[Blogging Thingy] Bikin Konten Sendiri Yuk!

Mobile Blogging

Wohooo! Traffic blog gw naik jadi sejuta views sehari!

Impian gw banget itu. Huahahaha. Siapa yang gak punya impian punya sejuta views sehari? Sementara gw nyape serebu sehari aja ngos-ngosan. Masih jauh bangettt.

Tapi, seperti telah berkali-kali disebut, balik ke tujuan ngeblognya apaan sih ya.

Gw awalnya kan buat hobi-hobi lalala, trus kenal sama yang namanya paid post, trus ketagihan, trus daftar WordAds diterima, trus semakin ketagihan buat posting yang menghasilkan traffic biar duitnya makin kenceng, trus setres. Hahaha. Iya setres sendiri karena kok ya kalo traffic biasa aja rasanya ada kecewa. Trus mutung beberapa hari. (Sampe tulisan ini dibikin WordAds masih aktif sih, gak tahu kalo tetiba di cut aja)

Ish, gak asik ternyata memang kalo ngeblognya ditujukan buat selain seneng-seneng. Etapi tergantung orangnya sik ya. Gw sih sempet setres kemaren pas kerjaan tiap hari ngeliatin traffic mulu. Beneran jadi gak asik deh anaknya.

Ngeblog buat Orang

Pas getol-getolnya cari views kemaren gw mah lebih ngeblog buat generate traffic. Gimana caranya biar bisa menghasilkan blog yang rame. Ya seperti yang gw bilang agak di awal tadi kalo ternyata jatohnya gak asik.

Kemudian selama bulan Maret ini gw usahakan buat gak lagi lihat traffic dan gak lagi ngoyo posting sehari sekali karena gw pikir orang bakalan jenuh kalo gw tiap hari posting tapi isi postingan gw juga gak mutu-mutu banget. Lama-lama ditinggal jugak gw. Ihik. Akhirnya mulai deh bolong-bolong postingnya. Bukan karena males, tapi lebih ke berkontemplasi soal ngeblog. halah

Etapi balik lagi deh kan gw ngeblog ini buat bikin time capsule yang bisa gw baca lagi pas gw tua nanti. Gimana sih gw dulu ya. Ihik. Jadi semangat lagi!! Gw sendiri kan orang ya. Nulis buat gw sendiri ajadeh. Ihihihik.

Trus selama gw sutris galau itu kan gw ada nyasar ke beberapa artikel dan diskusi juga sama beberapa orang soal opsi upgrade dan kemungkinan cari duit dari blog yang mana kalo pake upgrade di WordPress.com pilihan nyari duitnya kan ya lewat WordAds ya, eh ternyata layanan ini gak lagi pasang iklan di blog yang berbahasa Indonesia. Sedih kan yes. Spesifik loh, berbahasa Indonesia.

Penasaran gw browsing-browsing lah. Dapat beberapa artikel yang bilang kira-kira apa yang jadi penyebab kenapa blog berbahasa Indonesia gak lagi diajak kerjasama sama WorAds.

Isi Penarik Traffic

Ini yang bikin gemes nih. Konten gw di blog ini yang gw pikir sudah bikin orang males baca, ternyata gak jelek-jelek amat. Paling ga (hampir) semuanya keluar dari kepala gw sendiri.

Ternyata di luar sana banyak banget blog-blog yang isinya copy-paste dari situs berita, blog orang ato entahlah siapa darimana. Tujuannya? Biar gampang masuk ke hasil pencarian yang ujung-ujungnya generate traffic. Sepertinya cara ini memang luar biasa gampang dan berhasil ya karena banyak yang melakukannya. Semakin besar traffic pun semakin banyak duit ya.

Yatapi apa bener sih blog-blog macem gini ini punya pembaca, punya keterikatan emosi sama yang baca dan ujungnya bisa memberi kepuasan? *well, in terms of money generated puas kali ya. Ngerti kan maksud gw ya? Ngerti kan? Ujung-ujungnya, google juga gak suka kan dengan blog-blog dan website-website yang dianggep punya similiar content dan kemungkinan akan masuk dalam algoritma penilaian mereka. Baca di beberapa web dan forum kalo hasil pencarian dan traffic blog itu bisa drop drastis karena google gak lagi include ke hasil pencarian mereka.

Dan ada beberapa yang gw baca pas kena suspend google malah gak ngaku *yah mungkin mereka bener juga sih ya. (Ini artikel google tentang duplicate content)

Ternyatanya lagi, banyak juga loh blog wordpress.com yang upgrade domain dan kemudian melakukan trik ini setelah mereka disetujui pake WordAds. yep, buat apalagi kalo bukan buat cari duit. Trus banyak yang ketangkap. Blog berbahasa Indonesia. Pengen mithes mereka banget nih rasanya.

Pemasang Iklan Kesel

Sudahlah para pemasang iklan itu kan asalnya kebanyakan dari belahan bagian sono ya, eh ini dijebakin buat bayar blog dengan konten yang gak orisinil. Kalo gw pemasang iklannya sih ya gw akan ngerasa kejebak. Buat apa bayarin orang yang gak ngebantu usaha gw kan?

Akhirnya layanan WordAds gak lagi menyetujui pengajuan dari blog berbahasa Indonesia. Siapa yang rugi?

Banyak blogger yang gw kenal kontennya bagus, ngeblog di WP dan akhirnya pengen upgrade ke WP.com untuk bisa monetize blognya. Tapi karena ulah orang-orang yang pengen enaknya sendiri, blogger kece jadi gak bisa punya pilihan upgrade di WP.com, ya mereka masih bisa sih upgrade ke WP.org. Tapi itu lain hal dari yang gw bahas di sini. (Silahkan baca advertising policynya WordPress.com)

Mennn… Come on.

Apa susahnya sih create blog lu sendiri yang orisinil? Ceritain cerita lu sendiri. Enrich people with your life experience.

Emang balik lagi sih ya tujuan awal ngeblognya apaan. Semoga orang yang suka copas-copas itu sadar dan berkurang ya dan ada lagi kesempatan untuk monetize blog di WP.com.

Postingan gw sebelumnya tentang blogging:
[display-posts category=”Blogging-Things”]

Advertisements

85 Comments

  1. azmihoffmann
  2. Ami
  3. bemzkyyeye
  4. Pungky KD
      • Pungky KD
  5. brad.my.id
  6. dey
  7. cahyanidwy
      • cahyanidwy
      • cahyanidwy
          • cahyanidwy
      • cahyanidwy

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Translate ยป
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: