Lagi Gak Semangat Ngeblog? Ikutin Tips Dari Mas Hasbi Ini!

Kalo ada yang semangat ngeblognya lagi down banget kayak gue beberapa bulan belakangan ini, coba deh ikutin tips cara membangun semangat ngeblog dari Mas Hasbi yang punya blog OTW Sangir berikut. Ini guest post yang bagus banget tapi sayangnya gue yang gak nemu-nemu waktu buat publish karena lagi padet di kantor. Semoga bermanfaat ya!

=======

Semangat adalah sebuah ungkapan yang  gampang untuk di ucapkan. tinggal ngomong “semangat” doang kan?! Tapi apakah yang diucapkan itu dari hati apa enggak.

Sebagai seorang blogger tentu kita membutuhkan banyak energi/semangat. Ibaratnya HP harus dicharge dulu baru bisa dipergunakan. Kalo batterainya habis tapi ngak ada chargernya, gak bisa di pake dong HPnya… aaahahahaha mending di jual aja gak tuh HP kan?!

Nah, begitu juga seorang blogger kalo seandainya si empunya blog gak semangat untuk mengembangkan blognya, tentu akibatnya sama kayak HP di atas. Gak berguna. Gak bisa di pake blognya seperti tujuan awal blognya dibuat. 

Untuk itu marilah kita sama-sama menemukan cara membangun semangat ngeblog kita. Saya berbagi tips sederhana yang saya pakai ya. 🙂

Bagaimana sih cara membangun semangat ngeblog menurut saya?

1. Cari Hal-Hal Baru dan Praktekkan

Buku adalah harta tak ternilai

Buku adalah harta tak ternilai

Seorang blogger dituntut untuk memiliki wawasan yang luas. Cara terbaik agar memilikinya adalah dengan mencari hal-hal baru untuk dipelajari. Namun jika terus-terusan belajar tentu gak maksimal juga hasilnya. Karena kita juga butuh praktek.

Ketika memraktekkan ilmu yang sudah didapat, ada dua kemungkinan yang akan didapatkan dengan praktek itu: berhasil atau gagal.

Nah kedua hal tersebutlah yang bisa mendatangkan semangat dalam membangun blog yang kita kembangkan. Jika berhasil, kita akan mendapatkan pengetahuan dan kemampuan baru. Skill kita meningkat. Tentunya hal ini akan membuat kita senang dan akan memberikan peningkatan semangat.

Kalapun gagal, kita akan tersadar bahwa ada keterbatasan-keterbatasan yang kita miliki dan itu seharusnya menjadi pemacu kita untuk mempelajari hal tersebut dengan lebih tekun. Toh pepatah mengatakan kalau kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda kan. Kegagalan merupakan awal dari sumber pengetahuan baru. 

Seperti apa sih contohnya kalau dihubungkan dengan ngeblog? Misalkan, mencari cara untuk melakukan klaim blog kita di Google Webmaster. Apabila berhasil mencari ilmunya dan mendapatkan manfaatnya (traffic blog meningkat sebagai contoh hasil langsungnya), pasti kita akan lebih semangat ngeblog. Cara membangun semangat ngeblog yang sederhana kan? 🙂

2. Jangan Nikmati Kemalasan (Kalau Ingin Menemukan Cara Membangun Semangat Ngeblog)

Menganggap blog sebagai pekerjaan paruh waktu untuk cara membangun semangat ngeblog

Menganggap blog sebagai pekerjaan paruh waktu untuk cara membangun semangat ngeblog

Ada beberapa blogger newbie yang sangat bersemangat ketika pertama memulai ngeblog. Tapi setelah itu ya sudah, ditinggal begitu saja itu blognya.

Hayooo, kamu termasuk salah satunya bukan? 😀

Mungkin ada yang merasa lelah blognya tidak kunjung rame, atau bahkan barangkali ada juga yang berfikir seperti ini:

“Biarin aja tar juga rame sendiri”

Mengharapkan blog untuk segera rame di awal-awal ngeblog pasti mematahkan semangat ketika yang terjadi adalah sebaliknya. Begitupun sebaliknya, apabila beranggapan membuat blog itu seperti sulap dan akan ramai sendiri suatu saat nanti (tanpa usaha yang berarti), inilah yang membuat blogger tesebut akhirnya menjadi “malas”. Kalau kemalasan ini dinikmati dan kemudian menunggu nanti dan mengharapkan keajaiban terjadi, tanpa disadari blognya akan menjadi almarhum. Menjadi sampah lain di dunia maya sana. 

Untuk itu. Ketika rasa malas tiba, mari kita cari hal-hal baru seperti point no 1 tadi. Kembangkan pengetahuan seluas-luasnya dan jangan turuti semua orang. 

(Pesan sponsor yang punya blog: baca kisah danirachmat.com ini setelah 8 tahun usianya)

3. Belajar dari Semua Orang adalah Cara Membangun Semangat Ngeblog yang Efektif!

Apabila kita bekerja sebagai blogger, tentu banyak hal yang bisa kita dapatkan jika belajar dari blogger yang sudah sukses. Tapi jangan menutup diri untuk hanya belajar dari blogger saja dan menutup mata dari profesi lain. 

Kita juga harus belajar dari orang yang sukses di aneka ragam profesi. Karena semangat juang yang tinggi yang seharusnya dimiliki oleh blogger, juga didapatkan dari berbagai macam profesi. Karena percayalah, dengan memelajari berbagai macam kisah sukses orang-orang dari berbagai profesi (dan juga ilmu-ilmu teknis dalam profesi mereka), kita akan menjadi blogger yang kaya.

Kekayaan itu berupa pengetahuan dan sudut pandang yang luas untuk kemudian bisa kita tuangkan dalam tulisan-tulisan kita. 

Karena itulah kita membutuhkan kisah sukses seseorang yang benar-benar pejuang kelas berat seperti kisah inspiratif yang saya tulis di blog saya tentang Bob Sadino (alm) agar kita kembali bergairah untuk membangun blog kita. Tidak ada sukses yang dibangun dalam semalam kan? (ya kecuali Bandung Bondowoso dan kisah seribu candinya. 

4. Sesekali Melihat Kata-Kata bijak

buku-kacamata-bacaSesekali bolehlah melihat kata kata bijak dari orang sukses di seluruh dunia. A little bit of wisdom won’t hurt anyone right? or will it?

Orang-orang sukses tentu akan mengucapkan kata-kata inspiratif yang berasal dari hal-hal yang benar-benar dia alami (bukan sekedar kata-kata karangan biasa). Roh dari kata-katanya pasti akan terasa.  

Jika sesekali kita lihat dan kemudian benar-benar kita hayati kalimat-kalimat penumbuh semangat dari orang hebat tersebut, bukankah ini bisa menjadi salah satu cara membangun semangat ngeblog dan akan bisa mendongkrak kembali dorongan menulis di blog kita.

5. Menjadi Diri Sendiri

dani-selfie-at-house-of-sampoernaApa hubungannya menjadi diri sendiri dengan semangat ngeblog? Well, because everybody else is already taken, isn’t it?

Nah sebenarnya ini termasuk hal yang lumayan sakral ya. Karena jika kita kebanyakan meniru-niru gaya orang lain. tentu blog kita jadi gak asik gitu deh. Gak gueh bwangeeuuut (maksa).

(catatan dari yang punya blog: well, gue dulu sih mulai ngeblog dengan niru orang-orang yang baca tulisannya. Cuman semakin ke sini gue semakin menemukan ciri khas gue sendiri. Gak salah 100% kok niru orang lain, cuman kalo gak pas sama passion dan kepribadian, ya bakalan jadi capek sendiri).

Jika kita mengembangkan blog dengan passion kita tentu semakin lama-kita semakin menemukan cara-cara brilian yang pas dengan passion dan gaya ngeblog kita.

Namun jika kita meniru-niru gaya orang terus, tentu tidak ada satupun yang bisa kita kembangkan karena orang yang kita tiru itu bukan kita. Trus mau ngapain kalau sudah gitu kan?

Keuntungan lain dari ngeblog dengan gaya sendiri salah satunya adalah, banyak pengunjung blog yang langsung menemukan ciri khas kita. Efeknya mungkin gak langsung, tapi dengan melihat tulisan yang khas banget / berbeda dengan blog lain, pengunjung bisa jadi betah dan teringat terus untuk kembali lain waktu. 

Coba baca tulisan tamu lain di blog ini tentang 5 tipe blogger Indonesia.

Tentu kita senang bukan punya pengunjung setia dan akhirnya jadi makin semangat deh ngeblognya! 🙂

 6. Jangan Menganggap Sepele

Dari dalam sebuah taksi

Biasanya kita (eh saya aja kali :D) menganggap sepele hal hal yang sebenarnya diperlukan dalam ngeblog, misalnya saja mencari baclink, promosi di sosmed, atau bikin artikel guest post atau bw-bwan dan lain-lainnya. Kenapa? karena menganggap hal-hal itu ribet.

Hal yang kayak begini jangan dipelihara ya sob. Logikanya kan orang gak pernah kenal siapa kita sampai kita mau memperkenalkan diri kepada mereka. Kalau sudah kenal, barudeh pengunjung nyariin artikel kita.

Tugas kita berikutnya adalah menyajikan artikel-artikel berkualitas. Kalo artikelnya bagus maka mereka akan datang berbondong-bondong mengunjungi blog kita kan?

Tentang mengenalkan blog ini, coba baca tulisan mengenai pentingnya komen dan blogwalking.

=======

Nah itulah beberapa tips bagaimana cara membangun semangat ngeblog. Bagaimanapun juga, kita pasti menginginkan blog yang sudah kita buat menjadi berkembang dan sukses. Nah salah satu cara unutuk mencapai kesuksesan tersebut adalah dengan bersemangat dan tidak putus asa. 

Toh nantinya ketika blog kita sudah berkembang kita sendiri yang akan merasakan manfaatnya kan? Setelah blog kita berkembang, nantinya kita akan bisa menghasilkan income tambahan dari hal yang kita sukai ini dan pada saatnya nanti mungkin kita juga akan memutuskan untuk mulai berinvestasi di blog kita. Coba baca dulu tulisan apakah blog kita benar-benar sudah layak untuk dibiayai? Kalau jawaban kalian sudah, berarti kalian harus semakin rajin mencari cara membangun semangat ngeblognya! 😀

Advertisements

17 Comments

  1. Mutia Nurul Rahmah

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
Translate »
Kirim email ke halo@danirachmat.com buat jadi penulis tamu di blog iniBaca syaratnya
+
%d blogger menyukai ini: