Kategori
Blogging Things

Dandanin Blog (Biar Rame)

Ada berbagai macam cara buat naikin traffic blog buat yang tujuannya memang mencari traffic. Salah satunya menurut pengalaman gw dengan memakai themes yang tepat. Blog ini baru ganti theme. Kenapa sih gw trus kemudian ganti theme ini dan apa aja istimewanya tampilan blog danirachmat ini? Semoga sharingnya bermanfaat ya.

Ketik Postingan
Gw jadikan hari Rebo sebagai hari buat sharing tentang ngeblog ajayes? Yes aja lah ya.
Jadi setiap hari bertema gitulah ya.Setelah Personal Finance Monday, Blogging Things Wednesday terlihat keren. Ya meskipun blognya gak rame yang sampe sekian ribu hits sehari dan bukan blog yang kece badai mengusung tema tertentu gitu sih. Semoga bisa keep track perjalanan blog ini sendiri dan syukur-syukur kalo bisa diambil manfaatnya ama temen-temen.
Buat hari ini mau cerita aja soal ngedandanin blog ini dulu. Buat yang udah beberapa kali maen ke sini pasti kerasa kan ya bedanya tampilan blog ini? Eh enggak ya? Huahaha. Yamaap saya kan anaknya ge-eran.
Kan sudah jujur gw bilang ya, selain untuk menyalurkan kelebihan kata-kata di otak gw yang gak habis-habis, ngeblog itu juga untuk dijadikan hobi dan sekaligus terapi. Selain itu tentunya juga seneng dong kalo yang baca blog banyak orang yang terlihat dari traffic. Apalagi setelah diapprove WordAds. Jadi lebih suka lihatin traffic. Tapi-tapi-tapi. Meskipun gitu gw gak mau juga dong mengorbankan kualitas isi blog ini meskipun komen banyak banget yang belom kejawab. Maafkan saya *trus melihat nanar monitor.
Salah catu cara menarik orang dateng ke sini sih dengan mengubah tampilang blog. Apa aja yang gw ubah?
halaman muka baru blog

Theme

Timeline vs magazine

Timeline

Pertama yang disadari pasti perubahan Theme dari twenty eleven (eh apa twenty twelve ya? *teteiba amnesia) ke theme Expound yang sekarang. Bedanya kalo theme sebelumnya berupa timeline yang mana postingan terbaru pasti muncul di atas sementara postingan lama akan dibawahnya. Kalo mau cari postingan lama ya mau gak mau harus scroll ke bawah. Meskipun gw tambahkan widget freshly pressed sampe 20 daftar postigan terbaru terpampang nyata di halaman depan, tetep kalo mau cari postingan terbaru kudu scroll.
Kelebihannya? fokus. Pembaca bisa fokus sama tulisan terbaru gw. Kekurangannya? Yups, postingan lama jadi solah ketutupan.
Theme yang sekarang bentuknya magazine layout. Expound namanya. Bentuk majalah. Udah tahu kan? jadi banyak banget postingan yang dipejeng di sini. Jadi kalo yang baru nyasar ke danirachmat.com bisa tuh pilih-pilih judul paling menarik dan dibaca. Isi postingannya? tentu menarik dong.. *ihikk. Kelemahan dari theme model begini adalah postingan baru tidak terfokus. Untungnya sih Expound ini kasih tempat lumayan besar untuk postingan terbaru.

Featured Image

Salah satu cirinya Expound ini, image tidak serta merta dijadikan tampilan di halaman muka blog. Harus dijadikan featurd image dulu baru gambar bisa tampil waktu orang masuk ke danirachmat.com tanpa membuka spesifik satu postingan. Kalo gak di set ya gak akan ada gambar sama sekali.
Gak ada kurang lebih yang bisa gw highlight sih di sini. Tapi kali aja gw mau bikin postingan dengan banyak gambar dan mau tampilkan tiap gambar sesuai urutan isi posting, gambar yang mau gw feature bisa aja gw pilih yang paling bagus yang mungkin baru akan tayang di akhir postingan. Jadi gak harus gambar pertama yang dilihat orang di homepage blog ini.

Sinopsis

Tag More vs Excerpt

More

Kalo di theme sebelumnya gw selalu pake tag more (letaknya ada di sebelah kanan tombol remove link waktu ketik postingan btw) untuk dijadiin sneak peak. Jadinya kan kudu mikirin paragraf pembuka yang cetar badai membahana ya. Trus dipotong pada saat yang bikin orang penasaran kan? Nah masalahnya kan gak setiap postingan paragraf pembukanya bisa cetar badai membahana kan?
Tapi masalahnya kalo gak dikasih more gitu, seluruh tampilah pasti akan ditampilkan di theme itu. Jadi postingan lama akan semakin tertutupi. Nah gak pernah kepikiran pake excerpt di theme sebelumnya. Jadi gak tahu bisa ato kagak.

Excerpt

Usulan dan penjelasan Ryan soal excerpt akhirnya bikin gw pake di theme yang sekarang. So instead of showing few first paragraph, gw ketik semacam sinopsis di postingan. Hasilnya? Apa yang dibaca sebelum buka postingan langsung di homepage bisa jadi beda dengan apa yang dibaca di dalam postingannya.
Jadi bisa aja gw tulis: Cara mendapatkan uang 1 milyar dalam sebulan tapi ternyata isi postingannya tentang jualan cincin yang lagi hits. Kebayang kan ya? Nah tadi sempet baca excerpt postingan ini ngga?
Alhamdulillaah sih traffic blog ini pelan-pelan dan sedikit demi sedikit naik. Meskipun ya belom sampe ribuan views sehari. Makanya gw belom pede mau sharing-sharing teknis ngeblog yang begimana begimono gitu. Sharing ubah-ubah tampilan dulu ajalah yes. Kalo soal teknik ngeblog, Nita si dokter gigi gaul itu jauh lebih canggih. Sudah baca postingannya Nita soal Niche Blog?
Oiya menu blog ini juga ganti loh. Jauh lebih sederhana. Gw bahas next time ya. 😀
Semoga bermanfaat ya. Sori agak kepanjangan.
 

141 tanggapan untuk “Dandanin Blog (Biar Rame)”

wah… wah…
aku kalau ganti theme nggak mempertimbangkan sampai sedetail itu. di preview dan ubah warna dikit, klo cocok langsung pakai, klo nggak sreg cari yang lain

kalau prinsip saya, whateveryou do to your blog, make sure that you use no other than white as the background for your content. warna fontnya juga jangan jauh2 dari hitam. banyak banget blog (kebanyakan di blogspot) yg either background atau font color untuk contentnya warna-warni. bikin pusing kalau baca.

Eh Mas Ronny, ikut nimbrung ya. Saya sih setuju soal yang sebut. karena saya juga gitu kok (bahkan ini themenya Dani juga saya pakai sebelumnya). Tapi… kalau kita kaitkan dengan filosofi masing-masing warna gimana? Kan tiap warna katanya mencerminkan sesuatu.

Ya ya aku pun lebih suka theme magazine sebenarnya karena somehow lebih enak di baca mataku dan terlihat lebih menarik untukku (lagi2 aku wkwkkw). Dan masih berpikir untuk ganti lagi karena yang sekarang ga ramah widgets. Jadi mohon ijin klo mengadopsi hal yang sama nantinya ya! Hihihihi

Singkat padat itu kok badanku yang merasa tersindir yaaa…sukaanya tuh kayak direm dan nukiiiikk tiba-tiba Yan wkwkwkww…as I said, thank you for your strong support toel Dani

Aku udah sangat nyaman dg theme blogku yg sekarang, pdhl model timeline. Gimana dong?

sekalian dandanin blog aku Dan.., dijitak Dani ..he..he..
sama Dan aku suka juga ganti2 theme, aku udah intip2 theme yg dipake teman2, kl nyoba ngekorin dirimu nggak apa kan? .. ( yg ini theme gratis nggak?

Belakangan ini lagi hobi bongkar2 tampilan blog, nyoba2in themes baru, sama ganti header karena diprotes temen, soalnya headernya kegedean klo diakses via HP, hihihihi.
Yang paling susah itu milih themes. Susah muvon dr themes yg skrg #Duh

akupun baru ganti theme blog, tapi belum ngerti gimana ngejadiin kayak magazine gitu modelnya

ooo gitu toh, kemarin belum sempet ngulik lagi themenya. Nanti aku cari-cari lagi.
terima kasih mas Dani

terima kasih mas Dani buat infonya. jadii semangat nyoba theme baru buat blog

daku juga mau ganti theme nii.. tapi belom ada yg sreg di hati. haha.. btw, mau nanya pertanyaan nyeleneh dikit.. di jadiin .com itu bayar per tahun aja kan yah? ada feature2 tambahan ga? aku kmrn mau masukin google analytic ga bs.. apa kalo di pakein .com jadi bs masukin feature itu? hehe..

Iya Jen bayar pertahun. Tidak ada feature tambaham kecuali mau bayar lagi. Kalau beli yang standar sih gabisa dimasukin apa-apa jen. Palingan cuma bisa daftar wordads aja. Google Analytics kayaknya sih gak bisa.

Excerpt itu bagaimana maksudnya, Mas? :hehe
Maklum, saya baru blogging 3 bulan terakhir, jadi belum mengerti apa-apa soal ini dan itu :huhu
Terus terang masih belum sepenuhnya mudeng Mas, selama ini saya kalau blogging, tulis, pilih foto, tempel, publish (tapi itu pun sudah sekiaan lamanya :hehe).
Satu ilmu baru lagi. Terima kasih!

Excerpt itu katak sinopsis di belakang buku. Kalau bikin postingan di wp bisa tulis excerpt itu selama fiturnya tidak didisable. Letak field excerpt ada di bawah tempat menuliskan postingan. Jadi kalau postingan kita agak panjang, mendingan ditampilkan excerpt aja buat orang yang datang lewat homepage. Kalau tertarik buka postingannya. Agak tricky sih karena kalo excerpt ga terlalu menarik risikonya langsung tutupnsemua blog tanpa buka sama sekali.

Penampilan excerpt itu tergantung tema apa bagaimana, Mas? Boleh deh dicoba :hehe
Terima kasih :))

Aplikasi wordpress yang seperti apa, Mas? Bukan yang di situsnya itu?

Dani. kayaknya mantan theme saya ini laris di dirimu. pas pake gak da yang cek
Memang asik Dan buat magazine. hehehe. sekarang juga magz juga. Eh Dan bikin review blog yuk… menurut masing-masing gimana? mau gak? setidaknya kan ada pandangan dari sisi luar tuh.

Ngapa minta maaf dah? Hahaha soalnya dulu aku pernah nulis kata-kata minta maaf di blog waktu bikin tips nulis gitu, eh dikomen sama Mbak Yo bahwa kita gak perlu minta maaf karena ini blog pribadi kita. 🙂
Nice info, gan. 😛 #terkaskus

Hahaha, sejauh ini aku masih lebih cocok dengan model yang timeline 😀 . Dan karena dua bahasa jadi memang nggak cocok kalau pakai tag more ya. Eh, tapi yang model excerpt sepertinya menarik juga tuh untuk dipertimbangkan, hmm…

ini mah blog artis,komentatornya banyak bigitsss hehehe…
baca sampe akhir nggak mudeng2,maklum pakai blogspot hehehe,dan blog saya mah simpel banget,soalnya nggak bisa ngotak/ik template hehe. jadi pasrah aja gitu hahaha

kalo pake app nya wordpress ndak keliatan ganti kulit … sik saya liat di broser dulu …

Kalo soal theme itu emang bikin puyeng ya Dan. gw pingin nyoba yang bentuk magazine tapi ga cocok sama selera.. Haaaaah.. akhirnya ya sekarang mentok aja pake theme yang sama terus. Hahaha

Ini yang aku masih belum menemukan yang pas mas, nyari-nyari yang pas. Giliran dapet yang bagus eeh beebayar

[…] waktu berkunjung ke blog orang lain. Yah …ternyata tema yang gue pilih sama dengan temanya mas dani :D. Untunglah doi bukan macam ibu komplek yang suka nyinyir kalo tetangganya punya barang yang sama […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *