Kategori
Business Investasi

8 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga untuk Tahun 2023

Ide bisnis ibu rumah tangga mungkin menjadi salah satu hal yang paling dicari di awal tahun ini. Ya mungkin ada kaitannya dengan banyaknya orang yang menyebutkan “mulai bisnis” sebagai salah satu resolusinya. Tak ketinggalan para ibu rumah tangga. Betul?

Menjalankan bisnis sambil mengurus rumah tangga memang bukanlah hal yang mudah. Namun, bukan berarti hal ini mustahil untuk kamu coba, ya. Terdapat banyak usaha sampingan dan ide bisnis ibu rumah tangga dengan modal kecil akan tetapi mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Apa saja ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa dicoba? Temukan ide bisnis tersebut dalam ulasan di bawah ini, ya.

Rekomendasi dan Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Dapat Kamu Coba

Berikut adalah beberapa ide bisnis ibu rumah tangga yang dapat kamu coba di tahun 2023.

1. Katering

Ide bisnis ibu rumah tangga yang satu ini patut kamu coba, lho. Usaha katering masakan rumahan hanya membutuhkan modal kecil, namun keuntungannya bisa berlipat.

Kamu bisa menyajikan masakan rumahan dalam satu paket box, yang berisi nasi, sayur, lauk-pauk, dessert, dan air mineral. Kamu juga bisa menambahkan buah dalam satu paket box tersebut.

Biasanya bisnis katering ini menyasar kepada pekerja kantoran, ibu-ibu komplek yang mengadakan acara seperti pengajian, arisan, lamaran, dan lain sebagainya.

Jika usaha kateringmu ini berkembang pesat, kamu juga bisa memasarkannya untuk pesta pernikahan serta pesta besar lainnya.

Kembali ke atas

2. Jualan Bumbu Siap Masak

Kamu jago masak dan ingin meraih keuntungan dari keahlianmu itu? Menjual bumbu siap masak pun bisa menjadi ide bisnis ibu rumah tangga yang patut kamu coba di tahun 2023 ini.

Peluang usaha menjual bumbu siap masak ini cukup potensial, lho. Umumnya, konsumen dari usahamu ini bisa berasal dari kalangan ibu rumah tangga yang gemar memasak namun tidak memiliki waktu yang cukup untuk membuat bumbu.

Kamu bisa menjual bumbu putih, bumbu kuning, bumbu merah dan berbagai jenis bumbus siap pakai lainnya. Menarik bukan?

Kembali ke atas

3. Bisnis Frozen Food

Bisnis frozen food juga bisa menjadi alternatif ide bisnis ibu rumah tangga, lho. Untuk memulai berbisnis frozen food ini, kamu tidak perlu memulainya dengan skala besar. Yang pasti, kamu bisa membuat bisnis plan dulu dengan lengkap.

Sebagai permulaan, kamu bisa menggunakan kulkas untuk menyetok frozen food yang akan dijual. Sekiranya jika usaha kamu sudah mulai berjalan, gunakan keuntungan yang kamu dapat untuk upgrade peralatan terlebih dahulu. Kamu bisa memikirkan untuk membeli box pendingin dan mulai membeli lebih banyak variasi produk frozen.

Kembali ke atas

4. Membuka Jasa Dropshipper

Pernahkah kamu mendengar jasa dropshipper? Dropshipper ini adalah usaha yang menjadikanmu pihak ketiga. Kok bisa? Iya, jadi kamu hanya perlu memasarkan produk di marketplace maupun media sosial. Kemudian, kamu hanya perlu menunggu konsumen memesan barang yang telah dipasarkan.

Saat pesanan tersebut sudah kamu terima, kamu hanya perlu mengontak supplier. Sebenarnya, bisnis ini cukup identik dengan reseller, akan tetapi dalam membuka jasa dropshipper ini kamu tidak perlu menyetok barang dari supplier. So, kamu tidak perlu mengecek stok barang, pengemasan, dan pengirimannya. Semuanya sudah menjadi urusan dari si supplier. Mudah bukan?

Kembali ke atas

5. Hampers

Menjadi ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan dalam membuat bingkisan? Bisnis hampers ini akan cocok untuk kamu coba di tahun 2023 ini.

Permintaan hampers atau bingkisan biasanya cukup tinggi ketika perayaan hari besar keagamaan atau hari-hari besar tertentu. Selain mendapatkan keuntungan, kamu bisa menyalurkan ide kreatifmu saat berkreasi dalam mengemas bingkisan-bingkisan tersebut, lho. Menarik bukan?

Kembali ke atas

6. Menjual Tanaman Rumahan

Selain menjadi hobi, merawat tanaman rumahan juga bisa mendatangkan cuan, lho.

Jika kamu sudah terampil dalam merawat dan mengembangbiakkan tanaman rumahan, kamu bisa menjual tanaman-tanaman tersebut kepada pecinta tanaman. Kamu bisa memasarkan tanaman-tanaman yang kamu rawat melalui media sosial maupun marketplace.

Kembali ke atas

7. Membuka Jasa Cuci Pakaian

Jasa cuci pakaian atau laundry juga dapat menjadi ide menarik untuk usaha sampingan. Terlebih lagi, bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan.

Untuk membuka usaha ini pun kamu tidak memerlukan modal yang besar. Kamu bisa membeli satu mesin cuci dan melakukan ekspansi jika memang kamu melihat potensi pada usahamu.

Kembali ke atas

8. Menjadi freelancer

Ide bisnis ibu rumah tanngga yang terakhir yang dapat kamu coba adalah menjadi freelancer atau pekerja lepas. Yes, ini juga salah satu bisnis mandiri lo! Disebutnya solopreneur.

Umumnya jenis usaha ini memerlukan keahlian tertentu, seperti desain grafis, video editing, writing, digital marketing, dan masih banyak lagi. Dengan menjadi pekerja lepas atau freelancer, kamu tidak hanya akan mendapatkan keuntungan finansial, namun kamu juga dapat mengasah hard skill yang dimiliki.

Itulah beberapa ide bisnis ibu rumah tangga yang dapat kamu coba di tahun 2023. Jika kamu memiliki ide bisnis ibu rumah tangga lainnya, silakan berbagi di kolom komentar, ya. Selamat mencoba!

Kembali ke atas

Jangan lupa untuk follow akun Instagram Dani Rachmat ya, untuk berbagai tip keuangan dan investasi yang praktis dan bisa dipraktikkan sendiri. Juga berlangganan newsletter dengan melakukan registrasi di sini, yang akan dikirimkan setiap bulan berisi berbagai update dan tren di dunia keuangan. Jangan sampai ketinggalan berita!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version