[mtM] Persiapan Biaya Nikah

pre-wed-Dani

Pre-Wed Dani & Nurul

Hayo siapa yang kepikiran nikah? Eh udah pada nikah ya? yang belom-yang belom?

Wajar sih kalo kepikiran nikah hari ini, hujan-hujan dari malem sampe hampir malem lagi. Dingin-dingin. Banjir dimana-mana. Eh iya, semoga gak pada kejebak banjir ya.

Kalo dingin-dingin gini kan suka mellow tuh, nah siapa tahu aja kayak gw dulu. Bulan Februari, deket-deket ama yang kata orang Valentine’s day gw sih gak ngerayain,  jadi kepikiran ngajakin anak orang nikah gapapalahya gak nyambung. Nah pas mulai ngajak jalan ama Bul, gw bilang langsung terus terang. Kalo gw ngajakin jalan itu bukan buat pacaran, niatnya mau ngajakin nikah.  Cuman waktu itu sadar diri kalo duit juga sehana-hanyanya.

Gw minta waktu dong buat bisa siapin paling gak sebagian biaya nikahnya.

Every bride must have her own wedding dream lah ya. Untungnya Bul wedding dreamnya membutuhkan effort sendiri sebagian besarnya. Bukan langsung sewa wedding planner/organizer. hahaha. Karena paham kaliyes kalo calon suaminya dulu gak punya duit sebanyak Paman Gober.

Jadi catetan gw soal yang lagi pusing sama biaya nikah antara lain begini niih:

Beli Reksadana (Investasi) Sekarang!

Kalo yang nikahnya udah tinggal hitungan bulan, ato minggu ato bahkan hari, keknya agak susah sih ya kalo duitnya dipake buat beli produk investasi. Paling mentok disimpen di reksadana pasar uang aja biar lebih aman dan gak kegerus inflasi sembari diambilin dikit-dikit buat bayar ini itu dan beli ina inu.

Lah gw dulu beruntung banget, mulai kenal reksadana tahun 2007 akhir-2008. Bukan sok-sokan mau siapin dana buat kawin, tappi beli aja gak ada niat apa-apa. Kok ya syukurnya pas gw masuk itu timingnya pas banget sama krisis. Tahun 2011 pas mau gw pake, sudah berkembang banyak banget. Ya lumayan lah nambahin biaya yang kudu dikeluarin kan.

Apalagi buat yang emang udah merencanakan jauh-jauh hari, misalkan 5 tahun sebelumnya. Waktunya cukup banget tuh buat menghimpun biaya buat nikah. Yakalo dibiayain sama ortu buat bikin acara di gedung di tengah kota sih syukur ya. Kalo kagak ya siapin aja dari sekarang kan. Biaya nikah jadi mahal kalo gak disiapin kan.

Desain Undangan dan Dekorasi Sendiri

Desain Undangan

Karena budget constraint pake banget, gw ama Bul pun sepaket *eh sepakat, kalo soal undangan dan dekorasi ini kudu dikerjain sendiri. Ngelihat price list desain undangan kok ya sayang aja keluarin duit dengan hasil yang sangat biasa. Apalagi dekorasinya, kami cuma pakai dari penyedia baju yang adalah temen Mama. BIASA BANGET. Sementara itung-itung kalo pake jasa vendor bisa dua tiga tahun lagi kami nikahnya.

Bul pun kebagian nyari desain undangan untuk dimodifikasi dan diproduksi sendiri. Setelah ber-ratus-ratus blog dan contoh undangan dibrowse sama Bul, giliran gw bikin pake aplikasi macem Corel dan PhotoShop. Jadinya undangan super lucu (menurut kami) yang pas gw sebar di kantor sebelumnya pada komen lucu abis undangannya. Hihihi. Lumayan, bisa dikenang.

Hal yang sama berlaku buat dekorasi. Gw ama Bul sampe ngelilingin separoh Jakarta untuk bisa dapet pernak-pernik perintilan buat dekorasi gedungnya. Detail ini satu persatu kami simpen dan tumpuk. Mulai dari lampion warna-warni sampe lilin cantik di dalam gelas. Beda biaya yang ada bisa dipake buat nambah beli bunga segar.

Pre-Wed Sendiri

pre-wed-Dani

Pre Wed Sendiri

Karena sekali lagi budget kami terbatas pake banget dan rasanya sayang ngabisin duit buat poto Pre-Wed, kamipun memberdayakan kamera yang ada. Berbekal satu kamera SLR dan satu kamera pocket, kamipun mengagendakan poto pre-wed setiap weekend. Jangan dibayangkan jenis fotonya yang dahsyat bergaun bak bidadari dari nirwana dan ksatria baja hitam impiannya ya. Konsepnya ya mewakili aja apa yang kami suka.

Biaya? Lumayan lah habis sejuta-an lebih dikit buat nyetak foto kanvasnya. Itupun yang dicetak ada 6. Iya enem cyin buat dipajang di sepanjang jalan masuk. Banyak kan ya? ahahahaha.

Yakarena bukan fotografer sih ya jadi ya gapapalahdeh fotonya seadanya. Salah satu contoh foto prewednya kayak di sebelah itu. Kayaknya dulu pernah juga sih posting galeri poto pre–wed gw.

Aaaak. mau gw tambahin banyak lagi isinya eh udah kepanjangan. Segini dulu aja deh tips persiapan kawin murah dari gw. Hahaha. Masih masup kategori finance kan ya? Money Talk Monday gitu.. 😀

About these ads

82 Comments

  1. Pungky KD
    • Pungky KD
      • Pungky KD
  2. Ira
      • Ira
  3. Lia
  4. Yeye

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya. (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: