Motivasi Belajar, Haruskah Didorong Dari Luar?

Credit Card

When you set something up, you will see the universe works with you to make it true.

Di awal tahun gw bilang kalo kata yang mau gw jalani tahun ini adalah belajar, akhirnya gw dikasih banyak kesempatan untuk belajar berbagai macam hal. Salah satunya belajar Bahasa Ingris lewat BEC dan juga belajar banyak hal lainnya, salah satunya adalah tentang blog ini sendiri.

Kalo ditanya apa sih yang memotivasi buat mempelajari sesuatu, jawaban gw sih dangkal banget bakalan. Murni karena pengen dapet keuntungan dari apa yang gw pelajari itu.

Dengan mikirin keuntungan apa yang bakalan gw dapet, bisa jadiin motivasi yang luar biasa. Contohnya aja Bahasa Inggris. Dengan sekarang sudah gak bekerja lagi di tempat dengan international exposure, BEC jadi sarana belajar yang efektif banget. Dari BEC pulalah gw belajar lebih jauh tentang Bahasa Inggris ini. Bagaimana menulis lebih baik dalam bahasa yang memang bukan bahasa ibu gw itu. Motivasinya? Ya biar kemampuan gw bertambah dan akhirnya bisa memperluas cakupan blog ini. Belom lagi kalo nanti dateng kesempatan interview sama perusahaan asing. Ato mau mulai usaha yang suppliernya orang asing?

Trus keputusan gw buat migrasi dari wordpress.com ke self hosted blog juga bikin gw belajar banyak banget. Mulai dari gimana ngelakuin migrasi sendiri sampe belajar-belajar tentang SEO dan segala macemnya. Mulai buka-buka webmaster dan gimana bisa represent blog di mesin pencarian.

Tapi satu hal yang gw gak pengen adalah bikin blog ini cuma berisi tips bla-bla-bla, sekian cara la-la-la. Meskipun di slug dan parameter yang diperlukan buat optimasi blog itu tetep gw isi, gw belajar gimana caranya untuk bisa tetep nulis konten yang berasal dari hati. Konten yang emang sesuai dengan apa yang gw alami dan orang bisa relate. Trus keuntungan apa yang bisa gw ambil dari situ?

Buanyak. Ilmu tentang blogging itu sendiri salah satunya. Selain itu, beberapa kesempatan juga dateng dari blogging ini. Ntar-ntar aja gw ceritanya.

Jadi sebenernya, kalo ada yang nanya motivasi belajar yang efektif apa ya gw balik lagi kasih pertanyaan apa yang kira-kira bisa lu dapatkan dari belajar sesuatu itu? Soal belajar Bahasa Inggris misalkan, gabung challengenya BEC ato nggak, aktif di grups whatsappnya ato nggak, ya tergantung kitanya sendiri apa yang mau didapatkan di sana kan ya. Kalo ngerasa gak mendapatkan manfaat apa-apa, why wasting time? Better find something else yang lebih mendatangkan manfaat. Yakan? Tapi kalo memang ngerasa ada yang bisa didapatkan, ya silahkan atur sendiri sejauh apa mau dapet manfaatnya.

Kalo buat gw itu sih tips semangat balajar Bahasa Inggris dan hal lainnya. Ada tips yang lain?

Postingannya Mbak Yo tentang Jangan Malu Belajar Bahasa Inggris dan postingannya Deny tentang Belajar Bahasa Asing ini mungkin bisa menambah inspirasi.

Related posts:

[display-posts category=”rants-fragment, blogging-things”]

Advertisements

42 Comments

    • dani
  1. Rivanlee Anandar
  2. Arie Haryana
  3. arip

Rugi loh, habis baca gak komen! #Eh?! ;-P

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya. (^_^)

Refresh
Translate »
Want to read other posts in English in this blog?Open
+
%d blogger menyukai ini: