Terlalu Sibuk Buat Baca Buku? Baca 4 Tips Ini Dulu!

Kalo gue ditanya, ada tips membaca buku buat orang sibu gak? Gue punya BANYAK! Bahahaha. 

Ini postingan lama yang gue rewrite biar lebih masup buat pembaca baru. Dan cencunyah menyeswaikan dengan format barunya WordPress.

Entah kenapa ini postingan katanya ada masalah di AMP pagenya. Katanya tulisannya kekecilan. Jadi ya sekalian diedit aja biar jadi tulisan baru.

Tulisan ini menurut gue penting banget. Karena jaman sekarang gue orang selalu pake alasan sibuk buat gak baca buku. Tehehehehe. *trus ditabok

Makanya, tulisan ini gue perbarui biar bisa terus jadi pengingat buat gue kita semua gimana caranya tetep bisa baca buku. Gada alasan-alasan lagi sibuk trus gak bisa baca yes. Karena baca buku ini adalah salah satu bentuk untuk terus investasi ke diri sendiri.

Baca juga tulisan Gaji Kecil Gak Bisa Investasi? Alasan!

Sebelum gue lanjut dengan tulisan tips membaca buku untuk orang sibuk, cus lihat dulu versi videonya ya. Gosah protes soal muka modelnya ya! Gak bisa diapa-apain cuy! *kiss

Kalo sudah muntah-muntah gak sanggup lihat videonya, trus mau tahu tips membaca buku untuk orang sibuk langsung di bawah ini ya.

Tips Membaca Buku untuk Orang Sibuk

  1. Pilih Buku yang Beneran Disukai
  2. Temukan Waktu dan Tempat Favorit untuk Membaca
  3. Kreatiflah dengan Pembatas Buku
  4. Manfaatkan Media Sosial untuk Baca Buku

Kesimpulan: Masih Terlalu Sibuk Buat Baca Buku? Mungkin Kamu Memang Tidak Hobi Baca

Tips Membaca Buku untuk Orang Sibuk

1. Pilih Buku yang Benar-Benar Disukai

Tips Membaca Buku untuk Orang Sibuk

Tips membaca buku untuk orang sibuk yang pertama adalah sangat obvious. Ihik. Pilih buku yang benar-benar sangat disukai. Yaiyalah kan? Masa mau baca buku yang gak suka kan?

Paling gak untuk awal-awal ngebangun habit bacanya ya.

Meskipun sering kejadian, pas ke toko buku tergoda diskonan dan gratisan buku. Akhirnya malah beli buku yang gak disuka. Apalagi kalo ke pameran buku Big Bad Wolf yang rutin diadakan di BSD.

Baca juga tulisan tentang Apa yang Harus Diketahui Sebelum ke Big Bad Wolf Book BSD.

Biar cuma beli buku yang kita suka bacanya, jangan sampe kalap ya. Kalo udah kadung kalap, yang ada bukunya gak bikin semangat baca.

Gue bikinin deh panduan belanja buku sebagai bagian tips membaca buku untuk orang sibuk ini. Biar setelah belanja, buku yang dibeli adalah buku yang disuka dan bikin semangat baca.

Pilih buku yang:

  • Bukunya banyak diomongin orang, dan dapet rating bagus (ini cek di Goodreads sih. Nah kan keuntungan pake Goodreads!). Ofkors ini kalo kalian gak keberatan ya baca buku yang mainstream. Bahahaha.
  • Ditulis sama penulis favorit. Setiap orang punya penulis favorit kan? kayak Mitch Albom, Dewi Lestari, Eka Kurniawan atau penulis-penulis legenda macam Pramoedya Ananta Toer. Kalo yang nulis itu favorit kalian, bacanya juga gak bakalan males kan?
  • Bukunya menang, atau dinominasikan buat menang penghargaan nasional dan internasional. Masa sih gak bikin penasaran dan pengen terus baca buku-buku kek gini?
  • Tema yang dibahas unik dan seru. Tentunya seru untuk kalian ya. Kayak misalkan gue yang selalu tertarik dengan dunia keuangan. *eciyee.

Baca juga tulisan Review Buku The Post American World.

  • Buku yang harganya murah/diskon gila. Bahahaha. Kalo ini sih gue, buku apapun asalkan murah ya diangkut. Dibaca gak? Dibaca lah. Kan udah dibeli. 😛

Kembali ke atas

2. Temukan Waktu dan Tempat Paling Pas Buat Baca Buku

Tips membaca buku untuk orang sibuk yang ke dua adalah menemukan waktu dan tempat yang paling pas. Kalo dari video tadi kelihatan kan kapan aja gue baca buku?

Yes, waktu bangun tidur dan setiap nongkrong di toilet. 😛

Gak peduli gimana ngantuknya, gue selalu baca di toilet. Kalo pas di toilet gak baca itu rasanya kek ada yang kurang. Bahkan gue lebih rela nyari buku dulu dan nahan panggilan alam daripada masuk toilet gak bawa buku.

Begitu mulai baca, mata sepet langsung kerasa seger.

Untungnya rumah juga seuprit ya. Jadinya naroh buku dimanapun gak lama ngambilnya. Paling cuma selangkah-dua langkah dari pintu kamar mandi.

Baca juga tulisan terbaru Review Buku Hobi Jadi Bisnis.

Dengan waktu dan tempat yang paling pas buat kalian, baca akan jadi rutinitas yang nyaman. Dan kalo sudah nyaman, baca berapa banyak halaman pun gak akan kerasa.

Di kasus gue, minimal bisa 7-10 halaman buku berbahasa Indonesia atau 3-4 halaman buku berbahasa Inggris. Mayan banget kan? Bahkan akhir-akhir ini gue bisa melahap 1 bab buku berbahasa Inggris pas lagi di toilet.

Ya gak harus di toilet juga buat manteman. Mungkin ada yang seneng banget baca sebelum tidur, atau pas lagi commuting di jalan. Tiap orang kan beda-beda ya. Yang penting temukan dimana dan kapan paling enak buat baca.

Tips membaca buku untuk orang sibuk: manfaatkan Kindle dan aplikasi pembaca e-book di smartphone

Oiya, gue selalu baca buku cetak kalo pas nongkrong di toilet Tapi kalo pas lagi di jalan, nunggu atao pas lagi kondisi mobile, gue lebih suka baca ebook. Sekarang sih bacanya lewat Kindle Fire, ato kalo gadgetnya ketinggalan, gue baca lewat aplikasi Kindle atau Kobo.

Yang penting ada yang selalu bisa dibaca dan idle time gak habis sia-sia. Yakan? 😀

Baca juga tulisan Aplikasi e-book Favorit: Kindle vs Kobo.

Kembali ke atas

3. Gunakan Penanda Buku untuk Manajemen Psikologis Ketika Membaca

Gue Rangorang sih keknya selalu males kalo baca buku yang tebel ya. Padahal buku tebal itu tidak sama dengan membosankan loh.

Mungkin karena kalo baca buku tebel itu rasanya rauwis-uwis ya kayak KPR. Akibatnya, kerasa gak sempet aja kalo harus baca buku tebel. Berujung tumpukan buku tak terjamah pun semakin tinggi.

Padahal ya mana ada buku gak tebal. Kalo tipis mah catatan kasbon. *semoga ya (>.<)

Pas baca buku Pound Foolish yang isinya tentang keuangan, tebal dan berbahasa Inggris, gue dapet ide cemerlang. Jadi, pembatas buku yang panjang, gue tekuk dua. Biasanya kan dijelujurin lurus aja di dalem bukunya. ngebatasin bukunya kan. Tekuk jadi dua buat apa?

Ditekuk dua gimana?

Tips Membaca Buku untuk Orang Sibuk: Gunakan Penanda Buku

Buat ngebatesin bagian yang sedang dibaca dan bagian akhir babnya. Jadi pembatas bukunya beneran ngebatesin satu bab yang sedang dibaca aja.

Ada efeknya gak?

Ternyata kecepatan baca gue meningkat drastis!

Karena gue tahu kalo bagian yang sedang gue baca “cuma sedikit”. Paling gak enggak setebal bukunya secara total. Kalo satu bukunya 300 halaman, dengan pembatasan ini gue tahu kalo yang lagi gue baca cuma (misal) 20 halaman.

Dengan begitu gue jadi terpacu dan semangat bacanya. Begitulah yang kemudian gue terapkan pas gue baca buku sampe sekarang.

Baca juga tulisan Inspirasi Investasi dari Kata-kata Bijak Warren Buffett.

Karena dengan melihat buku yang 300 halaman, rasanya berat! Jadi gak kelar-kelar kan baca.

Untuk menyiasati rasa malas ini, buku dibagi-bagi menjadi hanya satu bab setiap baca. Meskipun tahu bukunya tebal, tapi ada potensi menyelesaikan satu bab dengan segera.

Gimana kita bisa ngakalin otak aja biar kerasanya beban yang dihadapi jauh lebih ringan. dan kita jadi gak males. Pasti ada yang udah pake tips ini kan ya? 😀

Kembali ke atas

4. Gunakan Media Sosial untuk Membaca Buku

Tips membaca buku untuk orang sibuk yang terakhir adalah pakai media sosial! Iya, pakai media sosial buat baca.

Hah? Media sosial? Ciyusan lu? Emang ada gitu baca buku lewat medsos?

Ada! daritadi udah gw sebut-sebut itu media sosialnya. Goodreads.com.

Ada yang udah pake? Add gue ya. Namanya tetep Dani Rachmat kok di sana. Ihik.

Media sosialnya bookworm ini ada aplikasinya. Appsnya ada versi Android, versi web dan versi iOSnya?

Kenapa pake Goodreads dimasukkan ke tips membaca buku untuk orang sibuk? Karena bisa meningkatkan semangat baca!

Baca juga tulisan Percuma Baca tentang Reksadana Kalo Ternyata 9 Hal Ini!

Ini cetek abis sih ya. Bahahaha.

Orang sibuk jaman sekarang kan most likely juga punya akun media sosial yang lain ya. Dan media sosial ini dipake buat pengalihan sejenak dari kesibukan dipake buat pamer kan. Ya kan?

Nah kenapa gak pake media sosial buat share pamer kegiatan baca? Bahahahahaha!

Di Goodreads ini ada beberapa hal lain selain pamer dan ngeboost semangat baca. Apa aja?

  • Bisa update progress buku yang dibaca. Dengan ini kali aja gak ada pembatas buku atau pembatas bukunya ilang, masih ketracking bacanya sudah sampe mana.
  • Lihat rating buku dan baca review buku yang akan dibaca. Review dan rating buku ini membantu banget sebelum akhirnya memutuskan buat beli bukunya. A very big help buat nyari sasaran buku baru.
  • Pamerin buku yang sedang dibaca dan udah beres bacanya. This is the ultimate-ultimate feature of the site. Bahahahaha. Fungsinya media sosial bukannya memang buat pamer? Jadi daripada membaca dalam sunyi, mending sekalian aja dipamerin. Pasti jadi semangat baca.
  • Dapet rekomendasi buku dan ikutan challenge baca. Beberapa buku yang bagus gue dapet dari rekomendasi dari pemenang Goodreads Choice Awards. Kayak misalkan The Martian yang gw baca jauh sebelum difilmkan dulu itu.
    Selain itu bisa ikutan challenge baca buku. Kita bisa set sendiri setahun menargetkan berapa banyak buku yang dibaca.
  • Ikutan giveaway dan rekomendasikan buku ke temen. Dengan ikutan giveaway bisa dapet buku gratis kan ya. 😀

Jadi kalo emang seneng baca, kalian HARUS WAJIB punya akun Goodreads. Ntar add gw yaaa 😀

Kembali ke atas

Kesimpulan: Masih Bilang Terlalu Sibuk buat Baca Buku?

Nah dengan tips membaca buku untuk orang sibuk yang sudah gue share tadi, jadi semangat baca kan? Gak ada alesan lagi kan gak ada waktu/gak sempat baca?

Hawong orang-orang sibuk dan sukses macem (mantan) Presiden Obama aja masih rajin baca dan bawa buku ke mana-mana. Yamasa orang macem kita gak ada waktu buat baca?

Kalo udah emang gak pernah baca, diakuin aja kalo emang gak hobi dan gak demen baca. #Ternuduh. Yagapapa juga, siapa tahu hobinya dengerin audiobook yang bentuk lain dari baca. 😀

Coba deh diterapkan tips membaca buku untuk orang sibuk yang sudah gue tulis dan obrolin di video awal tadi. Siapa tahu jadi keranjingan baca habis ini.

Kalo ada yang mau ditanyakan, silahkan colek gue di media sosial gue:

Twitter: @danirachmat
Instagram: @danirachmat

Atau bisa email gue ke halo@danirachmat.com.

Kembali ke atas

47 Comments

  1. April Hamsa
  2. Ipeh alena
  3. Na

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ad Blocker Detected

Saya menyajikan blog ini dan segala isinya gratis. Untuk mendukungnya, iklan ditampilkan di blog ini. Mohon dukungannya untuk mendisable ad blocker yang dipakai di bwosernya ya. Terimakasih! (^_^)

Refresh