb. Kalo ada yang mau diobrolin bisa langsung colek gw ya di twitter @danirachmat.com.

Advertisements

108 Comments

  1. retha
  2. Allisa Yustica Krones
      • Allisa Yustica Krones
  3. Sandrine Tungka
  4. MS
      • socalledvita
  5. Lia
  6. -n-
      • -n-
          • -n-
  7. bintangtimur
  8. arip
  9. Awan

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: