Proses Ngeblog – Tantangan Introspeksi Blog Hari #3

Hari ke 3 dari tantangan introspeksi blog ini tentang proses ngeblog yang gw lakukan untuk blog ini.

Proses mestinya kudu ngebahas dari ujung sampe akhir ya. Dari ujung ke ujung. Cuman karena belom pernah mikirin ini secara mendalam bingung juga, proses ngeblog yang ada itu gimana. Kalo cuman gimana mendapatkan ide ngeblog sih pernah gw tulis sebelumnya.

So let me try to write how I blog.

Pencarian Ide

Jadi ya, entah karena gw suka ngeblog atau karena emag dari dulu gw emang begini, tapi gw suka mengamati dan memperhatikan apa yang kejadian di sekitar. Mulai dari kejadian di jalanan, berita online ato isi siaran radio termasuk ke lagu yang gw dengerin. Selain itu gw suka baca, mulai dari buku sampe blog walk. Suka ya, bukan karena ngerasa ada kewajiban.

*Makanya kalo misalkan gw blog walk dan gw komen, berarti gw emang udah baca isi postingannya. Bahkan pas gw pencet  tombol like 😛

Kalo misalkan ada perasaan khusus yang menggerakkan hati, gw akan inget-inget intinya apa sih yang sampe menyentuh banget buat gw. Dari situlah berangkatnya ide-ide ngeblog gw.  Dari mulai “menyentuh hati” tadi,  gw gak langsung tuliskan jadi postingan.  Butuh beberapa waktu lamanya tergantung kuat lemahnya sinyal sentuhan yang gw dapet.

Misalkan tentang kejadian di Mina kemaren,  gw sedih banget dengernya.  It’s a disaster tapi gw masih langsung pikirin ina inu ine ino.  Panjang deh dan mungkin gak akan pernah sampe jadi postingan.  Beda kasus sama waktu KD ama Loly rame kemaren,  karena emang penasaran bisa seberapa rame satu isu terkini menggiring orang kepo,  gw pun bikin postingannya.  

Yang jadi postingan di sini pasti sudah melalui proses pemikiran apakah ceritanya cukup menarik (buat diposting) at least buat gue,  apakah ada menyudutkan orang lain/pihak lain dan apakah apakah yang lainnya.  Jadi kepala ini muter terus mikirin mana yang layak diposting dan tidak.

Kalo postingan berbayar sih selama harganya cucok,  prosesnya gw reverse, oke gw akan posting tentang hal yang diminta itu, selanjutnya adalah bagaimanakah untuk bikin postingan itu menarik dan bisa melewati semua pertanyaan yang ada di kepala gue.  

Tulis Postingan

Laptop

Proses nulis postingan sendiri gw pastikan gak ribet.  Kalo sudah memutuskan akan posting sesuatu, biasanya gw udah siap mau dibuka dengan apa,  tengahnya isi apa dan ditutupnya gimana.

Proses nulisnya sendiri paling lama setengah jam palingan ya.  Ditambah setting parameter buat Yoast,  trus  pilih image yang di feature dama setting printilan.  Total jenderal kalo lancar 45 menitan.

Kadang setelah postingan terbit, kepikiran detail lain yang bisa mempertajam sudut pandang,  atau cima mempercantik tulisan dengan video atau gambar atau link,  pasti gw edit.  Tapi tapi tapi gw bukan editor yang baik untuk ejaan.  Jadi meskipun gw udah baca dua tiga kali,  sering banget ada typo yang masih nampang.

Balas Komen

Nah iniii.  Pe er terberat gw. Balesin komen.  Pengennya begitu baca komen, kepikiran balesan dan langsung terpampang nyata.  Cuman apadaya gw kudu ketik dulu.

Nah ini yang bikin gw galau.  Mau balesin postingan blog dulu atau bw dulu.  Karena seringnya balesin postingan blog habisin waktu yang cukup lama.  Errr.  Ini karena salah gw juga sih balesin postingnya langsung di blognya.  Bukaaan,  bukan mau cari traffic,  rasanya di WordPress for Android gak ada tanda komen itu udah dibales ato belom.  Jadi daripada kebales dua kali kan.  

Buat gw komen adalah salah satu bahan bakar pendorong terbesar untuk selalu ngeblog.

Blog walk

Nah proses ngeblog gak mungkin tanpa blogwalk kan ya.  Proses blogwalk ini sendiri gw lakukan lewat feedly yang sekarang cukup powerful untuk bisa baca dan langsung komen tanpa harus buka browser.

Jadi ya gw simpen alamat mentemen semua di feedly dan dalam sehari bisa ada sekitar seratusan apdet.  Jadi ya gitu lah ya.  Gw usahakan buat bisa visit atu-atu ke blognya temen-temen semuah.  

====

Begitulah kira-kira proses ngeblog gw. Padahal gitu doang tapi bisa jadi panjang ya tulisannya?  Hahahaha. 

Tantangan lain terkait postingan ini:

>> Hari #1 Alasan Mulai Ngeblog
>> Hari #2 Pentingnya Nama Blog Ini

Advertisements

36 Comments

  1. Mux
  2. selseya
    • Jefry Dewangga
  3. andy
  4. Jefry Dewangga

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: