Negolah Sebelum Menyesal

Gak niat bikin seri dari postingan gw tentang interview sih tapi tetiba kepikiran aja idenya. Kalo sebelumnya kan posting tentang persiapan interview di postingan Bola Liar dan dapet banyak banget masukan di komentar tentang pertanyaan-pertanyaan unik yang didapat waktu interview, sekarang pengen tanya pengalaman manteman semua tentang apa sih yang kirakira kalian nego di interview dan yang berhasil didapet gimana?

Dari pengalaman sih beberapa hal berikut layak banget buat diangkat pas interview waktu interviewernya udah mengajukan pertanyaan:

“what do you expect from us?”

Gak usah pasang tampang agak/pura-pura bingung sesaat, langsung aja jawab:

  1. Ekspektasi kenaikan gaji

    Kalo gw biasanya langsung state mau pindah dengan ekspektasi kenaikan gaji sekian persen. Atau kalo nggak ya sebut nominal.

  2. Banyaknya Pengali gaji

    Maksudnya sih dalam setahun dapat berapa kali gaji, kan yang pasti 12 kali dari Januari sampe Desember ya, nah di luar itu ada tambahan apa aja. Bisa total sampe 18 ato bahkan 24 kali loh tergantung jumlah bonus yang didapatkan.

  3. Corporate Title

    Inis ih tergantung dari perusahaan yang lama, apakah bisa minta naik jadi senior officer, atau assistant vice president atau apapaun. Atau bahkan mentok di clerk atau senior clerk. Tergantung kitanya jugak sih.

  4. Jumlah hari cuti

    Jumlah hari cuti ini kemugkinan besar sudahd itentukan ama perusahaans esuai peraturan internal, cuma kita kudu teliti apakah cuti yang dikasih itu sudah ga dipotong lagi sama cuti bersama atau masih dikurangi cuti bersama.

  5. Penghitungan pajak

    Kalo ini tergantung banget sama penghitungan gaji. Usahakan sih gaji yang diminta naiknya sudah nett pajak. Jadi sudah bersih aja masuk ke rekening kita. Jangan sampe kayaknya gaji naik gede ternyata belom dikurangi pajak dan ujung-ujungnya nyesel deh.

  6. Target pengukuran kinerja

    Biasanya kalo pindah ke tempat baru dan minta gaji naik kan ditanya bisa dapet berapa targetnya. Terutama buat bagian marketing/sales sih. Kalo gw tergantung tempat yang lagi nginterview dan biasanya gw jawab diplomatis biar kesannya gw ga takut ama target tapi gak agresif banget yang bisa keliatan kayak orang o-owwww gitud eh.

  7. Fasilitas kesehatan

    Ini penting banget nih, jangan sampe di tempat baru fasilitas kesehatan jauh lebih kecil sehingga kita harus keluar duit dari gaji yang naiknya kelihatan gede tapi setelah dikurangi biaya berobat ujungnya ga naik sama sekali. Penting kan?

  8. Skema pemilikan rumah/kendaraan

    Nah biasanya yang paling murah kredit-kredit rumah dan kendaraan kan dari perusahaan ya. Makanya pastiin kalo perusahaan tempat interview bisa provide fasilitas yang lumayan. Jangan sampe setelah pindah baru tahu kalo pengajuan kredit karyawan buat beli rumah/kendaraan susah

Yang kepikiran sih baru itu. Ada lagi yang biasanya menego hal-hal spesifik pas interview? Makasih sebelumnyaaaa.. 🙂

Advertisements

52 Comments

  1. Yeye
  2. anjaarowana
  3. Una
  4. De
  5. The Prahastos

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
%d blogger menyukai ini: