Kategori
Business Investasi

Mau Bangun Bisnis Cepat Kaya? Sektor Ini yang Banyak Menciptakan Miliarder

Menjadi seorang miliarder bukanlah hal mudah. Orang-orang yang menyandang gelar tersebut membutuhkan waktu belasan tahun bahkan hampir menghabiskan separuh hidup untuk mendapatkannya. Salah satu cara untuk bisa mendapatkan “gelar” tersebut adalah dengan membangun bisnis cepat kaya.

Ya, tahukah kamu, kalau beberapa sektor bisnis tertentu yang telah terbukti mengantarkan seseorang menjadi miliarder hingga orang yang paling kaya di negaranya? Berikut ini beberapa sektor industri bisnis cepat kaya, pencetak miliarder terbanyak versi Forbes.

Bisnis Keuangan

Siapa yang tidak kenal Warren Buffet? Ia adalah salah satu contoh CEO yang sukses dalam sektor keuangan dan investasi. Sektor bisnis cepat kaya ini memang paling banyak digeluti oleh para miliarder di dunia. Ada sekitar 371 miliarder atau sekitar 13% dari daftar miliarder di dunia yang kekayaannya didapatkan dari sektor ini.

Sektor ini juga memang banyak digandrungi masyarakat, apalagi dengan ditambah kehadiran miliarder pendatang yang sukses di sektor ini seperti Winklevoss bersaudara yang jadi seorang miliarder karena bermain di dunia kripto.

Teknologi

Sektor teknologi juga merupakan bisnis cepat kaya yang menjadi penyumbang miliarder terbanyak kedua di dunia. Selisihnya hanya 6 orang dari sektor keuangan. Ada 365 orang yang menjadi miliarder sukses karena membangun perusahaan teknologi.

Jeff Bezos menjadi orang terkaya dalam sektor ini dengan kekayaan bersih mencapai $177 miliar. Kekayaannya sebagian besar didapatkan dari Amazon, e-commerce terbesar yang ada di dunia. Sektor teknologi memang terbukti dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Beberapa miliarder lainnya seperti Elon Musk, Bill Gates, hingga Mark Zuckerberg.

Manufaktur

Sektor manufaktur tak kalah menggiurkannya dari dua sektor bisnis cepat kaya di atas. Ada sekitar 331 miliarder yang sukses mencapai keberhasilannya di sektor ini. Fun fact: setengahnya ditempati oleh orang Tiongkok.

Posisi teratas disandang oleh perusahaan peralatan rumah tangga milik Midea Group yang dipegang oleh He Xiangjian. Anak perusahaannya sudah mencapai 200-an. Tak heran jika kekayaan bersihnya mencapai $35 miliar. Selain itu, posisi miliarder asal Inggris dimiliki oleh James Dyson yang memiliki perusahaan Dyson Ltd.

Fashion

Fashion dan ritel juga menjadi sektor bisnis cepat kaya, penghasil miliarder terbanyak di dunia berikutnya. Ada sebanyak 10% atau sekitar 273 orang miliarder dunia berasal dari sektor ini.

Bernard Arnault menjadi pemegang posisi pertama pada sektor ini. Kekayaan Arnault mencapai $150 miliar yang didapatkan dari penjualan brand high ternama di dunia seperti Louis Vuitton, Sephora, hingga Tiffany & Co.

Selain dirinya, ada Kim Kardashian seorang selebriti yang cuannya juga didulang dari sektor ini. Kim menjadi miliarder pendatang baru yang menghasil menyematkan namanya dalam jajaran miliarder di dunia tahun 2021.

Kesehatan

Sektor kesehatan tak ketinggalan menghasilkan banyak miliarder juga. Ada sebanyak 221 pengusaha dalam sektor bisnis cepat kaya ini yang masuk dalam jajaran miliarder versi Forbes 2021. Apalagi pandemik Corona yang melanda dunia kemarin sempat menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan perusahaan pada sektor ini.

Tak dipungkiri pandemi memang telah meningkatkan kekayaan pribadi para pengusaha kesehatan hingga mencapai lebih dari 100%. Jing Ren Sheng dan keluarganya berhasil menduduki posisi pertama pada sektor ini dengan kekayaan mencapai $24.4 miliar.

Bisa dibilang, bagi orang lain mungkin pandemi adalah musibah, tapi bagi Ren Sheng dan keluarganya, pandemi membawa berkah karena kekayaannya melejit hingga 221% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kekayaan tersebut didapatkan dari perusahaan produsen vaksin bernama Zhu Fei atau Chongqing ZFSW Biological Products.

Makanan dan Minuman

Manusia memang membutuhkan asupan nutrisi dari berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Oleh karena itu, sektor makanan dan minuman tak ketinggalan menjadi salah satu bentuk bisnis cepat kaya yang menciptakan banyak miliarder di dunia. Tak heran jika sektor ini banyak peminatnya mulai dari bisnis kecil hingga perusahaan besar.

Orang terkaya pada sektor ini diduduki oleh seorang miliarder asal Tiongkok bernama Zhong Shanshan dari Nongfu Spring. Dirinya sukses menjadi miliarder setelah mendirikan perusahaan minuman kemasan yang mendominasi di pasar Tiongkok.

Kekayaan yang dimiliki Shansan sekitar $68.9 miliar mengalahkan 218 miliarder lain dari bisnis makanan dan minuman. Selain dirinya, juga ada Giovanni Ferrero seorang pendiri perusahaan cokelat Nutella.

Media dan Hiburan

Era modern saat ini membuat masyarakat menggunakan media dan hiburan sebagai bagian yang tidak terpisahkan. Setidaknya ada sekitar 95 orang yang berhasil menjadi miliarder di sektor bisnis cepat kaya ini.

Michael Bloomberg menjadi salah satu orang terkaya dalam sektor ini dengan kekayaan mencapai $59 miliar karena mendirikan media Bloomberg LP.

Diversifikasi

Sektor diversifikasi tak ketinggalan mencetak para miliarder karena membuat variasi produk, usaha, dan jenis aset untuk mengurangi risiko. Bisnis cepat kaya ini dilakukan untuk meningkatkan income karena produk yang dijualnya sangat beragam.

Di Indonesia sendiri, bisnis diversifikasi dilakukan oleh Sinar Mas Group. Sedangkan di dunia jumlah miliarder pada sektor ini mencapai 188 orang. Mukesh Ambani salah satu orang yang paling sukses dalam bidang ini karena mendirikan Reliance Industries dengan jumlah kekayaan mencapai $84,5 miliar.

Nah, setelah mengetahui sektor-sektor bisnis cepat kaya yang sukses mengantarkan seseorang menjadi miliarder di dunia, kira-kira kamu tertarik di sektor mana nih? Kalau begitu, segera siapkan bisnis plan yang strategis, mulai dari persiapan hingga manajemen risikonya. Pasalnya, mau bangun bisnis apa pun, persiapan dan strategi yang baik adalah koentji!

Nggak perlu takut bermimpi. Karena kalau mimpi itu tak sampai menakutkanmu, berarti mimpi itu belum begitu besar.

Satu tanggapan untuk “Mau Bangun Bisnis Cepat Kaya? Sektor Ini yang Banyak Menciptakan Miliarder”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version