Tentang Blog English Club

Blog English Challenge

Baiklah lagi-lagi ngomongin BEC deh ya. Mau cerita betapa ajaibnya gagasan untuk belajar bareng Bahasa Inggris lewat blog.

Balik ke bulan Desember waktu gw bikin challenge dan disambut Nita dengan kasih tantangan buat nulis soal AFTA. Tulisan gw menjawab tantangan itu gak bisa dibilang pesimis tapi gak bisa dibilang terlalu optimis juga. Salah satu isi postingan adalah kegalauan gw tentang kemauan menguasai Bahasa Inggris yang notabene jadi bahasa yang dipakai di lingkungan pergaulan internesyenel. Ngobrol-ngobrol bales-balesan komen lewat postingan dan kemudian berlanjut lah antara Nita, Mas Ryan dan gw sendiri. Inget banget waktu itu obrolan panjang pertama kami lewat group WhatsApp tanggal 19 Desember 2014 sampe tanggal 20 Desember 2014. Sepanjang perjalanan kereta Jakarta-Cirebon.

Kami ngobrol ngalor ngidul ngomongin bentuk yang okesip buat bisa belajar bareng. Tercetuslah ide untuk bisa nantangin diri kami sendiri rutin tiap minggu. Sok iyes banget kan kami waktu itu? Tiap minggu minimal ada satu postingan berbahasa Inggris. Lanjutlah kami sibuk menentukan apa tema tantangan yang cukup menarik untuk kami posting jadi tantangan. Waktu itu diputuskan kayak gini:
Minggu pertama: Word for 2015; Book of 2014; Music of 2014 dan minggu terakhir dibikin semacam review. Akhirnya ide tantangan minggu kedua dan seterusnya diubah, diambil dari sumbangan ide teman-teman di grup.

Kemudian giliran milih nama, karena gak kepikiran nama yang kece cetar badai membahana, dipilihlah Blog English Club simply karena kami ini berinteraksi lewat blog dan kami pengen bikin English Club. Gak kepikiran format yang benernya itu gimana dan biarlah namanya tetap untuk menunjukkan keinginan kami memperbaiki kesalahan yang kami buat.

Awalnya kami sama sekali gak ada harapan ada temen yang ikutan sih ya. Cuman kami bertiga gitu. Direncanakan tanggal rilis pertama untuk tantangan tanggal 5 Januari 2015 demi untuk bisa mendapatkan perhatian khalayak yang lebih ramai. Hihihi. Pan tanggal itu sudah pada masuk kerja yes harusnya.Β  Nah kenapa kami putuskan tanggal 5 ya siapa tahu bisa lebih banyak yang baca dan akhirnya tergerak buat ikutan. Berharap ya itu namanya? Hahaha. *toyor dani

Postingan pertama kami bikin tanggal 5 Januari 2015 untuk ngumumin tantangan yang harus kami bikin tanggal 9 Januari 2015 nya. Eh ternyata responnya luar biasa. Banyak banget (lebih dari 5 udah banyak banget) yang menyatakan mau ikutan dan yang lebih mengharukannya lagi ada 4 blogger dengan kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni dan semuanya tinggal di luar negeri yang menyatakan kesediannya secara SUKA RELA menjadi mentor. Kalo penasaran sama siapa aja mentornya, silahkan dibuka blognya masing-masing ya: Mba Riemikan, Mba Yoyen, Mba Eva dan Mba Nana Banana.

Karena saking semangatnya belajar, akhirnya group WhatsApp pun dipecah 2 jadi group learning dan group chitchat. Karena update tantangan dan rekap dilakukan di blog kami, jadinya ribet deh koordinasi dokumentasinya. Nyatetin nama member, nyatetin rekap postingan lalalili sampe akhirnya di salah satu sesi rapat jiah istilahnya kami, Nita kasih tahu kalo IHB pake fasilitas Google Docs untuk berkolaborasi dalam hal pengelolaan data. Akhirnya Mas Ryan ama gw yang lagi di depan laptop mulai coba-coba pake Google Docs dan form dan turned out jadi salah satu solusi untuk database sistem di BEC. Belajar satu hal baru lagi.

Ohyes, jangan dibayangin kami rapat itu ketemuan trus duduk bareng ngebahas ini ituloh. Masing-masing kami pan sibuk yes, jadi ketemunya cuman via WA ajah. Sambil tiduran di kasur di rumah, kalo gw setelah berhasil menidurkan A, gak tahu deh yang lain. Hihihi. Jadi kadang sampe jam satu ato jam 2 adaaaa aja yang dibahas. Bisa dari teknis sampe konsep bahkan hosip-hosip tentang blog. Blognya siapa yang rame dan gimana cara ngeramein blog. Ihik. Alexa pun gak jarang dicapture. Hahahaha. Gilingan deh kalo dah nyampe situ.

Setelah beberapa kali perubahan akhirnya untuk sekarang diambil bentuk group WhatsApp yang untuk belajar punya jadwal aktif dari jam 8 pagi – 2 siang di hari Senin, Rabu dan Jum’at. Senin untuk ngebahas 4 blog volunteer dari member yang mau direview oleh mentor

Permintaan bikin blog sudah rame dari mulai postingan tantangan pertama. Cuman saran untuk bisa fokus sama apa yang jadi tujuan utama untuk belajar dulu akhirnya bikin kami bertiga memutuskan nunggu 10 tantangan/postingan dulu baru kemudian memikirkan bikin blog. Ehlhadalah pas challenge ke 2 ternyata yang ikutan juga tetep banyak dan kami kerepotan menanganiΒ data yang masuk dari 3 sumber.

Kemudian kami minta bantuan Deva dan Mbah Andik yang merupakan temen-temen pertama yang menunjukkan ketertarikan untuk bantuin jadi admin dan akhirnya kami buatlah blognya BEC dengan alamat http://englishfriday.wordpress.com dan alamat email adminnya di blogenglishclub@gmail.com.

Alhamdulillaah dengan blog ini jadi lebih terorganisir rapi dan bahkan ada inisiatif-inisiatif lain untuk ditambahkan ke dalam isi blog kayak semacam English Essential dan rekap daftar member beserta update link postingan setiap minggu yang lebih rapi.

Dari sejak dimulainya, inisiatif ini sudah menjadi suatu hal yang menyenangkan dan mengayakan buat gw pribadi. Selain manfaat intinya gw bisa belajar lagi dan lagi tentang Bahasa Inggris, gw bisa belajar banyak hal lain, tentang pemanfaatan google docs untuk kerja bareng secara online. Lebih-lebih respon yang didapat, beneran gak nyangka banget bisa pada seantusias ini untuk belajar Bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuan lewat blog. Pas banget sama kata yang gw pilih untuk 2015 yang gw posting menjawabΒ tantangan minggu pertama lalu.

Jadi, tertarik buat belajar Bahasa Inggris bareng lewat blog? Yuk ikutan challengenya dan follow blognya BEC di http://englishfriday.wordpress.com/ ya. Mari belajar bareng! πŸ˜€

Advertisements

70 Comments

  1. Dwi Puspita
  2. bintangtimur
  3. bemzkyyeye
  4. riemikan
  5. Esti Sulistyawan
  6. Lia
  7. Moh.RizalArsyad

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh
%d blogger menyukai ini: