Kartu ATM Mandiri Hilang dan Terblokir: Apa yang Harus Dilakukan?

Kemaren sempet rungsing, nyariin kartu ATM Mandiri kemana-mana dan gak ketemu. Akhirnya nelepon call center 14000 dan minta diblokir dulu. Pernah gak ngalamin kartu ATM Mandiri hilang dan terblokir?

Kalo dulu sih gw bakalan panik banget kalo sampe kartu ATM Mandirinya hilang karena satu-satunya rekening yang gw punya (baca di sini pertimbangkan 6 hal ini buat buka rekening biar duit kita optimal!). Untung sekarang dana operasional gak di sana. Rungsingnya lebih karena mau narik duit. Kan gak mungkin ya bok, narik duit pake mobile banking. Di Indomaret apa Alfamart aja kalo mau tarik tunai kudu bayar pake debitnya dulu kan.

Disclaimer: Postingan ini bukan postingan berbayar. Buka halaman disclaimer untuk selengkapnya.

Trus gimana dong kalo kemudian pas nyari-nyari dimana-mana gak ada itu kartu ATM Mandirinya?

Apa yang Harus Dilakukan Waktu Kartu ATM Mandiri Hilang dan Terblokir?

Telepon ke Call Mandiri 14000 atau Cabang (Mana yang Lebih Diinget)

Call Center 14000 untuk blokir kartu ATM Mandiri hilang

Call Center 14000 untuk blokir kartu ATM Mandiri hilang

Iya, begitu tahu dan yakin kalo kartu ATM Mandiri hilang, buruan telepon ke 14000 atau ke cabang tempat biasa transaksi (kalo pas jam kerja) dan minta diblokir. Pas gw kerja di sana, semua transaksi sebelum adanya laporan hilang dianggap transaksi yang sah dan gak bisa dikomplen ke bank. Jadi gak bisa dituntut balik.

Beberapa kali kejadian nih ada nasabah datang ke meja waktu gw Kerja di Bank Mandiri dulu dan minta duitnya dibalikin karena mereka ngaku kartu ATM Mandiri hilang dan terblokir tapi dananya berkurang. Ketahuan waktu cetak buku tabungan. Ternyata setelah diinvestigasi *halah, ternyata hilangnya bareng seisi dompet. Orang yang nemu jadi bisa coba-coba kartu ATM Mandirinya dengan PIN tanggal lahir yang ada di KTP dan si nasabah telat lapor. Nunggu ke bank dulu buat laporan.

Dan iyes, teleponnya untuk kartu ATM Mandiri hilang ke 14000, call center Mandiri yang gampil banget diinget. Tapi banyak juga sih nasabah yang ngerasa kesulitan dan lebih milih nelepon ke cabang karena response Interactive Voice Response (IVR) yang jawab kadang kerasa berbelit-belit. Tapi mestinya kalo untuk pelaporan kartu hilang sekarang sudah ada menu khususnya yang lebih cepat.

Ato kalo males nyari, menu IVR Call Center Mandiri 14000 buat blokir kartu ATM Mandiri hilang begitu tersambung ke 14000 adalah tekan 1 (Bahasa Indonesia) –> tekan 1 untuk pemblokiran kartu –> tekan 1 untuk Kartu ATM Mandiri debit. Informasi resmi monggi dibuka situs resminya bank ini.

Buat Laporan Kehilangan dari Kepolisian untuk Kartu ATM Mandiri Hilang dan Dateng ke Cabang

Kalo emang kartunya beneran hilang, cuss bikin laporan kartu ATM Mandiri hilang ke pos polisi terdekat. Laporan ini sangat-sangat dibutuhkan. Inget ya, bikinnya di pos polisi terdekat.

Mestinya sih gak ada biaya ya. Tapi yagitu, pernah nanya ke nasabah gw yang pernah bikin surat kehilangan gitu pada sebutin sejumlah nilai yang gak standar. Ada yang Rp. 25.000,- ada yang gratis dan bahkan ada yang Rp. 100.000,-. Mungkin ada teman-teman yang tahu berapa standarnya bikin surat kehilangan kepolisian ini?

Jadi mending cari baik-baik kartu ATMnya setelah diblokir, daripada ribet bikin surat kehilangan kepolisian kan?

Baca juga Cerita Sedih Tilang Slip Biru.

Habis surat kehilangan jadi, datang deh ke cabang Bank Mandiri terdekat untuk ngurus ganti kartu ATM Mandiri hilang itu.

Prosedur Penggantian Kartu ATM Mandiri Hilang

Kalo sudah dapet surat kehilangan kepolisian tadi, dateng ke cabang Bank Mandiri terdekat buat ganti Kartu ATM Mandiri hilang dengan membawa syarat-syarat berikut:

1. Surat kehilangan kepolisian
2. Kartu identitas yang masih berlaku (lebih baik KTP, kalo gak ada SIM bisa juga dijadikan pengganti atau passport)
3. Buku tabungan Mandiri

Kalo bawa ketiga syarat di atas, mestinya melakukan penggantian kartu ATM MAndiri hilang bisa di cabang Bank Mandiri mana saja karena sistemnya sudah online. Penggantian kartu ATM Mandiri hilang ini dikenakan biaya Rp. 15.000,-

Kalo ternyata buku tabungan Mandirinya gak tahu kemana, bisa bawa surat kehilangan kepolisian dan kartu identitasnya ke cabang Bank Mandiri tempat buka rekeningnya. Biayanya sih sama RP. 15.000,-

Tanpa buku tabungan, penggantian Kartu ATM Mandiri hilang cuma bisa dilakukan di cabang pembuka rekening, info dari 14000 Click To Tweet

Nah kalo misalkan dicari buku tabungannya juga hilang dan gak bisa ditemukan, dibuat aja sekalian surat buat buku tabungan dan kartu ATM Mandiri hilang. Dengan membawa surat dan kartu identitas, datang ke cabang penerbit minta untuk sekalian diganti dua-duanya.

Biaya penggantian buku tabungan dan kartu ATM Mandiri hilang masing-masing Rp. 15.000,- Click To Tweet

E-banking dan Internet Banking Mandiri Ketika Kartu ATM Mandiri Hilang dan Diblokir

ebanking untuk alternatif ketika Kartu ATM Mandiri Hilang

ebanking untuk alternatif ketika Kartu ATM Mandiri Hilang

Karena di bank lain ada yang memberlakukan ketika kartu ATM hilang dan diblokir maka transaksi lewat e-bankingnya gak bisa dijalankan, gw tanya lah ke call center Mandiri. Mobile banking dan internet banking jadi keblokir juga apa nggak kalo kartu ATM Mandiri hilang dan diblokir? Jawabannya enggak.

Jadi kalo misalkan emang sadar kartu ATM Mandiri hilang, sudah call 14000, waktu kartu ATM Mandiri hilang dan diblokir, kita masih bisa kok transaksi di rekening Bank Mandiri lewat mobile banking dan internet banking.

Mobile banking dan internet banking adalah dua hal yang bisa memudahkan hidup kita. Yegaksih? Click To Tweet

Kalo jaman lima tahun yang lalu transaksi yang bisa dilakukan lewat mobile bankingnya Mandiri cukup terbatas, sekarang mah udah banyak buwanget! Gak usah bingung. Bahkan transfer real time pun bisa ke bank lain. Jadi kalo misalkan gw yang kehilangan kartu ATM dan males ngurusnya, gw blokir aja kartu ATMnya, trus dananya gw transfer ke bank lain yang masih bisa gw akses. Atau kalo mau bayar-bayar, bisa deh lewat mobile bankingnya.

Semoga sih gak ada ya yang pake rekening Bank Mandiri dan ngalamin Kartu ATM Mandiri hilang. Biar aman damai sejahtera. Tapi kalopun ada, semoga sudah pake mobile banking dan internet bankingnya. Baca Tiga Hal yang Membuat Keuangan Lebih Sehat ini deh kalo masih gak mau nyobain mobile banking.

 

Advertisements

33 Comments

  1. Ratna Dewi
  2. feedapat
  3. icha

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
%d blogger menyukai ini: