[PeFin] Pentingnya Lembar Tagihan Kartu Kredit

Cards of a modern life

Hello Monday! ๐Ÿ˜€ Nulis yang berhubungan sama duit lagi ya. Setelah dua senin sebelumnya ngomongin resolusi yang pengen dicapai tahun ini, hari ini break dulu karena gw ngerasa nulis ini buat pengingat diri sendiri jauh lebih penting. Keamanan kartu kredit.

Bangun jam 2.30 pagi dapet sms kalo kartu kredit gw gagal transaksi karena salah tanggal dan tahun masa berlaku.

Kejadiannya beberapa hari lalu dan langsung jadi sinyal alarm yang kenceng banget soal ngurusin kartu kredit.

Buat yang pada punya kartu kredit rajin gak sih ngecekin lembaran tagihan yang dikirim? Either itu dikirim lewat pos atau lewat email?

Gw sendiri rutin tiap mau bayar tagihan cekicek dulu apa aja tagihan yang masuk. Kadang emang suka banget sih amnesia kok bisa tagihan segitu banyak bahkan sampe pada tahap denial gitu. Kok bisa sih kok bisa sih? padahal rasanya gak pernah belanja *trus dijejelin mesin EDC.

Tapi bener deh. Krusial banget loh ngecekin satu-satu lembar tagihan ini. Gw rasa semua yang punya kartu kredit sih pasti rajin ya ngecekin tagihannya satu-satu. Jangan sampe aja ada transaksi yang gw sendiri ga pernah ngejalanin tapi kok ternyata gw bayar-bayar aja.

Balik lagi ke kejadian yang menimpa gw, kebangun jam 2.30 pagi gw dikagetkan suara bunyi sms masuk ke HP. Kebangun ini sayangnya bukan dalam rangka mau sholat malam sih. Karena A kebangun minta minum. Ihik. Eh kaget dong jam segitu ada yang kirim SMS. Cek HP ternyata SMSnya dari Citibank. Bilang kalo transaksi gw gagal karena salah bulan dan tahun masa berlaku. Hanjir,ย jam segitu pulak. Langsunglah gw telepon call centernya.

Setelah beberapa kali menjawab pertanyaan konfirmasi dan lupa jawaban beberapa pertanyaan lainnya akhirnya gw diinformasikan kalo transaksi dilakukan lewat internet. Jumlah sekitar Rp. 3 juta. Gw deny transaksi itu dan tutup kartu sekalian. Setelah ditelusuri ke belakang, gw ternyata pernah melepaskan kartu kredit dari “pandangan” mata. Beli bahan bakar di bilangan Cilandak. Karena cuma berdua sama A, kartu dibawa oleh petugas SPBU. Cuma gw gak berani nuduh juga apakah kartunya disalahgunakan waktu itu (baca: data pada kartu dipakai).

Kebayang kalo misalkan gw gak aware dan gak pernah periksa lembar tagihan gw tiap bulannya kan.ย Jadi dari pengalaman gw pake kartu kredit selama ini, siapa tahu berguna buat yang udah punya ato yang akan apply kartu kredit, yang gw lakukan untuk melakukan pengamanan sebagai berikut:

  1. JANGAN PERNAH lepaskan kartu kredit dari pandangan, Kalau ada pembayaran menggunakan kartu kredit LEBIH BAIK IKUT ke kasirnya. You never know what happens at cashier’s counter.
  2. Simpen nomor kontak laporan kartu kredit.
  3. Aktifkan notifikasi SMS untuk transaksi menggunakan kartu kredit. Dengan ini kita bisa dapet early on warning kalo ada transaksi yang bukan kita yang melakukannya.
  4. Periksa lembar tagihan setiap bulan. Kemalasan periksa tagihan bisa berakibat fatal
  5. Jangan sayang pulsa. Kalo ngerasa ada yang gak bener langsung telepon aja ke call center. Daripada daripada kan ya neik?
  6. Aktifkan PIN, sayangnya pemerintah gak segera memberlakukan kewajiban pake pin sih ya. Hiks.
  7. JANGAN PERNAH bagi 3 angka CVV di belakang kartu kredit.
  8. Tutup aja kartu yang gak dibutuhkan dan gak pernah dipake.

Speaking of nutup kartu, gw ada dua kartu yang mau gw tutup aja nih.

Ada tips lain gak biar kartu kredit aman jaya terkendali? Kalo ada makasih banget ya

Advertisements

75 Comments

  1. Pungky KD
      • Pungky KD
  2. fikacu
  3. bemzkyyeye
  4. Dwi Puspita
  5. Sandrine Tungka
  6. Una

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
Translate ยป
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: