Do As You Like

Sempet ketidur bentaaaaar banget pas deket-deket do’a tapi gw berhasil menangkap isi khutbah jum’at yang tadi.

Seperti sebelumnya posting gw tentang isi khutbah jum’at beberapa waktu lalu, gw cuma pengen sharing nilai universal dari khutbah jum’at yang gw denger hari ini, bukan mau nulis dalil-dalil dan sebagainya.

I do believe in afterlife. Gw percaya hidup setelah gw mati.

Inti dari khutbahnya sih bilang silahkan menjalani hidup dengan apapun yang pengen kalian lakukan dalam hidup. Ga ada yang ngelarang, bahkan Tuhan memberikan kebebasan untuk itu. Toh kita diberikan free will kan ya? Cuman yang perlu diinget adalah masih ada kehidupan setelah mati. The afterlife. Di sana kita akan diminta pertanggungjawaban.

Menurut gw pribadi sih alangkah sia-sianya hidup ini kalo kita cuma hidup trus meninggal dan udah gitu aja. Kalo hidup di dunia aja dilakukan dengan konsep sebab-akibat, apa yang kita lakukan pasti akan ada konsekwuensinya, lha masa hidup itu sendiri ga diminta pertanggungjawaban? Gw bertuhan sih ya, jadi percaya kalo bakal diminta tanggung jawab selama gw hidup apa aja yang gw lakukan.

Konsep pertanggungjawaban setelah meninggal ini bikin gw mikir lebih jauh siang iniyes siang ini yang artinya gw gak kerja dan bengong mulu.

Ofkors kalo gw kudu jaga perbuatan dan kelakuan gw selama hidup di dunia ini, tapi ga berhenti sampe situ. Oke gw ga berbuat jelek, tapi apa menjalani hidup dengan biasa-biasa aja, just being average enough? Kalo misalkan gw ga berusaha cukup keras, apakah nanti gw ga diminta pertanggungjawaban juga?

Ga jelas ya? misalkan gini, soal ngeblog deh.

Gw ga ngeblog konten porno, sara dan sebagainya, apa ya cukup sampe segitu aja? Apa postingan gw yang menurut gw penting tapi ga mendatangkan manfaat buat orang lain cukup? Gw udah dikasih kesempatan buat bisa ngeblog, kenapa ga ngasih yang bermanfaat juga buat orang lain. Nah tanggung jawabnya gimana tuh.

Hahahaha. Kejauhan ya?

Tapi intinya gitu deh. mule bingung sendiri

Jadi apapun yang kita lakukan kudu yang terbaik, menjauhi kelakuan jelek sebaik mungkin, berbuat baik ya dengan sebaik mungkin. Gitu deh ya. Ini pelajaran universal kan ya sebenernya? Do all the best.

Gw nulis ini bukan buat sok bernasihat, tetapi lebih ke catetan buat diri gw sendiri kalo sebenerny gw mungkin kurang cukup berusaha keras, ngantuk dikit udah tidur, batal nulis email penting, sibuk dikit merepet di blog, ditolak sekali ama temen udah males jualan, komputer lelet dikit udah ga ngedit poto ~.~ lhakok malah curcoltohyooo

Semangat yuk ah Dan, tambahin ibadah, kerja lebih giat, lebih sayang istri ama anak, kurangin yang jelek-jelek.

PS: belom ada updet di celengansemar nih. Lagi nulis draft soal mana yang lebih penting, dana pendidikan anak ato dana pensiun, trus ada temen suggest tentang asuransi dan pengen juga nulis tentang reksadana. Mana yang duluan kira-kira enaknya temen-temen? ๐Ÿ™‚

Terimakasih ya mantemaan sebelumnyaa… ๐Ÿ™‚

Advertisements

76 Comments

  1. bintangtimur
  2. nate
    • yeye
  3. arif
  4. Andre
      • Andre
  5. Surya
  6. awan
  7. alaika

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
Translate ยป
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: