[Money Talk] Tentang Jualan Asuransi

Dani/Guweh

“Halo Bro! Lama gak ketemu. Loe ada waktu gak buat makan siang bareng? Terakhir ngobrol udah jaman sebelum wisuda dulu kan? Yuk ah, gw traktir deh. Di food court LoVe ya!”

Dani pun bingung mau dateng ato kagak ke ajakan temennya yang udah lama gak ketemu itu. Iya Dani yang ganteng kayak di poto sebelah itu. Bahahaha. *abaikan sajalah ya separoh paragraf ini*.Β Bingung mau kasih iya ato nggak sama ajakan temennya itu. Karena ujungnya kalo lama gak ketemu trus tiba-tiba sok ramah dan nraktir itu kalo gak nawarin MLM ya jualan asuransi.

Well, don’t get me wrong. Gw gak ada masalah sama orang MLM dan jualan asuransi ya karena gw pake produk MLM pun asuransi. Tapi ya itu, cara ngajaknya itu mbok ya o jangan kayak ngegiring ayam ke kurungan buat disembelih. Dikasih umpan jagung yang demenannya ayam biar ketangkep klekep gak bisa lari.

Pernah ada yang punya pengalaman serupa gak sih?

Beberapa pengalaman sebelumnyaΒ emang agak-agak bikin trauma sih. Mulai dari yang bilangnya mau diajakin bisnis dengan keuntungan berlipat pas masa-masa kuliah. Gw ikutan dateng dan ternyata sebuah sesi seminar perusahaan MLM yang orang-orangnya berbicara dengan antusiasme yang buat gw sampe pada tahapan yang mencekik. Sampe yang sok ramah ngajakin makan siang tadi ternyata nawarin MLM dan atau asuransi.

Kalo udah kayak gitu kan menurut pengalaman, orang-orangnya terkenal pantang menyerah dan gigih banget, ya berakhir dengan gw beli produknya mereka (minimal) ato bahkan sampe ikutan daftar jadi member cuman karena gak enak. Buat gw bayar Rp. 500 ribu demi berhenti digangguin untuk jadi member itu sepadan. Iye gw kurang asertif waktu itu.

Pun soal asuransi. Banyak banget kejadian-kejadian yang gw sendiri males ngingetnya. Diajakin ketemu inilah-itulah, ditawarin investasi lalalili yang ternyata setelah gw pelajari di kemudian hari adalah produk asuransi yang kalo dari itung-itungan sangat tidak menguntungkan dan hampir gak ada nilai perlindungannya.

Trus banyak yang komen: “Lah lu tiap senen nulis tentang asuransi dan segala macemnya Dan!”. Hahahaha.

Penjelasan gw adalah artikel-artikel yang gw tulis di sini tujuannya bukan buat jualan. Sama sekali nggak. Well, at least bukan buat jualan produk asuransi ya, tapi buat jualan blog ini biar trafficnya rame. Haha. *dikeplak. Tujuan utama gw nulis artikel-artikel itu adalah buat bagi pengalaman dan pengetahuan yang gw punya soal asuransi biar kalo misalkan ada yang baca dan nyari info soal asuransi bisa ngebantu buat menambah wawasan. Syukur-syukur buat nambahin input pas ngambil keputusan beli ato nggak suatu produk.

Hal yang sama juga gw harapkan dari temen-temen yang berprofesi sebagai anggota MLM dan agen asuransi. Kalo misalkan tujuan mereka ngedeketin gw buat jualan produknya, gw sih berharap kalo mereka sudah diclare di awal niat mereka. Dengan kek gitu kan jadinya sama-sama enak.

Beberapa temen yang sudah lama kerja jadi agen asuransi dan MLM, mereka gak pake cara nutup-nutupin dan ngejebak kok. Clearly mereka state apa yang mereka jual dan menawarkan produknya ke gw. Kalo emang bagus dan gwnya butuh ya akan gw beli. Kode etik macam gini lah yang gw rasa penting untuk dimiliki dan dibiasakanΒ buat para agen asuransi (dan agen MLM).

Kalo sudah terbuka dari awal, orang sudah langsung bisa ambil posisi dan menyiapkan dirinya untuk berpikiran lebih terbuka. Dengan begitu, diskusi yang ada waktu ketemu jadi lebih konstruktif. Bukan dengan perasaan terjebak. Orang akan menghargai kejujuran kita kok dan gw yakin kalo misalkan apa yang djual adalah bagaimana prooduk kita bisa membantu orang lain, mereka akan terbuka.Yagaksih?

Gak ada yang salah kok dengan jadi agen asuransi dan ikutan MLM. Kerja keras tetep diperlukan. Yang salah itu kalo ikutan moneygame. Haha. πŸ˜›

Ngerti kan ya poin gw tentang jualan asuransi (dan MLM) ini? Semoga gak salah dipahami ya πŸ˜€ Gimana menurut kalian?

Advertisements

45 Comments

    • dani
    • dani
    • dani
  1. Aan
  2. Lia
  3. one

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya. (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: