Kategori
Investasi

Cara Investasi Properti untuk FIRE dengan Bujet Terbatas: Tip untuk Investor Baru

Ada banyak jalan ke Roma. Begitu juga ada banyak jalan menuju FIRE. Salah satunya yang bisa kamu coba adalah dengan cara investasi properti.

Well, ini sebenarnya adalah salah satu jenis aset yang memang banyak direkomendasikan sih, kalau kamu adalah seorang pejuang FIRE. Pasalnya, properti tuh paling efektif untuk meng-generate income secara pasif, yaitu dari sewanya.

Nah, tinggal mau bentuknya kayak gimana, baru deh kamu bisa membuat rencana keuangan dengan target investasi properti ini.

Cara Investasi Properti untuk FIRE

Investasi properti bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mencapai Financial Independence, Retire Early alias FIRE. Tapi memang butuh trik dan strategi yang cerdas, terutama kalau kamu memiliki bujet yang terbatas.

Baca juga: Strategi Investasi untuk Mencapai Tujuan FIRE dan Pilihannya

Berikut adalah beberapa tip dan cara investasi properti yang bisa kamu pertimbangkan sebagai investor baru.

1. Belajar Dulu

Kalau kamu baru mau mulai terjun ke investasi properti sebagai strategi FIRE, yang pertama perlu kamu lakukan adalah belajar dulu. Banyak banget hal yang perlu dipahami dari cara investasi properti yang bener ini. Mulai dari jenis-jenis properti yang ada, gimana sih kondisi pasar properti di daerahmu, dan cara menghitung untung ruginya investasi properti.

Untuk belajar, kamu bisa mulai dari yang paling gampang diakses, kayak baca-baca buku, mengikuti kursus online, follow akun-akun yang tepat, dengerin podcast, atau ikutan seminar. Sumber-sumber ini banyak, dan bisa banget membantu kamu dapetin gambaran awal sebelum benar-benar melabuhkan dana untuk investasi.

2. Mulai dengan yang Kecil

Kalau dana kamu pas-pasan tapi pengin tahu cara investasi properti yang benar untuk strategi FIRE, kamu bisa coba dulu sama yang kecil-kecil. Misalnya, beli apartemen studio atau yang satu kamar tidur. Selain lebih murah dari segi harga, biaya perawatannya juga enggak seberat properti yang lebih gede.

Jadi, ini bisa jadi langkah awal yang bagus buat kamu yang masih belajar sambil mengelola risiko. Lumayan kan, buat pengalaman pertama tanpa bikin kantong jebol.

Alternatif lain, kamu bisa coba crowdfunding. Tapi hati-hati ya. Seperti poin pertama di atas, kamu kudu mempelajari dulu gimana cara kerjanya, risiko dan keuntungannya, dan hal-hal lain yang sekiranya bisa memengaruhi hasilnya nanti.

3. Lokasi yang Menentukan

Memilih lokasi properti itu krusial banget dalam cara investasi properti. Ingat, lokasi oke bisa bikin nilai sewa dan jual propertimu naik.

So, carilah tempat yang strategis, perhitungkan fasilitas umum dan favorit yang ada di sekitarnya. Misalnya dekat universitas, pusat bisnis, mal, jalan tol, atau area yang lagi berkembang. Lokasi semacam ini biasanya laris manis karena banyak yang butuh tempat tinggal atau usaha di sana.

Jadi, sebelum beli, cek dulu deh, apa aja sih yang ada di sekitar lokasi itu. Lokasi yang strategis ini bakal jadi poin plus buat investasi propertimu di masa depan.

4. Manfaatkan Pinjaman

Memanfaatkan leverage finansial atau pinjaman untuk properti ini semacam main katrol, bisa bantu mulai investasi dengan modal yang lebih kecil. Ibaratnya, kamu bisa beli properti yang nilai jualnya lebih tinggi dengan duit muka yang lebih ringan.

Tapi ingat, ini juga bisa meningkatkan risiko. Kayak, kalau pasar properti lagi jelek atau kamu belum bisa menyewakan tempatnya karena satu dan lain hal, cicilan akan tetap berjalan dan bisa berpengaruh ke cash flow kamu.

Jadi, sebelum melakukan cara investasi properti dengan memanfaatkan leverage, pastikan dulu kamu mendapatkan syarat kredit yang masuk akal dan cicilannya enggak bikin cash flow tercekik. Pokoknya, hitung-hitungan harus matang biar investasi kamu aman dan bisa untung lebih gede.

5. Renovasi untuk Mengangkat Nilai

Kalau kamu mau nilai investasi propertimu bertambah, coba deh cari properti yang butuh sedikit renovasi. Properti kayak gini biasanya harganya lebih miring, dan setelah kamu benahi, harganya bisa naik lumayan.

Misalnya, cat ulang, pasang lantai baru, atau perbaiki kamar mandi. Renovasi ini enggak hanya bisa menaikkan nilai jual aja, tetapi juga nilai sewanya. Jadi, dengan modal renovasi yang relatif enggak terlalu besar, kamu bisa mendapatkan pengembalian investasi yang lebih oke. Plus, properti yang udah direnov bisa lebih menarik bagi calon penyewa atau pembeli.

6. Diversifikasikan

Kalau kamu udah mulai nyaman dengan investasi properti, jangan cuma nempel di satu tempat saja. Cobain diversifikasi, alias sebar-sebar investasimu ke beberapa properti atau bahkan jenis investasi lain, seperti saham atau reksa dana.

Kenapa? Karena dengan men-spread risiko kamu ke berbagai tempat, kalau satu investasi lagi nggak berjalan lancar, masih ada yang lain yang bisa nutup. Jadi, investasimu jadi lebih aman dan peluang untuk untung juga lebih besar. Ini penting banget biar portofolio investasimu sehat dan tumbuh stabil.

7. Segera Bikin Rencana Keuangan

Nah, kalau kamu serius pengin capai tujuan FIRE dengan cara investasi properti, kamu harus punya rencana keuangan yang detail banget. Mulai dari berapa uang yang bisa kamu dapet dari sewa, sampai berbagai biaya yang mungkin keluar, seperti pajak, biaya perbaikan, dan biaya operasional lainnya.

Catat semua ini di satu tempat yang gampang kamu pantau. Pastikan juga anggaranmu nggak meleset dari target keuangan kamu.

Dengan rencana keuangan yang jelas, kamu bisa lebih mudah mengontrol arus kas dan melihat seberapa dekat kamu dengan mimpi untuk bisa pensiun lebih awal.

8. Sabar

Di dunia investasi properti, sabar dan konsisten itu kunci. Pasar properti itu up and down, enggak selalu stabil kayak yang dibilang orang-orang. Jadi, kalau mau sukses, ya harus bisa tahan banting.

Terutama nih, jangan buru-buru jual properti kalau lagi turun harganya, atau panik juga pas lagi naik. Stick to the plan! Ikuti strategi investasi yang udah kamu rancang dari awal.

Misalnya, kamu udah niat beli properti di lokasi yang lagi berkembang, lanjutkan aja meski pasar lagi enggak terlalu bagus. Dengan tetap konsisten dan sabar, kamu bisa lihat hasilnya nanti. Dan ingat, ini bukan sprint, tapi maraton. Jadi, jalani dengan tenang dan konsisten.

Dalam perjalanan menuju FIRE, cara investasi properti bisa jadi salah satu pilihan strategis yang menjanjikan.

Dengan pemahaman yang bener, perencanaan keuangan yang detail, dan pendekatan yang sabar serta konsisten, kamu bisa membangun portofolio investasi yang enggak hanya menghasilkan pendapatan pasif tetapi juga meningkatkan kekayaanmu secara signifikan.

Ingat, kunci untuk mencapai FIRE bukan hanya seberapa cepat kamu menghasilkan uang, tetapi seberapa bijak kamu mengelola dan mengembangkannya. Dengan tetap fokus pada tujuan akhir dan mengadaptasi strategi yang sesuai dengan kondisi pasar, kamu bisa mencapai kebebasan finansial dan menikmati masa pensiun yang lebih awal dan nyaman.

Baca juga: Social Crowdfunding: Jenis Fintech Pembiayaan Gotong Royong

Mau tahu bagaimana merencanakan FIRE dan membangun aset 300 kali gaji dengan lebih detail? Kamu harus banget punya buku ini. Kamu bisa baca dan belajar secara fleksibel, dan dapatkan insight lebih detail mengenai konsep FIRE.

Sudah bisa dibeli di toko-toko buku di kota-kota besar di Indonesia! Get your copy now!

Jangan lupa untuk follow akun Instagram Dani Rachmat ya, untuk berbagai tip keuangan dan investasi yang praktis dan bisa dipraktikkan sendiri. Juga berlangganan newsletter dengan melakukan registrasi di sini, yang akan dikirimkan setiap bulan berisi berbagai update dan tren di dunia keuangan. Jangan sampai ketinggalan berita!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version