[Review] Make Your Own Plan!

Make Your Own Plan

Tebal halaman: i-xvii + 268 halaman
Penulis: Pandji Harsanto, CFP dan Diana Sandjaja CFP
Harga: Rp. 49.800 (listed price); Rp. 42.330 (online price)

Huwehehehehe. Bukan kerajinan posting inih. Aji mumpung ajah. Mumpung ada janji sama temen buat bikin review bukunya.

Ohiya disclaimer: Ini postingan tidak berbayar tapi memang mengiklankan buku yang lagi direview.

Ceritanya, Januari kemaren itu, ada salah satu temen kursus gw, Ibu Diana Sandjaja yang sekarang sudah jadi financial planner profesional gitu nerbitin buku, iya buku karangannya dia berdua sama Pandji Harsanto yang udah sering tampil di Kompas TV (CMIIW).

Ini kali kedua temen yang gw kenal in person nerbitin buku, yang pertama Dendi dengan buku keroyokan berempatnya Trave(Love)ing. Bukunya waktu itu gw dapet gratis! Yeay! Dan kali ini Diana juga ngebagiin gw gratis lagi! Super Yay!

Nah pada tahu kan kalo gw kapan itu pernah ambil kursus financial planning (dan pernah ngejanjiin buat bikin presentasi yang sampe sekarang belom-belom juga itu (doain ya, gw targetin tahun ini kudu kejadian T.T)). Nah Diana ini punya ide cerdas nulis buku yang bisa dipake buat panduan orang awam bikin financial planningnya sendiri gitu.

Mungkin sebagian besar dari kita udah ngerasa overwhelmed denger istilah-istilah di financial planning dan dunia keuangan kali ya trus akhirnya ngerasa yaudah deh biarin aja duit juga segitu-segitunya juga. Ato malah ada yang pengen banget sebenernya bikin plan buat dirinya sendiri tapi gak ngerti kudu mulai dari mana. Ato sebenernya pengen banget tahu gimana sih sebenernya financial planning kayak yang dilakukan sama planner-planner profesional itu?

(Iyah ini ngiklan emang) buku ini bisa jadi salah satu contekan loh.

Gw baca oke juga cara nulisnya. Gw sih ngerasanya gaya bahasa yang dipake ya gaya bahasa sehari-seharinya Diana dan Mas Pandji kalo ngadepin klien. Gak terkesan njelimet meskipun ada beberapa istilah teknis yang mau gak mau kudu dipake.

Ada 11 bab di buku ini yang nge ahas mulai dari hubungan antara uang dan kehidupan, apa sih perencanaan keuangan itu, langkah-langkahnya apa aja, dana darurat, utang, asuransi, investasi and how to put them all together. Bahkan Diana dan Mas Pandji kasih contoh-contoh form yang bisa kita pakai buat bikin perencanaan keuangan kita sendiri termasuk rasio-rasio pedoman keuangan yang sehat itu gimana.

Beneran deh ini kayak bentuk financial planning yang dipake sama professional financial planner.

Kalo buat bikin financial planning pribadi sih cukup. Lhaterus apa gunanya financial planner profesional dong kalo ada buku ini? Yamasih banyak sih bagian financial planning yang lain yang bisa dikerjakan sama profesional yang notabene dibayar buat jasanya but I will take this book and do my own. While I can do the research throughout internet. Hihihi.

Daripada bayar planner mahal-mahal. Hahahahaha. kemudian gw ditendang sama Diana dan mas Pandji

Etapi beneran deh, buat yang tertarik gimana bikin plan sendiri dan pencatatatan keuangan pribadi/keluarga yang lebih teratur bisa banget loh beli buku ini. sekali lagi ngiklan bantuin temen jualan

Advertisements

75 Comments

  1. Yeye
      • Yeye
  2. farizalfa
  3. eda
      • eda
          • eda
  4. jarwadi
  5. Awan

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
Translate ยป
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: