Ikrib dengan Google Webmaster

Buat yang punya blog di WordPress, sudah pada verify blognya di Google Webmaster?

Penting gak penting sih klaim blog di Google Webmaster ini (www.google.com/webmaster). WordPress.com sih bilangnya mereka sudah taking care of everything, you only need to blog. Wp.com sudah ngurusin semuanya biar halaman blog kita terindeks oleh Google. Fungsinya

Fungsinya apa sih verifikasi ke Google Webmaster? Karena kalo yang di WP.com sudah diurusin sama si WP.comnya, jadi ya bisa dapet informasi lebih detail aja tentang traffic blog kita. Lebih kerasa pastinya untuk yang pada self hosted kayak gw ini. Kudu dilakukan sendiri semuanya. Nantinya, biar lebih cepet keindeks Google, kita bisa langsung masukkan postingan kita dan seolah-olah merintahin Google bot buat menjelajahi blog kita lewat postingan itu.

Udah kepanjangan ya intronya?

Nah, kalo mau klaim/verifikasi kepemilikan, pastinya kudu login dulu pake akun Google yang kita punya dong ke alamatnya Google Webmaster tadi. Setelah login, langkah-langkah buat klaim/verifikasi kepemilikan blog wordpress dengan cara berikut:

1. Tambahkan situs/blog yang mau di klaim

Add a site

Di sini kita tinggal masukin alamat blog kita. Kalo gw ya masukin http://danirachmat.com atau gak usah pake http.

Simpel banget kan?

Kalo mau masukin lebih dari 1 alamat blog ya bisa juga, tinggal nanti kalo proses verifikasi udah selesai semua, ulangi langkahnya untuk alamat blog yang lain. Gw sih baru ada satu.

2. Pilih metode verifikasi yang mau dipakai

Pilihan Metode

Setelah simpen alamat blog tadi, kita akan digiring ke halaman pilihan metode verifikasi yang mana gw sarankan pake metode recomended. Di bagian ini akan ada meta tag yang kita diminta untuk copy untuk dimasukkan ke dalam halaman website/blog kita.

As easy as copy paste. Copy semua bagian mulai dari <meta sampai ke bagian terakhir “>”

Setelah itu, buka dashboard blog wordpress masing-masing. Langkah berikutnya adalah paste kode tersebut ke blog kita. Oh iya, halaman ini jangan ditutup dulu ya. Biarin aja ngebuka,

3. Masukkan kode ke blog

WP Tools menu

Pernah buka menu lain di WP selain menu post dan statistic? Hihihi. Sebelum belajar soal blog, gw dulu bukanya ya cuman post ama stats aja. Hahaha. Sekarang kita buka menu tools deh, trus klik available tools. Ntar gw jelasin lagi ya soal ini, mau belok dulu.

Kalo kelihatan selain available tools juga ada import, delete site dan export kan ya. Import ini kali aja kalian punya blog di blogspot, blogdetik ato yang lain dan mau pindahin isinya ke WordPress, tinggal pake menu ini. Kalo gak salah dulu Nisa berhasil melakukan import dari blogspot ke WordPress. Gw sendiri pernah import dari blogdetik ke sini.

Kalo delete site ya pastinya kalo mau hapus blog kita instead of private aja.

Nah tools export ini yang berguna banget pas gw kemaren migrasi ke self hosted blog. Okesip, sekarang balik lagi ke topik. Trus kode tadi di paste kemana? Setelah klik tombol available tools akan keluar halaman yang kurleb kek gini:

WP input

Udah deh tinggal paste ke field Google Webmaster dan klik Save changes

4. Klik Verify di Google Webmaster

Pilihan Metode

Langkah terakhir tinggal klik verify balik ke halaman Google Webmasternya. Tombol Verify yang merah itu.

Setelah itu semua dilakukan sih seharusnya semuanya bisa jalan dan blog kita sudah terklaim di Google Webmaster.

========

Kenapa sih harus melakukan ini? Balik lagi, nantinya biar bisa bantu kita dapet data yang lebih lengkap lagi soal blog kita. Tentang lebih lanjut bakalan gw post di postingan selanjutnya ya.

Selamat mencoba cara klaim blog di Google Webmasternya ini ya!

[Update: Postingan ini adalah postingan ulang.  Postingan originalnya kehapus waktu gw utak atik theme blog ini. Jadinya semua komen terhapus. Gw mohon maaf banget yaaa]

Related posts:

[display-posts category=”blogging-things”]

Advertisements

4 Comments

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya. (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: