Kategori
Dana Pensiun Perencanaan Keuangan

Dana Pensiun yang Kuat Sebaiknya Disimpan di Instrumen Investasi Apa Ya?

Menjalani masa pensiun dengan tenang tanpa memikirkan masalah keuangan barangkali jadi cita-cita banyak orang, ya kan? Tapi, masalahnya, gimana cara mempersiapkan dana pensiun yang bisa dijamin kecukupannya untuk bisa hidup tenang begitu? Yeah, beberapa di antara kita merasa tujuan tersebut sulit untuk dicapai. Padahal ya seperti kata pepatah, “Banyak jalan menuju Roma”; ada banyak cara […]

Kategori
Dana Pensiun Perencanaan Keuangan

Dana Pensiun: Mengapa Kita Perlu Menyiapkannya Sejak Dini

Pensiun merupakan masa ketika seseorang telah mencapai usia tertentu dan diharuskan untuk berhenti bekerja. Di satu sisi, rencana pensiun ini cukup dinanti oleh sebagian orang, karena akhirnya mereka bisa beristirahat dan menikmati masa tua bersama keluarga. Namun di sisi lain nih, masa pensiun ini  akan mendatangkan kekhawatiran lho. Terutama soal dana pensiun. Ya, kekhawatiran kebanyakan […]

Kategori
Dana Pensiun Deposito Investasi ORI-SukRi Perencanaan Keuangan Reksadana

Pilih Mana Antara Investasi Obligasi Ritel, Deposito dan Reksadana?

Dengan diluncurkannya Sukuk Ritel SR-009 penting untuk mengetahui bagaimana memilih sukri, deposito atau reksadana.

Kategori
Deposito Inspirasi Investasi Kamus Keuangan Perencanaan Keuangan

{Seri Istilah Keuangan} Suka Banget Deposito, Sudah Paham Istilah-Istilah Ini?

Istilah penting terkait deposito perlu untuk dipahami secara mendalam agar tidak mengalami kerugian menyimpan dana di instrumen yang aman.

Kategori
Investasi Keluarga Perencanaan Keuangan

Diskusi dengan Pasangan yang Penting untuk Dilakukan

Apa saja sih diskusi dengan pasangan yang penting dan harus dilakukan? Gue kepikiran ini sambil nonton Flower of Evil. Drama yang intinya lu gak kenal siapa pasangan lu kan? Hahaha! Trus jawaban-jawaban respon yang masuk di story IG gue lumayan mencengangkan! Bahahaha! Jadi, tulisan lama ini gue edit ulang dah. Biar relevan sama keadaan sekarang. […]

Kategori
Dana Pendidikan Perencanaan Keuangan

7 Kesalahan Perencanaan Dana Pendidikan Anak yang Membuatnya Jadi Kurang Maksimal

Bicara tentang mempersiapkan pendidikan anak, maka pastinya kita akan merencanakan dan mengumpulkan dana pendidikan anak terlebih dahulu. Hal tersebut sangatlah penting karena kita sebagai orang tua mestinya bertanggung jawab atas masa depan anak kita.  Pendidikan merupakan hak anak-anak yang wajib dipenuhi oleh orang tua mana pun. Maka dari itu, tak jarang juga jika para orang […]

Kategori
Dana Pendidikan Perencanaan Keuangan

Step by Step Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Sebagai orang tua, sudah jadi kewajiban kita untuk memikirkan masa depan anak. Salah satunya dengan merencanakan dana pendidikan anak sejak dini, sehingga kita bisa mengatur rencana keuangan kita nantinya. Adanya inflasi membuat biaya pendidikan naik setiap tahun, pada umumnya sekitar 10% hingga 20%. Karenanya, penting banget untuk menyiapkan dana pendidikan anak ini sejak dini selengkap […]

Kategori
Dana Pendidikan Perencanaan Keuangan

Mengapa Kita Perlu Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini?

Ada yang pernah mengalami dihukum guru karena nunggak uang SPP? Nunggaknya karena memang belum dikasih uang sama ortu, bukan nunggak karena duit SPPnya malah dipake buat beli Tamiya ya. Lah, Tamiya. Ketauan angkatannya. Kalian sadar nggak, mungkin sebabnya kalian nunggak SPP adalah karena ortu tak siap dengan dana pendidikan anaknya? Ya, itulah yang sering terjadi […]

Kategori
Dana Darurat Perencanaan Keuangan

Membangun Dana Darurat di Tengah Krisis

Dampak pandemi virus corona atau COVID-19 ternyata panjang ya, bahkan semakin meluas dan jumlahnya terus meningkat, perekonomian dunia termasuk Indonesia juga melambat.  Resesi ekonomi terjadi, meski sebagian besar—termasuk kita—sekarang sudah mulai recovery. Pertanyaannya: sampai kapan recovery-nya? Bisa jadi, prosesnya lebih panjang daripada saat resesi. Artinya, ketidakpastian belum kelihatan hilalnya sampai kapan berakhir. Jadi, apakah kamu […]

Kategori
Dana Darurat Perencanaan Keuangan

4 Instrumen Dana Darurat yang Bisa Kamu Pilih

Untuk kamu yang sudah bekerja, pastinya mempunyai dana darurat sudah menjadi suatu keharusan. Ya kan? Meskipun kamu masih pemula dalam dunia kerja, kamu harus tetap punya dan disimpan di instrumen dana darurat yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sepele yah kedengarannya? Eits, jangan salah, Ferguso! Dana darurat ini sangatlah penting untukmu, karena dana ini bisa menjadi alternatif […]