Tempat Wisata Seru Di Surabaya yang (Mungkin) Orang Gak Tahu!

Sebelum gw cerita tentang tempat wisata seru di Surabaya yang mungkin orang gak tahu ini, boleh gw minta tolong dulu gak manteman?  Banyak pasti yang gak dapet update-an gw di Feedly maupun di wordpress.com reader. Ini karena sesuatu pas gw pindahan domain. Tapi gw sendiri udah coba masukin alamat feedburnernya blog ini dan jalan dapet update beberapa postingan terakhir gw.

Jadi minta tolong kalo gak keberatan nih ya manteman re-subscribe dengan masukin alamat ini:

http://feeds.feedburner.com/danirachmat atau kalo nggak, yang sudah pake feedly tinggal pencet tombol ini: follow us in feedly

Nah balik lagi nih, ini sebenernya lanjutan cerita kemaren tentang alat penanganan kargo tercanggih di dunia yang salah satunya ada di Surabaya di bawah kelolaan Pelindo 3, setelah jalan-jalan di kantornya, kami diajakin jalan keliling ke tempat-tempat wisata seru di Surabaya yang bahkan gw gak pernah tahu! Ehm dan bahkan mungkin banyak orang yang gak tahu tentang tempat-tempat ini. Pas kan besok Minggu, jadi sekalian aja jalan ke sini!

Tempat Wisata Seru di Surabaya yang Tersembunyi dan Sangat Layak Dikunjungi!

Amarta Harbour Cruise Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Surabaya North Quay dan Gapura Surya Nusantara

Salah satu tempat wisata seru di Surabaya: Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Salah satu tempat wisata seru di Surabaya: Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Yes, Surabaya North Quay dan Gapura Surya Nusantara ini adalah salah satu tempat wisata seru di Surabaya yang mungkin belum banyak orang tahu. Sebenarnya ini terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Penggunaan kata North Quay ini bikin gw teringat sama Singapura yang ada Clarke Quay. Mihihihihi.

Kalo manteman sekaliyan membayangkan terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya adalah tempat yang kumuh dengan segudang aktivitasnya, coba deh dateng ke sini!

Super bersih! Surabaya North Quay dan Gapura Surya Nusantaranya ini mirip sama Bandara! Mulai dari kebersihannya sampe alur lalu-lintas manusianya. Lengkap dengan Garbarata yang dipakai untuk masuk dari ruang tunggu ke kapalnya! Jadi kayaknya Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ini adalah terminal penumpang pelabuhan pertama di Indonesia yang pake Garbarata!

Garbarata Gapura Surya Nusantara

Garbarata Gapura Surya Nusantara

Sesungguhnyalah gw terkejut setengah mati sama kondisi Pelabuhan Tanjung Perak dengan Gapura Surya Nusantaranya ini. Terdiri dari 3 lantai, di lantai dasar lokasi loket pembelian tiket dan pintu masuk penumpang yang sebagian juga dipergunakan sebagai ruang tunggu penumpang. Naik ke lantai dua, berisi dengan ruang tunggu mewah berpendingin udara yang udahlah gak bisa dibedakan sama ruang tunggu bandara.

@pelindo3 berhasil menghadirkan kesar mewah, dingin dan nyaman di ruang tunggu terminal penumpang… Click To Tweet

Naik ke lantai 3 ada food court yang disambung dengan beberapa spot yang instagrammable buat pengunjung pepotoan. Gak berhenti di situ, ada area outdoor di rooftop yang disulap menjadi tempat ikonik Surabaya North Quay yang gw sebut tadi.

Kursi malas berbentuk bean bag di beberapa spot di bawah beralaskan rumput buatan dengan beberapa kursi kayu berpayung.  lihat deh galeri poto di bawah ini:

Warisan Budaya di Kampung Lawas Maspati

Tempat Wisata seru di Surabaya: Kampung Lawas Maspati

Tempat Wisata seru di Surabaya: Kampung Lawas Maspati

Lek sampean arek Suroboyo asli, pasti ngerti kan ndek ndhi Kampung Maspati iki?

Gak mesthi! Aku sing arek Suroboyo aseli kait ngerti kampung iki pas wingi dijak karo Pelindo 3! Gw baru tahu Kampung Lawas Maspati ini ya pas diajak sama Pelindo 3 kemaren, meskipun arek Suroboyo asli!

Kampung Lawas Maspati ini deket banget sama Pasar Atom dan juga Tugu Pahlawan! Menjadi kampung kelolaan Pelindo III sebagai bentuk CSRnya, kampung ini berada di sekeliling kompleks dua ikon Surabaya ini, Kampung Lawas Maspati jadi salah satu tempat wisata seru di Surabaya yang layak banget buat didatengin pas liburan. Karena apa? BUWANYAAKKK!

Kampung Lawas Maspati Surabaya

Kampung Lawas Maspati Surabaya

Mulai dari suasana kampung yang beneran bikin gw balik ke jaman masa kecil, beberapa bangunan yang masih asli dari sejak pertama kali berdiri, tanaman obat keluarga yang bikin kampung ini hijau banget, sampe ke bagian mainan tradisionalnya. Bahkan ada penginapan yang memakai bangunan lama dan terkesan kuno dan adem banget.

Di kampung ini juga ada makam dari kakek Sawunggaling. Kayaknya kalo orang Surabaya pasti pernah kan dengar ceritanya Sawunggaling? Pahlawan dari Surabaya ini dimakamkan di daerah Lidah Wetan, sedangkan di Kampung Lawas Maspati inilah kakek Sawunggaling yang hidup semasa kekeratonan masih ada di Surabaya dimakamkan.

Omah 1907 di Kampung Lawas Maspati Surabaya

Omah 1907 di Kampung Lawas Maspati Surabaya

Apa lagi? Ada Omah Lawas 1907 yang masih ditempati oleh keluarga asli pemilik rumah tersebut! Sebuah rumah dengan penampilan klasik yang bahkan belom pernah mengalami perombakan.

Kelar keliling kampung ini, di ujung gang, kita bakalan bisa berwisata kuliner dengan makanan-makanan khas Surabaya! Aselik deh, gak akan pernah kalian temukan suasana kek gini di mall manapun di Surabaya sana! Salah satu tempat wisata seru di Surabaya yang gak boleh dilewatkan kalo mau keliling dan mengenal Surabaya!

Artama Harbour Cruise Keliling Selat Madura

Dan ini nih yang paling seru!

Tempat Wisata seru di Surabaya yang Nggak Biasa: Bawah Jembatan Suramadu

Tempat Wisata seru di Surabaya yang Nggak Biasa: Bawah Jembatan Suramadu

Jalan-jalan singkat, well, gak jalan sih ya, tapi naik kapal, cruising singkat naik kapal keliling Selat Madura! Naik kapal selama dua jam buat keliling lewat di bawah Jembatan Suramadu! Iyak, buat masyarakat umum bisa juga ikutan cruise ini! Bukan exactly tempat wisata seru di Surabaya sih, tapi berupa layanan perjalanan yang jadi bagian dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Dioperasikan oleh PT Pelindo Marine, anak perusahaan PT Pelindo III (Persero), harbour cruise ini CUMA beroperasi menggunakan kapal Artama. Selama dua jam penumpang bakalan diajak keliling Selat Madura. Kalo selama ini udah sering banget lewat Jembatan Suramadu dari atas, melalui short cruise ini kita bisa melihat kemegahan jembatan penghubung Surabaya dan Madura dari bawah!

Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe

Cruise ini kerasa istimewa karena sebagian besar awaknya adalah perempuan! Selain itu, dengan menggunakan Cruise ini gw juga diajak ngelihat kemegahan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya melalui laut. Lihat betapa banyak kapal di sekitar perairan dan juga lihat kemegahan monumen Jalesveva Jayamahe dari laut! Satu hal yang gak pernah gw lakukan pas masih tinggal di Surabaya dulu!

Heboh bareng

Heboh bareng

Eniwei, gak perlu kuatir soal berapa biayanya karena per-orang cukup Rp. 120.000/trip termasuk snack, minuman dan asuransi Jasa Raharja. Kalo misalkan mau sewa buat acara khusus, tarifnya cukup Rp. 1.600.000/jam untuk minimal dua jam sewa!

Kudu dicatet kalo Artama Harbour cruise ini sendiri cuma beroperasi di hari Minggu jam 9.00 pagi. Gak ada minimal jumlah penumpang tapi maximal 35 orang!

Info lengkap buka websitenya Pelindo Marine yak! Ini gw bikin video pendek pengalaman gw ikutan cruisenya ini:

Terminal Petikemas Surabaya Berstandar Internasional

Memang bukan termasuk tempat wisata  seru di Surabaya sih, tapi kemaren kami juga diajakin ke Terminal Petikemas Surabaya. Ini gw yang paling terkagum-kagum dan teruwoh-uwoh karena selama gw di Surabaya gak pernah kepikiran sekali bakalan bisa lihat kawasan yang cuma gw denger doang dari jaman kecil.

Terminal Petikemas Surabaya ini sudah kesohor dari jaman gw kecil. Temen ada yang pernah dinas di Bank Mandiri sekitar sini dan cerita juga betapa sibuknya kawasan ini. Gw yang awalnya ngebayangin (lagi-lagi) kawasan pelabuhan yang jorok, kumuh dan gak terawat jadi kagum banget (lagi-lagi).

Terminal penanganan kargo yang sahamnya dipunya sama Pelindo III (51%) dan Dubai Port (49%) ini mengikuti standar internasional. Semuanya ketat! Kami harus pake safety outfit yang standar termasuk sepatunya yang katanya gak bakalan hancur diinjek ama apa juga.

Gak bisa cerita banyak sih kecuali kemaren pas ke sana itu bener-bener sunset yang gak mainstream. Bayanging aja menikmati sunset di pelabuhan kargo yang kayaknya bakalan cuman bisa gw lihat di film-film doang. Bahkan ngebayangin adegan film waktu Batman nyuri cryptonite di pelabuhan di film Batman vs Superman pas ke sini. Mihihihihi. Langsung lihat fotonya aja ya 😀

====

Jadi-jadi gimana, udah pada pernah belom ke tempat-tempat wisata seru di Surabaya yang gw sebutin di sini? Kalo belom dan emang lagi atau mau ke Surabaya, beneran agendakan ke tempat-tempat ini deh. Beneran tempat wisata seru di Surabaya yang gak umum dan bisa jadi kalian belom tahu kan? 😀 bagi ceritanya ya kalo misalkan emang udah maen ke sana 😀

 

Advertisements

20 Comments

  1. Aqied
  2. Sewa bus pariwisata

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya. (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: