Kategori
Business

Cara Mendapatkan Uang di Internet dengan Modal Minim Bahkan Nyaris Nol

Cara mendapatkan uang di internet bisa dengan berbagai hal. Hari gini gitu loh, memang kita bisa mendapatkan penghasilan dari mana saja. Asal mau berusaha dan sedikit kreatif.

Apalagi di masa sekarang, ya kan? Di masa-masa rentan, kritis, ketika sebagian besar dari kita terancam penurunan penghasilan, bahkan sampai kehilangan pekerjaan. However, the show must go on. Meski penghasilan tersendat, yang namanya kebutuhan enggak bisa ditunda. Setuju kan ya?

So, salah satu alternatif solusi yang bisa kita lakukan di masa-masa seperti ini adalah mencoba cara lain untuk mendapatkan penghasilan. Dari internet, misalnya.

Dengan perkembangan internet di masa sekarang, membuka peluang selebar-lebarnya pada kita untuk berani mencoba berbisnis mandiri. Dari modal kecil, bahkan nyaris nol juga mungkin.

Kok nyaris? Memangnya nggak ada yang tanpa modal? Well, ya, sebenarnya ini tergantung dari mana kita melihatnya sih. Menurut saya, ya usaha tanpa modal sama sekali itu ya nggak ada. Misal pun mau jadi dropshipper (kita akan bahas juga nih nanti), seenggaknya kita juga mesti modal handphone buat jualan dan kuota. Iya kan? Itu kan juga modal.

Misalnya lagi, mau usaha jadi penulis lepas. Ya mesti punya laptop, atau seenggaknya smartphone, buat nulis. Emang ada klien yang terima naskah artikel atau tulisan apa pun yang ditulis tangan di kertas folio? Itu aja juga modal bolpen sama kertas folionya toh?

So, mari sepakati sahaja dulu dalam artikel ini, bahwa usaha tanpa modal itu kemungkinan besar banget enggak akan ada. Nyaris nol, ada. Gitu aja dulu ya. Kalau mau ajak gelud, boleh nanti colek saya di pengkolan #ehgimana.

Nah, buat kamu yang sekarang lagi cari-cari cara mendapatkan uang di internet, coba simak beberapa ide berikut. Siapa tahu bisa kasih kamu inspirasi.

Kamu bisa lihat dulu di daftar isi. Mau baca yang menarik saja, bisa. Atau mau baca semuanya, itu lebih baik.

5 Cara Mendapatkan Uang di Internet Nyaris Tanpa Modal (Dan Halal)

1. Content Creator

Zaman sekarang, profesi conten creator enggak bisa dianggap remeh, tapi juga bukan sesuatu yang mudah. Butuh ekstra kerja keras jika kamu memilih hal ini sebagai cara mendapatkan uang di internet.

Ada beberapa jenis content creator yang bisa memberimu peluang untuk mendapatkan penghasilan.

>> Youtuber

Baim Wong pernah dinyinyirin karena beralih profesi menjadi Youtuber, salah satunya dianggap karena nggak laku main di sinetron lagi. Turns out, Baim Wong bisa menerima penghasilan sampai belasan miliar per bulan hanya dari menjadi Youtuber. Mau ngomong apa kalian?

Tapi ya gitu, memproduksi video yang unik, menarik, dan disukai orang banyak itu bukan hal gampang. Apalagi ini setiap hari loh, ada beberapa video yang diunggah. Butuh tim, pastinya juga. Tapi, bukan hal yang mustahil untuk dilakukan.

Nggak perlu langsung berpenghasilan kayak Baim Wong kan. Kamu bisa mulai dengan target minimal dulu. Setidaknya, capailah 1000 subscribers dulu, dengan play time yang sesuai ketentuan agar bisa dimonetisasi. Pikirkan ide konten dengan saksama, dan buat kontennya dengan serius.

>> Bloger

Di blog ini, sudah sempat dibahas mengenai cara mendapatkan uang dari blog. Kamu bisa baca (lagi) deh. Kayaknya sudah dituliskan secara lengkap banget, dari sisi mana saja kita bisa mengoptimalkan blog agar kemudian bisa mendatangkan penghasilan.

>> Podcaster

Membuat konten dalam bentuk podcast sekarang juga bisa menjadi pilihan cara mendapatkan uang di internet. Utamanya, buat kamu yang memang bertalenta cuap-cuap bak penyiar radio.

Kamu bisa mengunggah podcastmu agar bisa didengarkan oleh orang-orang melalui streaming berlangganan, misalnya di Spotify.

>> Influencer

Jika kamu memang punya follower yang banyak, kamu juga bisa memanfaatkan peluang mendapatkan uang dengan menjadi influencer di media sosial. Mulai dari Twitter, Instagram, bahkan sampai TikTok.

Sekali lagi, kreativitasmu dalam mencari ide konten sangatlah penting. Juga keterampilanmu dalam mengolah, pun mengelola akun, membangun interaksi dengan follower dan juga konsistensimulah yang akan menentukan kesuksesanmu mendapatkan uang sebagai influencer di media sosial.

Kembali ke atas

2. Desainer

Sebagai desainer, kamu juga bisa mengambil peluang ini sebagai cara mendapatkan uang di internet. Mulai dari desain grafis, sampai desain web.

Meskipun sekarang sudah ada Canva dan PicsArt yang memungkinkan setiap orang untuk bisa self-claimed sebagai desainer, tapi yang namanya skill dan taste itu enggak bisa bohong. Banyak pihak yang butuh skill desainer ‘betulan’ untuk membantu mereka. Jadi, jika memang kamu punya passion di bidang ini, pun punya latar belakang pendidikannya, tak tertutup peluang bagi kamu untuk menekuninya.

Kembali ke atas

3. Jualan Barang Online

Salah satu cara mendapatkan uang di internet yang paling old school, tapi terbukti masih jitu adalah jualan online.

Nah, tinggal barang yang dijual saja sih yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan orang-orang zaman sekarang. Pilihannya makin banyak, bahkan sampai barang yang “tak berwujud” sekalipun. Misalnya saja mulai dari jualan baju, makanan, camilan, buku, stok foto dan video footage, sampai jualan ebook.

Untuk jualan barang yang ada fisiknya, kamu bisa coba dengan sistem dropshipper jika pengin mulai dari modal nyaris nol. Karena yang kamu perlukan hanya handphone, buat posting-posting produk jualanmu di media sosial atau marketplace, buat terima pesanan, dan buat ngehubungin supplier jika ada pemesanan. Jangan lupa kuotanya.

Dengan sistem dropshipper, kamu nggak perlu nyetok barang jualan. Kamu berperan sebagai marketing aja, jual-jualin deh produknya ke channel mana pun yang kamu punya. Ketika ada pemesan, baru kamu pesankan ke produsen ataupun supplier yang kemudian mereka akan kirim barang pesanan atas namamu.

Kalau kamu mau nyetok dulu juga bisa, nama sistem jualannya reseller. Nggak harus produksi sendiri kan? Kamu tinggal ambil saja barang produksi orang, beli dengan harga grosir, lalu jual lagi dengan harga eceran yang biasanya marginnya bisa lebih tinggi.

Banyak peluang bisa diambil dengan berjualan online. Modal besarnya cuma satu: nggak usah malu, tapi berjualanlah dengan etika.

Kembali ke atas

4. Jualan jasa online

Nah, sebenarnya desainer tadi juga termasuk di cara mendapatkan uang di internet yang keempat ini sih, yaitu dengan menawarkan jasa secara online.

Selain menjadi desainer, sekarang juga terbuka peluang untuk menjadi virtual assistant, penulis lepas untuk keperluan konten website, copywriter, admin media sosial, hingga kamu juga bisa menawarkan jasa menjadi pengajar kelas online. Sesuaikan dengan keahlianmu. Kalau memang dibutuhkan orang banyak, kursus online kamu pasti laku keras.

Kembali ke atas

5. Membuat aplikasi

Selama pandemi, penggunaan perangkat mobile juga mengalami peningkatan loh! Banyak pihak juga butuh mengembangkan aplikasi mobile demi meningkatkan penjualan, melejitkan bisnis, dan tujuan lainnya.

Atau kamu juga bisa mengembangkan sendiri aplikasi independenmu. Bikin games, atau tools untuk self help. Google membuka kesempatan luas untuk siapa pun bisa bergabung menjadi developer aplikasi mobile, ya tentunya dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi ya.

Kembali ke atas

Kesimpulan

Masih banyak peluang dan cara mendapatkan uang di internet lain yang bisa kamu cari. Sejatinya, dunia internet itu memang luas banget. Bahkan, kayaknya sih lebih luas dari dunia nyata, karena kamu jadi nggak terbatas waktu dan ruang untuk menjelajahinya.

So, ini peluang bagus. Banyak tip keuangan yang bilang, bahwa kita harus mengamankan aset, mendiversifikasikan portofolio, manajemen risiko investasi, dan seterusnya, tetapi, banyak yang lupa, bahwa kita juga harus mengamankan penghasilan dengan memiliki pintu yang lain. So, anggap saja ini sebagai reminder buat kamu untuk berusaha lebih baik lagi.

Kembali ke atas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *