Mau Sukses Hidup Di Kota Besar? Cari Tempat Tinggal Representatif dengan Serumah.com

Udah deket lebaran, pasti bentar lagi banyak yang cari cara mudah mencari rumah kost dan sewa apartemen di kota-kota besar. Mulai dari Jakarta, Surabaya sampai ibukota-ibukota propinsi lainnya.

Apalagi dengan gemerlap internet, orang semakin gampang teracuni keindahan gemerlap ibukota. Terdengar dangdut abis? Kenyataannya memang begitu kan. Dengan smartphone 4G dengan konektivitas mumpuni dan harga terjangkau, semakin banyak yang bisa lihat video bagaimana kehidupan di kota besar.

Rame-ramepun orang berbondong-bondong dateng ke Jakarta atau kota besar lainnya (kayak gw di akhir 2005 dulu – bokk, lama banget ya gw udah ninggalin Surabaya dan segala keindahannya…) buat adu nasib, cari kerja dan kemudian make a living di kota besar itu. Urbanisasi masih banyak terjadi, salah satunya ya ke Jakarta seperti ditulis di artikelnya Kemenkeu tahun lalu: Urbanisasi Pasca Lebaran dan APBN 2016.

Nah kalo kasus gw dulu, setelah dapet kerja, permasalahan terbesar adalah cari rumah kost. Video sketsa (yang mencoba) lucu dari TransTV ini mungkin yang dihadapi banyak orang kayak gw dulu:

Akhir 2005 sih gak kebayang buat sewa apartmen bareng temen-temen ya. Pertama kali dateng Jakarta kan gak ada bayangan sama sekali buat berapa biaya sewa kamar kost atau apartemen. Bandingan yang gw tahu ya cuman kamar kost buat buruh pabrik di sekitaran rumah.

Apalagi gw orangnya picky banget deh dulu. Kost itu harus ini itu ini itu dan berujung gw pindah-pindah kost beberapa kali. Semuanya kamar kostnya ya cari manual, nanya temen, ketokin kamar kost, lihat kamar dan berdoa supaya gak ada yang aneh-aneh.

Gak ada cara mudah mencari rumah kost dan sewa apartemen murah yang representatif waktu itu. Gak kayak jaman internet sekarang yang kalo mau nyari bisa lewat serumah.com. Pas diminta tolong buat review, gw pun jadi penasaran dan semangat. Bihihik. Siapa tahu membantu adek-adek yang dengan semangat membara berangkat untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Disclaimer: Gw gak terima bayaran dalam bentun uang dan barang untuk postingan ini. Postingan ini nantinya akan dipublikasikan ulang oleh pihak serumah.com. Baca halaman disclaimer untuk disclaimer lengkap blog ini. 

Cara Mudah Mencari Rumah Kost dan Sewa Apartemen dengan Serumah.com

Konsep Pencarian Rumah Kost dan Sewa Apartemen dengan Teman yang Tepat

Inisiatif cara mudah mencari rumah kost dan sewa apartemen serumah.com ini adalah sebuah aplikasi berbasis web yang bisa diakses di alamat http://serumah.com/. Tampilannya sendiri sudah responsif antara tampilan di desktop dan tampilan di smartphone.

Homepage serumah.com - website untuk mencari rumah kos dan apartemen sewa idaman

Homepage serumah.com – website untuk mencari rumah kos dan apartemen sewa idaman

Gambar-gambar yang gw tampilkan di sini sebagian besar berasal dari tampilan desktopnya.

Yang dipasang mbak-mbak cantik yang suka ditemuin di kost yang kece (yang dulu kalo gw lihat orang seperti mereka di depan rumah kos pasti batal gw tanya karena udah gak pede duluan :P), serumah.com mengambil slogan:

“Temukan kamar sewa, dan teman yang tepat untuk berbagi.”

Yep, kost kan mestinya teman-temannya asik-asik ya. Kalo jaman dulu kan mana mungkin bisa milih teman kos, nemu kosan yang oke dengan harga yang masuk kantong aja udah syukur banget. Nah, buat menggunakan serumah.com ini, cuma perlu 4 langkah sederhana buat mendapatkan kamar kos dan teman berbagi yang oke:

Bakalah gw bahas di poin berikutnya ya…

Pengguna dan Target Market Serumah.com

Gimana lihat galeri 4 langkah mudah penggunaan Serumah.com tadi?

Setelah ngulik beberapa kali, kalo boleh gw simpulkan (silahkan tim serumah.com koreksi kalo ada yang salah ya… :D) pengguna yang disasar oleh tim serumah.com adalah mereka-mereka yang:

  1. Lagi cari rumah kost atau sewa apartemen
  2. Sudah menyewa kamar kost atau sewa apartemen dan sedang nyari temen buat sharing biaya sewanya
  3. Pemilik kost dan atau apartemen yang mencari penyewa
Informasi pendaftaran serumah.com

Informasi pendaftaran serumah.com

Sebelum bisa aktif menggunakan fitur-fitur di website ini, semua yang punya niat di atas tadi tentunya harus daftar buat bikin login dulu dan memasukkan semua informasi yang diperlukan. Atau bisa juga login dengan akun Facebook.

Kalo kemaren, pas gw coba login independen tanpa memakai akun facebook, informasi yang diminta seperti gambar di samping. Kita bisa menggunakan pilihan Bahasa Indonesia (mestinya pakai Indonesian sih ya instead of Bahasa -sorry can’t help it 😀) atau Bahasa Inggris.

Data yang diminta buat pendaftaran awal gak macem-macem kok. Cuma username, email dan password. Habis itu kita bisa langsung masuk dan mulai pakai deh.

Kemarin gw coba masuk sebagai orang yang mau mencari kamar kost dan sewa apartemen dan sekalian nyoba kalo mau pasang iklan gratis apartemen yang mau disewain. Selain itu, gw coba juga lihat beberapa iklan yang dipasang sama penyewa yang cari orang lain untuk teman sekamar atau teman sharing kamar.

Langsung aja kali yes lihat reviewnya secara menyeluruh

Mencari Rumah Kost dan Sewa Apartemen Atau Mencari Teman Sekamar?

Tiga layanan utama serumah.com untuk cara mudah mencari rumah kost dan sewa apartemen

Tiga layanan utama serumah.com untuk cara mudah mencari rumah kost dan sewa apartemen

Serumah.com ini karena dibuat open, jadi dari daerah manapun bisa pasang profil dan mendapatkan para pencari rumah kost dan sewa apartemen. Ini screen capt daerah yang dicover:

Daftar kota di database Serumah.com

Daftar kota di database Serumah.com

Jadi buat yang di daerah-daerah selain Jakarta

Kalo buat cari teman sekamar, beberapa kriteria yang diminta sama serumah.com cukup lengkap dan mewakili keingin gw kalo misalkan gw pengen sekamar sama orang. Profil calon penyewa rumah kost dan sewa apartemen yang ditampilkan meliputi seberapa tingkat kebersihan orang itu, seberapa sering mengijinkan tamu menginap bahkan sampai ke hewan peliharaannya!

Jadi dari awal sudah tahu nih bakalan kayak gimana orang yang akan menghabiskan waktu bareng kita (sebagai teman kost). Sering kan denger cerita jaman dulu kalo teman kostnya si A jorok lah, males cuci piringlah, sering banget terima tamu nginep lah dan bahkan ada yang sampe punya piaraan iguana!  Gak ada lagi tebak-tebak buah manggis.

Oiya, asumsinya semua orang ngisi datanya dengan jujur tanpa berbohong ya.

Detail-detail yang diisikan di atas akan dijadikan summary detail profil yang bisa dilihat oleh calon penyewa yang lain yang akan menjadi teman sekamar atau pemilik properti yang mencari penyewa. Detail yang ditampilkan bakalan kayak gini:

Info penyewa pemasang iklan serumah

Info penyewa pemasang iklan serumah

Gimana? Lengkap banget kan informasi calon-calon penyewa yang bisa dijadikan teman sekost atau diajakin nyewa bareng satu apartemen? Pas lihat fitur ini gw cuman mbatin: kenapa ini kok belom ada sepuluh tahunan lalu yaaa. Hahahaha… Kalo ada kan enak banget bisa pilih-pilih kosan yang penghuninya (kelihatan asik-asik). Ihikk!

Survey Kondisi Rumah Kost dan Apartemen Sewa dan Iklan Gratis untuk Pemilik Properti

Sementara kalo mau cari rumah kost dan apartemen sewanya sendiri, bagian paling ribet adalah cari ada di mananya kosannya dan surveynya. Aslik deh, dulu emang harus meluangkan waktu Sabtu & Minggu buat nyari-nyari rumah yang dikost-kan dan harus survey satu-satu ke dalam rumahnya. Yamana mungkin langsung bayar trus pindah kan?

Memahami hal itu, serumah.com kasih fitur kayak di gallery di bawah ini nih pas kita mau cari rumah kost atau sewa apartemen:

Bokk, udah ada pin-point di peta lokasi kosannya dan ada foto-foto situasi dan kondisi kosan yang disewakan. Kalo udah kek gini mah, gak ada cerita keliling Tanah Abang dan sekitarnya panas-panasan tanpa hasil seharian. Yang pernah ngekost pasti tahu deh rasanya nyari kosan tanpa hasil. Beuhhhh!!!!

Nah, gw juga kemaren coba fitur iklan gratisnya serumah.com nih. Sebagai pemilik properti, kita bisa iklankan rumah kost atau apartemen sewa yang kita miliki. Emang belom jadi sih, tapi kan kalo nanti sudah ada apartemen dan mau disewain, gak perlu bingung ya. Jadilah gw coba itu buat nyewain apartemen ceritanya. 😛

Sebagai pemilik properti gw pun kudu mengisi informasi detail rumah kost atau apartemen sewa yang mau diiklankan. Yang krusial di sini adalah gimana menentukan target market yang mau gw cari buat nyewa properti gw. Berapa harga sewanya, bagaimana penyewanya nanti dan juga perintilan lainnya yang sepertinya sudah dipertimbangkan matang sama serumah.com

Dan hebatnya adalah iklan ini GRATIS! TIS! TIS! Eh gak cuma pasang iklannya loh yang gratis. Semua-muanya mulai dari cari temen sekost, cari kost dan sewa apartemennya sampe pasang iklannya Gratis! Kok bisa?

Sejauh Mana Peranan dan Keterlibatan Serumah.com?

Nah ini menjawab pertanyaan yang mungkin timbul waktu tahu kalo semua layanan yang diberikan kok bisa gratis?

Sebenarnya ini pertanyaan gw sendiri sih ke tim Serumah.com. Awalnya gw pikir layanan-layanan yang ada di Serumah.com ini adalah layanan premium. Member akan dikutip sekian rupiah untuk bisa menggunakannya. Tapi kemudian terbukti kalo gw salah. Akhirnya gw tanyalah beberapa pertanyaan ke tim Serumah.com.

Beberapa hal yang bikin penasaran antara lain:

Apakah pemilik rumah kost atau apartemen sewa sudah setuju kamar/rumah kost atau apartemennya disewakan untuk lebih dari 1 orang?

cara-mudah-mencari-kost-dan-sewa-apartemenSering kan ya kejadian berantem sama tuan rumah kosan karena si penyewa gak bilang-bilang tiba-tiba nambah orang di kamar/unit yang disewa. Nah jadi penasaran dong, kalo banyak penyewa yang pasang iklan buat cari teman kost/apartemen untuk sharing biaya, apakah pemilik unitnya sudah tahu?

Kalo diperhatikan dari yang gw tulis dari tadi kan semua orang bebas untuk mengisikan data diri mereka dan menggunakan layanan secara gratis ya. Berarti Serumah.com cuma berperan sebagai media/perantara yang menjembatani komunikasi untuk bertemunya pemilik properti dan pencari rumah sewa/apartemen.

Jadi perkara boleh atau tidaknya propertinya dipergunakan lebih dari satu orang, dikembalikan lagi penyewa yang pasang iklan. Mestinya sih diomongin dulu ya.

Bagaimana tentang kemanan? Apakah Serumah.com melakukan verifikasi data kedua belah pihak?

Saat ini Serumah.com memang belum melakukan verifikasi keamanan data. Layanan yang disediakan adalah hanya terbatas ke media untuk memertemukan dua belah pihak berkaitan dengan sewa rumah kost atau apartemen. Keamanan dikembalikan kepada masing-masing pihak untuk take necessary security steps.

Tapi tidak menutup kemungkinan kalau nantinya masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan layanan Serumah.com ini, model bisnis akan diubah dan akan dilakukan verifikasi keamanan para penggunanya. Jadi ayo manteman yang butuh kosan, dipake layanan Serumah.com ini ya!

Final Word tentang Serumah.com

Gw sebagai orang yang pernah merasakan lika-liku mencari rumah kost, gw melihat apa yang ditawarkan sama Serumah.com ini ciamik banget.  Pencari kos,  pencari teman kos dan pemilik properti kayak dikasih wadah semacam marketplacenya gitu.

Jadi gak perlu pusing mikirin cara-cara konvensional karena sudah ada cara mudah mencari rumah kost dan sewa apartemen,  pun kalau mau menyewakan.  Nah kalo misalkan maunya beli properti instead of sewa, bisa coba juga baca postingan berbayar gw tentang Menyiapkan Dana Pensiun dengan Beli Properti.

Gimana,  ada saran lain kah dari teman-teman kalo misalkan ada yang nyari cara mudah mencari rumah kost dan sewa apartemen?  Kalo ada share di komen ya atau kalo nggak mensyen Twitter gw di @danirachmat.

Advertisements

42 Comments

  1. Sari Novita
  2. eda
  3. tejo

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Translate »
Ingin membaca artikel perencanaan keuangan lainnya? Buka
+
%d blogger menyukai ini: