Kategori
Crypto Investasi

6 Cara Menjual NFT biar Cepat Laku

NFT saat ini sedang populer dan menjadi topik menarik untuk diperbincangkan. Bagaimana tidak? Peminatnya semakin hari kian bertambah hingga bermunculan banyak kreator NFT yang berlomba-lomba membuat karya untuk  dijual di NFT marketplace. Lantas, bagaimana cara menjual NFT biar cepat laku?

Yuk, simak tip berikut ini.

Promosi NFT lewat Media Sosial

Zaman sekarang siapa sih yang tidak punya akun media sosial? Nah, cara menjual NFT paling mudah melalui sosial media ini bisa kamu lakukan dengan mempromosikannya melalui Instagram, Facebook, Quora, Twitter, dan media sosial lainnya.

Media sosial terbukti mampu menarik perhatian orang-orang terdekat. Apalagi jika kamu aktif dalam sebuah grup NFT di media sosial. Biasanya, banyak yang akan memberikan respon atau komentar terkait postingan kamu dalam menjual NFT. Minimal ada pertanyaan yang dilontarkan di kolom komentar.

Jika kamu mempromosikan lewat Instagram, pamerkan portofolio NFT yang kamu miliki seperti yang sudah kamu unggah di marketplace NFT. Sementara jika melalui Twitter, sisipkan hashtag jual NFT untuk memaksimalkan penjualan NFT. Sebenarnya, beberapa marketplace NFT sudah ada yang memberikan fasilitas promosi aset digital yang sudah diunggah melalui media sosial pemilik karya tersebut. Caranya cukup menyertakan link menuju akun media sosial pemiliknya.

Kembali ke atas

Buat Deskripsi NFT yang Unik

Jangan sepelekan deskripsi NFT!

Seorang pria bernama Ulbricht berhasil menjual NFT pertamanya yang berjudul Perspective seharga 6,2 juta dollar dengan karya gambar sketsa pensil karena deskripsi yang menarik dan menjelaskan bagaimana dirinya mendapatkan inspirasi dari pengalamannya di penjara.

Deskripsi secara tidak langsung punya peran penting dalam menjual NFT. Calon pembeli bisa tertarik, tergugah, atau terdorong untuk mengetahui karya NFT kamu lebih dalam. Maka dari itu, buatlah deskripsi yang menarik dengan membuat latar belakang atau membagikan cerita unik di dalamnya.

Ingat, deskripsi tidak harus dibuat panjang. Kamu bisa membuat satu atau dua kalimat saja dengan tulisan singkat, yang penting didalamnya sudah mewakili kejadian menarik saat proses pembuatannya.

Kembali ke atas

Jangan Andalkan Satu Marketplace Saja

Umumnya, banyak para kreator pemula hanya mengunggah NFTnya di satu marketplace. Hal ini merupakan kesalahan yang sering terjadi. Cara menjual NFT paling mudah bisa dengan mengunggah karya NFT di berbagai jenis marketplace. Jadi, nantinya akan semakin tinggi peluang untuk NFT dilirik kolektor karena audiens tiap marketplace biasanya berbeda-beda.

Sebelum mengunggah di berbagai NFT, kamu harus mencari tahu dulu persyaratan pada marketplace tersebut, khususnya dalam transaksi jual beli. Kamu bisa mencoba marketplace populer seperti OpenSea yang menjadi pasar terbaik dalam perdagangan aset digital NFT, Rarible yang bisa digunakan untuk menjual aset kripto dalam bentuk apapun, hingga Super Rare yang merupakan marketplace untuk menjual karya seni digital unik, otentik, dan juga dicetak dalam edisi tunggal.

Kembali ke atas

Gunakan Iklan Berbayar

Jika proyek NFT yang kamu miliki terbilang besar, menggunakan promosi berbayar bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang mengandalkan gabungan antara promosi konvensional dengan promosi jenis ini. Promosi berbayar punya kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki dari yang gratis, ada program khusus yang nantinya melibatkan periklanan di beberapa situs web dan juga media sosial.

Namun, promosi jenis ini tentu akan memakan biaya. Oleh karena itu kamu harus Menyusun konsep iklan yang kuat dan persuasive agar mendapatkan feedback yang bagus dan efektif. Bangunlah cerita yang unik sebagai deskripsi NFT yang akan disematkan dalam iklan tersebut. Kalau bisa, buat orang penasaran hingga mencari tahu lebih dalam tentang NFT kamu.

Kembali ke atas

Gunakan Kepopuleran Teman atau Influencer

Saat ini popularitas menjadi salah satu hal yang mudah didapatkan. Jika kamu sebelumnya memiliki teman yang berpengaruh di sekitarnya, seperti punya sejumlah penggemar atau skills tertentu sehingga punya audiencenya sendiri. Tidak ada salahnya untuk meminta tolong kepada mereka mempromosikan karya NFT kamu.

Kamu juga bisa menggunakan seorang influencer yang memang sudah terkenal punya banyak penggemarnya. Strategi ini bisa menjadi alternatif iklan berbayar versi low budget dengan peluang keberhasilan yang juga menjanjikan karena promosi bisa dilakukan dengan menghemat biaya.

Kembali ke atas

Gabung dengan Komunitas

Komunitas bisa menjadi salah satu cara yang efektif dalam menjual NFT kamu. Cobalah untuk bergabung dengan komunitas NFT di berbagai media sosial mulai dari Discord, Telegram, Quora, atau Facebook yang biasanya banyak aktivitas jual belinya.

Melakukan promosi di komunitas terkadang lebih efektif karena didalamnya merupakan target pasar yang sesuai dengan produk digital yang kamu jual. Bahkan, tak jarang juga banyak yang menjual sesuatu melalui komunitas dengan harga di atas rata-rata pasaran karena mereka lebih menghargai produk yang dijual dan paham akan sebuah karya seni.

Namun, tentu saja kamu harus aktif terlebih dahulu dalam komunitas tersebut. Jangan baru bergabung tapi sudah langsung buka lapak. Memang tidak ada salahnya sih, tapi lebih baik membangun relasi terlebih dahulu bukan?

Bagaimana? Siap untuk jualan sekarang?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version