Cara Beli Reksadana di Bank

Bahahaha… Judul postingan gw udah bapak-bapak banget ya. Cara tutorial ini itu gitu. Tapi-tapi-tapi gw punya alesan kuat nulis Cara Beli Reksadana di Bank ini.

Jadi ya kemaren gw ketemuan ama Lina dan Nik. Dua orang yang bersahabat meskipun sepertinya cukup bertolak belakang karakternya. Si Lina yang udah gw kenal lamaย ini (blognya tentang travelling, fotografi dan yoga) ngakunya sih seneng baca tulisan gw *ditelen ikan pari. Nah kata dia khusus postinganย bertema personal finance, dia suka bacanya. Cuman, habis baca artikel-artikel gw dia ada pertanyaan.

“Trus habis itu gimana? Apa yang harus gw lakukan?”

Wajar kan ya? Wajaaar… Karena gw emang udah berkali-kali bilangย ayo beli reksadana! Ayo beli saham! Tapiย belom pernah nulis belinya di mana dan gimana ya. ๐Ÿ˜›

Jadi kalo ada yang habis baca 5 Alasan Investasi di Saham, atau postingan Ketika Harga Saham dan Reksadana Jatuh dan atau postingan sejenisnya di sini, trus habis itu langsung terinspirasi buat beli reksadana (ini gw bahas reksadana dulu aja ya) tapi kemudian gak nemu gimana caranya di sini, semoga postingan ini membantu. ๐Ÿ˜›

Dan yang gw tulis spesifik buat pembelian reksadana di bank sebagaiย agen penjual reksadana meskipun kita bisa juga beli reksadana langsung ke sekuritas yang punya produk.

Cara Beli Reksadana di Bank

Hal-hal yang perlu dilakukan sebelum pergi ke bank

Pastikan tujuan mau beli reksadananya buat apa dan dalam jangka waktu berapa lama (ini tergantung kebutuhan hitungan di masa depan nanti)

(1) Coba ambil tes analisa Profil Risiko Duluย  di Kontan.co.idย buat menentukan reksadana apa yang paling sesuai

(2) Siapkan uang sekitar Rp. 500 rebu ย – Rp. 2 juta untuk pembelian minimal reksadana awal. Karena pembelian awal biasanya agak lebih tinggi, baru pembelian berikutnya bisa lebih murah. Gw belum update sih minimal pembelian awal ini. Mungkin ada juga yang pembelian awalnya cuman Rp. 100rebu. Kalo gak ada uang tunai mestinya bisa debet dari rekening.

(3) ย Cek kinerja historis tiap reksadana di infovesta.comย yang nantinya ini berfungsi buat milih reksadana mana yang akan dibeli. Well, gw sih selalu milih reksadana dengan kinerja tertinggi satu dan tiga tahun terakhir dan yang memiliki dana di bawah kelolaan paling besar

Infovesta

(4) ย Pake baju yang bagus, dandan danย pake parfum yang wangi karena meskipun pegawai bank dituntut memberikan perlakuan yang sama, gimanapun kami eh mereka manusia juga. Kalo ketemu sama yang rapih-rapih langsung ramah aja. Percayalah susah buat senyum dengan tulus ngadepin orang kumel pake baju yang sama dengan dia bangun tidur meskipun punya duit milyaran *pengalaman pribadi ๐Ÿ˜›

Waktu di Bank

(1) Pede aja, gak usah terintimidasi sama penampilan orang bank yang ganteng dan cantik, percayalah kemungkinan mereka juga gak tahu tentang reksadana sekarang masih cukup besar. Langsung aja bilang sama security mau beli rekening reksadana.

(2) Kalo diarahkan ke meja bancassurance jangan mau. Inget mau belinya reksadana, bukan unit link. Maunya investasi, bukan asuransi.

(3) Bilang keย customer servicenya yang ganteng dan cantik itu kalo mau beli reksadana. Kalo mereka bilangย mereka gak punya license buat jualan reksadana tanyain bisa ngomong sama siapa kalo mau beli reksadana.

(4) Kalo dibilang di cabang itu belum ada yang bisa jualan reksadana, tanya di cabang mana yang bisa.
Untuk bisa jualan reksadana, cabang itu harus punya orang yang pegang lisensi Wakil Agen Penjual Reksadana. Kalo gak ada yang pegang di cabang itu ya gak boleh ada transaksi.

(5) Isi dan lengkapi formulirnya, tanya secara detail hal-hal berikut ini:
—> Berapa minimal pembelian pertama dan pembelian berikutnya
—> Berapa biaya pembeliannya
—> Bagaimana kalo mau beli lagi, harus datang lagi ke cabang, bisa autodebet rutin ato bisa langsung lewat internet banking
—> Pencairan prosedurnya gimana, aapakah harus datang ke cabang pembelian ato bisa di semua cabang ato bisa online dan berapa lama dana bisa efektif
—> Siapa yang bisa dihubungi kalo lain kali mau tanya-tanya

Mestinya sih kalo semua proses lancar, pembelian rekssadana bisa beres dalam waktu sejam asalkan gak dibarengin buka rekening dan antrian yang menggila ya.

Kayaknya gw harus update syarat dan ketentuan dari masing-masing bank nih gimana kalo mau beli reksadana. Selama ini gw beli reksadananya lewat Bank Mandiri dan Bank Commonwealth. Gw pernah nanya ke BCA tapi ternyata minimum pembeliannya cukup tinggi nominalnya. Adakah temen-temen yang tahu di bank lain bagaimana?

Semoga petunjuk cara beli reksadana di bank ini bisa membantu buat yang masih bingung ya harus ngapain dan gimana kalo beli reksadana. Tapi kalo mau beli emas terus sih monggo ya, silahkeun… *lirik Lina… Hihihi.. ๐Ÿ˜›

Kalo adaย yang mau ditanya, monggo colek aja gw pake twitter dan kita bisa DM-DMan. Twitter gw @danirachmat.

Postingan lain tentang personal finance di blog ini:

[display-posts category=”finance”]

Advertisements

51 Comments

  1. eda
  2. Gara
  3. Ayi
  4. Raja Blackwhite
  5. evrinasp
  6. Nanda utawa
  7. Sabilla

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
%d blogger menyukai ini: