Salah Satu Pembunuh Mood Nulis

Dua mingguan ini frekwensi posting gw di blog ini lumayan menurun. Meskipun mungkin ga penting juga isi postingan-postingan gw itu. Tapi sebenernya gw ga mau bikin pengunjung setia kecewa waktu berkali-kali ngebuka blog gw ini dan menemukan posting terakhir adalah yang mereka buka beberapa minggu sebelumnya. sumpah ngartes abes

Etapi gw emang sering banget ke beberapa blog yang gw sering datengin ternyata ga update. Semoga sih cuman lagi sibuk ajah dan merekanya baik-baik ajah.

Jadi ya. Balik lagi ke masalah males posting. Sampe minggu lalu gw agak jarang posting karena setress. Kenapa? Karena ada ujian dua minggu berturut-turut. Satu diwajibkan sama kantor, satu lagi demi masa depan yang lebih baik.

TOEIC

Setelah setahun kerja di bank yang punya Jepang ini, tiba-tiba bulan Juni ato Juli kemaren ada pengumuman kalo tiap pegawai harus lulus ujian TOEIC dengan nilai minimum tertentu sesuai dengan pangkatnya masing-masing. Dan untuk pangkat gw minimal nilainya itu.. Emmm.. Berapa yaaa…

Hehehe. Gw gatau. 😛

Yang ada di pikiran gw sih berapapun nilai TOEICnya ya itulah kemampuan gw. Kalo ternyata kurang ya maap. Ngapain pusing mikirin berapa minimal nilainya. Hehehe. Lagian HRD bank yang ini baik banget. Klo nanti ternyata ga lulus, bakal dikasih kursus Bahasa Inggris di EF. Jujur aja sih, gw yang belom pernah ikutan kursus jadi mupeng karena sebelumnya pernah ngajuin ke kantor buat kursus di Wall Street Institute gak di approve. Sistem belajarnya kebanyakan main katanya. Haha.

Ikutan lah gw tes TOEIC tanggal 21 Juli yang lalu. Setelah 2 mingguan keluarlah hasilnya. Gw yang ga pernah ikut tes semacam ini sebelumnya deg2an abis. Malu dong kalo ternyata jauh banget di bawah minimal. Deg-degan gw buka amplop dari HRD dan ternyata hasilnya sbb:

Nilai TOEIC

Ga berniat nyombong siih. Tapi nilai gw di atas minimum requirement. Hehehe. dilempar speaker test. Etapi temen gw bilang ini test TOEIC versi yang gampang. Jadi ga usah banggalah.. deeem. Ada satu temen kantor yang nilainya perfect coba. T.T

Certified Financial Planner (CFP)

Yak. Ini ujian buat bisa pegang lisensi kayak Ligwina Hananto dan para profesional financial planner ituh.

Setelah hampir setahun gw kursus empat modul comprehensive financial planning, akhirnya tibalah saat yang menentukan. Ujian. Dari empat modul yang gw pelajari itu, ujiannya ada 4 juga. Tapi bukannya tiap ujian single modul yang diujikan, tapi tiap ujian materinya kombo. Gabungan.

Modul financial planningnya sendiri dibagi sbb:
1. Financial planning fundamental (dasar perencanaan keuangan)
2. Investment Planning (perencanaan investasi)
3. Insurance Planning (Perencanaan Asuransi)
4. Estate Planning and Tax (Perencanaan Warisan dan Pajak)

Nah ujiannya yang 4 kali itu diadakan dua hari. Hari Sabtu tanggal 28 Juli 2012 ada 3 ujian yang kombinasinya kayak gini:
CFP 1 : modul 1 dan modul 2
CFP 2 : modul 1 dan modul 3
CFP 3 : modul 1, 2, 3 dan 4

Hari kedua langsung hari Minggunya tanggal 29 Juli 2012 yang materi ujiannya case study untuk ke empat modul itu dan penerapan teorinya dalam soal cerita yang kasusnya kehidupan seseorang.

Hasil ujiannya sendiri paling cepet akan keluar dua minggu dari tanggal ujian. Dan kalo seumpama gw lulus semua gw akan bisa resmi praktek sebagai seorang perencana keuangan. Seorang Financial Planner. Yang mana banyak orang masih ragu perlu apa nggaknya mereka sewa planner.

Menurut gw perlu sesuai kebutuhan sodara-sodara. DAN KALO BISAAA… hubungi saya yah. jualan

Hehehehehe.

Awal kenapa gw belajar ini bukan karena gw mau jadi planner kayak beliau-beliau yang sudah terkenal kok. Tapi lebih karena gw pengen ngerti ilmunyah dan pengen bisa pake ilmunya buat diri sendiri. Setelah itu gw pengen bisa bantu sebarin ilmu perencanaan keuangan ini biar semakin banyak orang yang ngerti dan ujungnya gak ada (ato paling ga berkurang) orang-orang yang bingung waktu anaknya mau masuk sekolah. (Paling gak buat keluarga muda kayak gw ama Bul).

Buat sarana sharing ilmu, gw dah ngajakin salah satu temen gw yang ngerti pajak dan canggih fotografi buat kelola satu blog khusus financial planning ini. Dulu gw pernah nyoba nulis di blog ini, tapi kok ya rasanya males kalo campur-campur. Better if I make it separately. Jadi nanti gw akan share alamatnya blog itu yak.

Btw ini alamat blog fotografi temen gw yang ciamik itu di tumblr.

Oiya. Mohon doanya supaya lulus ya teman-teman dan siapapun yang baca blog ini.. 🙂

Advertisements

20 Comments

  1. Pungky KD
  2. dea
  3. arif
  4. Surya
  5. bintangtimur
  6. Pingback: danikurniawan
    Agustus 28, 2012

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya. (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: