[Guest Post] 7 Tips Jitu Merencanakan Keuangan Di Usia 30an

Assalamualaykum para pembaca blog mas Dani! Angka 30 tahun dipandang sebagai usia matang seseorang, baik dari segi karakter maupun finansial. Bahkan jargon yang berbunyi “Life begins at 30” menjadi quote favorit di berbagai media sosial (karenanyalah kali ini gw terima guest post 7 Tips Jitu Merencanakan Keuangan di Usia 30an).

Keep Calm You Are only 30

Keep Calm You Are only 30

Ironisnya banyak rekan-rekan kita yang masih belum memiliki tujuan keuangan yang jelas, sehingga kejadian besar pasak daripada tiang terus berulang terjadi.

Artikel kali ini akan membahas apa saja yang musti Anda siapkan ketika menginjak usia 30an, bukan berarti apabila usia Anda di bawah atau di atas 30 tidak boleh membaca dan mengaplikasikan. Tetapi setiap usia sebenarnya punya karakteristik finansial yang berbeda. Ayo kita bahas bareng!

7 Tips Jitu Merencanakan Keuangan di Usia 30an

1. Membuat Prioritas Belanja

Usia 30an sudah bukan saatnya party-party enggak jelas tiap malam, kalo sesekali ya boleh lah. Belanja barang mewah juga harus dikurangin, coba deh Anda list dalam lima tahun terakhir di usia 20an, sudah berapa banyak barang mewah yang tidak penting tapi telah Anda beli! Karena kebiasaan belanja yang begitu melenakan inilah, membuat prioritas belanja jadi tips pertama dari 7 tips jitu merencanakan keuangan di usia 30an.

7 Tips Jitu Merencanakan Keuangan di Usia 30an Salah satunya dengan Prioritas Belanja

7 Tips Jitu Merencanakan Keuangan di Usia 30an Salah satunya dengan Prioritas Belanja

Tentukan tujuan yang ingin dicapai, kemudian buat list belanja yang diperbolehkan. Tidak perlu terlalu ketat, karena menyiksa diri juga bukan hal yang baik. Yang utama dalam menentukan prioritas belanja adalah rasionalitas, tentu saja disesuaikan dengan pendapatan Anda per bulannya.

Sebagai contoh jika gaji Anda setiap bulan 10 juta, maka 5 juta untuk konsumsi masih oke. Dari 5 juta, silakan alokasikan 1 juta untuk yang tidak penting tapi menghibur. 5 juta yang belum dialokasikan gunakan untuk investasi, dana darurat, pengembangan diri, atau tabungan.

Baca juga postingan tentang menghemat ini.

2. Bereskan Pinjaman mulai dari Bunga Tertinggi

Tips jitu yang kedua dari 7 tips jitu merencanakan keuangan di usia 30an adalah membereskan pinjaman mulai dari bunga yang paling tinggi. Usia 30 harusnya sudah bisa meminimalisir utang, tenang saja, lakukan pelan-pelan. Karena gaya hidup sudah tidak sekonsumtif masa sebelumnya, harusnya Anda mulai bisa membersihkan diri dari lilitan utang. Semakin tinggi tingkat bunganya, maka menjadi prioritas utama untuk dibereskan.

Menyingkirkan hutang secepat mungkin membuat Anda bisa lebih fokus untuk mengalokasikan sumber daya yang dimiliki. Bukan berarti mengharamkan pinjaman loh ya, karena jika menggunakan pinjaman dengan tujuan yang benar seperti bisnis, justru malah bisa produktif.

3. Hargai waktumu

Serius deh, menghargai waktu menjadi masalah akut orang Indonesia. Jadi jangan tanya, kenapa “waktu” saya masukkan list yang dibahas. Sedari kecil kita diajarin “time is money”, salah besar kawan! Sumber daya waktu tak ternilai harganya, tak bisa terulang bagaimanapun caranya. Makdarit hargai waktu jadi tips ketiga dala 7 tips jitu merencakanan keuangan di usia 30an ini.

Ketika pekerjaan atau bisnis Anda menumpuk hingga terlalu rumit, jangan enggan untuk membayar orang mengurus hal-hal yang tidak perlu dikerjakan oleh Anda sendiri, seperti urusan administrasi. Selain menghemat waktu, Anda telah berkontribusi membuka lapangan kerja dan meningkatkan produktivitas.

4. Investasikan Pada Kendaraan

Pernah denger ungkapan:

“Buat orang Jakarta kendaraan kadang lebih didulukan daripada rumah!”

Ada benernya juga sih emang. Karena dengan semakin bagus karir, semakin sukses bisnis, usahakan untuk berinvestasi juga dalam bentuk kendaraan entah mobil atau motor. Mobilitas akan semakin tinggi dan jangan buang waktu untuk menunggu kendaraan umum jika Anda memiliki dana.

Investasi pada kendaraan jadi tips ke empat dari 7 tips jitu merencanakan keuangan di usia 30an. Tapi jangan sampai beli kendaraannya dengan pinjem KTA ya! Baca postingan Apa yang Perlu Diketahui tentang Pinjaman Tanpa Agunan tahu seluk beluknya.

Memang tidak sejalan dengan program pemerintah yang menggalakan transportasi umum sih, namun realistis itu perlu. Kecuali jika transportasi umum di Indonesia sudah selevel Jepang, saya pasti akan menyarankan untuk tidak membeli kendaraan.

5. Siapkan Asuransi

Fakta telah menunjukkan bahwa asuransi masih belum menjadi primadona, padahal itu penting lhoh! Memang kesadaran berasuransi sudah tumbuh di kalangan masyarakat perkotaan tapi sayangnya belum merata.

Itulah kenapa di tips ke 5 dari 7 tips jitu merencanakan keuangan di usia 30an asuransi ini disebutkan. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, atau asuransi harta lainnya.

Konsep asuransi kan sebenarnya mengurangi beban korban, baik beban pikiran maupun keuangan. Jadi lebih baik mengalokasikan biaya tetap setiap bulan atau setiap tahun daripada menanggung kerugian yang lumayan besar di kemudian hari.

Baca postingan tentang Apakah Perlu Beli Asuransi? buat sedikit menambah pertimbangan tentang perlindungan ini.

6. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Bijak dengan Kartu Kredit sebagai salah satu dari 7 tips jitu merencanakan keuangan di usia 30an

Bijak dengan Kartu Kredit sebagai salah satu dari 7 tips jitu merencanakan keuangan di usia 30an

Fungsi kartu kredit bukan untuk ngutang ya disini, seperti yang sudah dijelasin di atas tentang minimalisir utang Anda. Gunakan kartu kredit sebagai tambang mendapat poin, diskon, dan sebagai teman Anda di saat darurat.

Caranya gimana?

Begini kawan, setelah Anda bertransaksi menggunakan kartu kredit, catat dan bayar 4-5 hari kemudian. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dengan tagihan yang menumpuk setiap bulannya. Jika bisa bertransaksi dengan bijak, sebenarnya keuntungan yang didapat bisa buanyaak banget loh.

Saya sendiri sering mendapat tiket gratis karena poin yang terkumpul cukup untuk ditukar tiket pesawat. Usahakan jika milih kartu kredit, yang levelnya tinggi ya seperti platinum. Bukan karena limit nya tinggi, tapi lebih karena bisa digunakan buat nongkrong gratis di lounge bandara.

Jadi jangan lupakan tips ke 6 tentang kartu kredit dari 7 tips jitu merencanakan keuangan di usia 30an ini! 😀 Baca juga tentang Liku-liku Apply Kartu Kredit.

7.     Mendiversifikasikan pendapatan

Tips ke 7 dari 7 tips jitu merencanakan keuangan di usia 30an adalah untuk mendiversifikasikan pendapatan.

Usia 30 cukup rentan kehilangan pekerjaan, dan bisa susah banget untuk mulai mencari lagi. Terlebih jika Anda bukan seorang yang well connected atau memiliki kemampuan khusus. Oleh karena itu, mumpung masih bekerja atau bisnisnya lancar mulailah mencari pemasukan baru.

Tidak perlu banyak jenisnya, yang penting ada, menyenangkan, dan menghasilkan. Manfaatkan keahlian Anda yang diperoleh selama usia 20 an, makanya saya menulis tentang investasi masa depan itu lebih penting daripada investasi kekayaan.

Setujukah dengan 7 Tips Praktis Merencanakan Keuangan Di Usia 30an?

Yeaps, itu adalah 7 tips praktis merencanakan keuangan di usia 30an yang bisa Anda aplikasikan. Sebenarnya, semakin cepat Anda melakukannya, akan semakin baik hasil yang akan didapatkan karena persiapannya akan semakin matang. Masih banyak tips penting di luar sana yang bisa dibaca dengan bebas, oleh karena itu teruslah belajar untuk mengelola keuangan Anda agar semakin baik dan terkendali. Semua kembali ke kemauan dan kebutuhan masing-masing orang

Ada yang kurang setuju atau setuju banget atau yang gimanaaa gitu dari postingan 7 Tips Merencanakan Keuangan Di Usia 30an ini?

Wassalamualaykum para pembaca blog mas Dani!

======

Biografi Penulis

Andhika Diskartes,

Siang bekerja di Kemenkeu, sore nutup portofolio saham atau forex, dan malam nongkrong di kafe buat kenalan sama gadis-gadis, tapi sayangnya kalo weekend cuma leyeh-leyeh buat ngeblog di diskartes.com.

======

Silahkan kirim email ke dani.rachmat@outlook.com kalo mau nulis guest postingan di blog ini dan silahkan buka link guest post buat guest post lain di blog ini.

Advertisements

25 Comments

  1. pupuy
  2. iip
  3. Didik
  4. Tofan

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
%d blogger menyukai ini: