Pilih WordPress yang Mana?

Bingung mau beli web hosting sendiri atau upgrade langsung di wordpress.com? Ato masih bingung perbedaan wordpress com dan wordpress org?

Disclaimer: Postingan ini ditulis berdasar pengalaman pribadi sampai saat ini. Apabila ada perkembangan terbaru bakalan ditulis di postingan terpisah.

Menyambung tulisan gw hari Senin kemaren tentang layak gak beli udgrade domain, kayaknya lebih afdhol lagi kalo gw bahas perbedaan antara WP.org sama WP.com. Kalo sudah pada tahu bedanya ya monggo di skip dan buat manteman blogger Blogspot, mungkin bisa dipertimbangkan kalo mau pindah ke WP. Ihik..

Perbedaan wordpress com dan wordpress org

Sebenernya perbedaan ini udah dibahas sama WP di halaman supportnya mereka tentang wordpress.com vs wordpress.org. Di sini gw mau tulis dari pengalaman gw. Dirangkum di gambar yang gw pake jugak sih, jadi gw tulisnya berdasar pengalaman aja ya.

Kenyamanan

Alasan kenapa gw langsung aja bayar upgrade domain ke danirachmat.com di WP.com adalah karena cukup bayar biayanya aja dan domain danirachmat.com langsung up and running.

Sementara kalo beli web hosting sendiri dan install WP.org berarti ngerjain semuanya sendiri. You have to go down and dirty for every bit of it.

Sebelum upgrade di akhir 2014, gw udah pernah beli web hosting sendiri. Sekitar Rp. 300 rebu setahun. Mulai coba-coba install di sana dan berakhir dengan kegagalan sempurna. Klasik. Gak ada waktu.

Termasuk kalo mau pasang widget goodreads, instagram dan lain lain yang kalo di WP.com bisa langsung klik buat pasang widgetnya, sementara WP.org kudu pasang plug-in dan mungkin nambah kode pemrograman sendiri. Di sinilah mungkin peran temen programmer/developer web bisa membantu. Haha.

Kalo soal konten sih WP.com menyediakan layanan transfer dari WP.com ke WP.org seharga USD 129. Ini gw nemu link cara mudah transfer WP.com ke WP.org.

Fleksibilitas

Pernah ngerasain pengen ngubah tampilan blog WP.com jadi cetar membahana trus dapet message kalo bagian desain yang ina inu ini bagian dari Custom Design dan kudu bayar USD 30 setahun padahalan udah sejam lebih pilah pilih warna, utak atik font? *exactly *Tendang komputer

Bayar aja USD 79 per tahun biar bisa sekalian dapet custom design buat bebas kutak katik sendiri.

Itu cuman dari segi desain ya.

Ada beberapa hal yang gw temukan gak bisa dilakukan di WordPress.com. Contohnya pasang widget yang di dalemnya mengandung Javascript yang dipake di beberapa widget penting gak penting untuk kepopuleran blog. Widget Alexa salah satunya. Kalo dipasang kan bisa ngebantu ranking blog di alexa ya (catet nih kudu nulis soal alexa kapan-kapan. Ihikk).ย 

WP.com bilang kalo javascript bisa dijadikan malware yang bisa meruntuhkan seluruh sistem. So better be safe than sorry they say. Jadi ya gw cuma bisa pake apa yang ada aja.

Kebayang kan ya soal fleksibilitas yang gw maksud?

Cari Uang di Blog

Here comes the juicy part.

Sudah pada tahu kan kalo di WP.com gak boleh ngiklan selain yang diperbolehkan oleh aturan-aturannya WP sendiri?

Monggo deh silahkan dibaca ketentuannya di Advertising Policy dan Affiliate Links nya WP.com. Intinya gak boleh pasang iklan berupa banner tapi masih boleh pasang iklan berupa link tapi gak boleh dari Google AdSense, OpenX, Lijit, BuySellAds, and Vibrant Media.

Masih bisa WordAds dong deh ya?

Sayangnya gw kemaren barusan dapet konfirmasi dari WordAds kalo mereka tidak lagi kasih approval untuk blog-blog berbahasa Indonesia. Gw baca karena banyak banget blog berbahasa Indonesia yang kontennya copy-paste demi kejar traffic dan semacam gitu yang bikin para pengiklan kecewa. Jadi mereka memutuskan buat gak kasih lagi approval kepesertaan WordAds untuk blog berbahasa Indonesia. Sedih ya? .

Jadi cari duit dari blog berbasis WP.com ya jualan paid post karena itu gak ada larangan. Sama mungkin pasang iklan berbentuk kata-kata di sidebar.

Sementara WP.org? Dengan segala keribetannya di awal, kita bebaaaaas mau ngapain aja. Blog-blog kita, repot sendiri, setting sendiri ya jadinya gak ada batesan mau ngiklan kayak gimana. Silahkeeeun.

Beberapa blog berbasis WP.com yang sudah rame dan dapet beberapa ratus dollar dari WordAds yang akhirnya memutuskan pindah ke WP.org. Oiya di WP.org gak bisa ikutan WordAds tapi bisa cari duit dengan banyak cara lainnya.

Jadi yaaa kalo memang tujuan beli domain buat cari uang, silahkan dipertimbangkan masak-masak ya manteman. Satu yang kudu gw sendiri ingat sih adalah tujuan awal ngeblognya apa. Untuk catetan pribadi dan untuk sharing. Selain itu untuk cari kesenangan dari ngeblog.

Jangan sampe karena mau cari duit ngeblog gak lagi jadi sesuatu yang menyenangkan.

Ada yang mau nambahin?

Untuk tulisan lain terkait blogging bisa dibaca di kategori blogging things ya manteman. ๐Ÿ˜€

Kalo ada yang mau didiskusikan colek aja gw di @danirachmat.com. Buat bisa dm follow aja, ntar gw folback kalo kita belom saling follow ๐Ÿ˜€

Advertisements

82 Comments

  1. Aan
      • Aan
    • Pungky KD

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
Translate ยป
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: