Kategori
Dana Pensiun Perencanaan Keuangan

Persiapkan Sejak Dini, Berikut Fungsi Dana Pensiun dan Jenisnya

Saat seseorang sudah memasuki usia tua, tidak dapat bekerja dengan optimal, dana pensiun adalah tunjangan untuk menikmati masa tua dengan tenang. Nah, tentunya inilah fungsi dana pensiun yang begitu penting sehingga harus dipersiapkan sejak dini.

Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa yang termasuk usia produktif adalah mereka yang berumur 15 – 64 tahun. Nah, dalam rentang waktu itulah, kita sebaiknya menabung sejumlah dana untuk persiapan pensiun. Tujuannya tentu saja untuk meraih kemerdekaan finansial dan mandiri secara keuangan. Selagi masih produktif, kita mandiri, nggak bergantung pada anak atau cucu yang mungkin sudah fokus pada biaya hidup keluarga mereka sendiri.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dana pensiun adalah badan hukum yang mengelola program pensiun yang memberikan jaminan pada usia tidak produktif bekerja. Perolehan dana pensiun besarannya berdasarkan iuran, masa kerja, dan hasil pengembangan dana.

Di Indonesia, program dana pensiun dibuat oleh lembaga pemerintah dan swasta. Hal ini untuk mewujudkan program yang merata dan kesejahteraan, keamanan, perlindungan kesehatan, hari tua, dan lainnya.

Nah, mari kita lihat satu per satu.

3 Jenis Dana Pensiun di Indonesia

Dana pensiun telah diatur pemerintah dan tertuang dalam Undang-Undang No. 11 tahun 1992. Di dalamnya pun membahas terkait jenis dana pensiun yang berlaku, sebagai berikut:

BPJS Ketenagakerjaan

Program pensiun dari pemerintah ini berupa Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun. Masing-masing memiliki manfaatnya sendiri. Pemerintah mewajibkan perusahaan-perusahaan untuk mengikutsertakan karyawannya dalam program pensiun ini. Jika tidak, maka akan ada sanksi yang diberlakukan.

Dana Pensiun Pemberi Kerja

Dana pensiun ini diselenggarakan oleh orang, lembaga, atau perusahaan yang mempekerjakan karyawan agar mengikuti program ini. Program ini bisa memberikan manfaat pasti atau iuran pasti.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Jenis ini merupakan dana pensiun pemberi kerja dengan iuran pasti dan hanya diberikan pemberi kerja berdasarkan rumus terkait keuntungan pemberi kerja.

Nah, untuk Dana Pensiun Lembaga Keuangan ini, kemarin sudah kita bahas dalam satu artikel khusus. Silakan dibaca ya, untuk detailnya.

Fungsi Dana Pensiun Bagi Karyawan

Karyawan diberikan dana pensiun tidak hanya untuk memberi kepastian untuk bisa mendapat pemasukan demi membiayai hidup di masa depan. Adanya program dana pensiun juga dapat memotivasi produktivitas karyawan untuk menunjukkan kinerja yang lebih baik, sehingga jenjang karier meningkat yang secara tidak langsung juga akan mendorong tabungannya demi ketenangan di hari tua.

Terlebih dana pensiun dapat membuat mereka merasa aman walaupun sudah tidak lagi berada di usia produktif. Sebagian pun menganggap ini sebagai penghargaan dari perusahaan atas pekerjaannya selama ini.

Fungsi Dana Pensiun bagi Perusahaan

Manfaat dana pensiun ini tak hanya dirasakan oleh karyawan atau peserta program saja. Banyak juga hal yang didapatkan bagi perusahaan dari adanya program dana pensiun ini loh. Mari kita lihat.

1. Meningkatkan produktivitas karyawan

Dengan memberikan program pensiun bagi karyawan, pihak perusahaan mendorong kinerja karyawan agar lebih baik, karena memberikan rasa aman dan terjamin pada diri sang karyawan.

Tentunya, hal ini juga akan berpengaruh pada kinerja perusahaan pada keseluruhannya. Dengan demikian, bisnis pun bisa lancar.

2. Mempertahankan retensi karyawan

Kalau karyawan keluar masuk ke perusahaan, sudah pasti akan menganggu keseimbangan operasional. Tapi, kadang hal ini memang terjadi, terutama jika perusahaan memang kurang memperhatikan kesejahteraan karyawan.

Salah satu bentuk jaminan kesejahteraan karyawan adalah dengan memfasilitasi program pensiun ini nih. Ketika kesejahteraan karyawan diperhatikan, karyawan merasa aman dan nyaman dalam bekerja yang akhirnya berefek pada tingkat loyalitasnya.

3. Meningkatkan citra perusahaan

Citra dan reputasi perusahaan mau tak mau harus diakui dapat dilihat dari kesejahteraan karyawannya. Dengan benefit berupa jaminan masa pensiun ini, perusahaan akan dinilai lebih baik majemennya, sehingga akan mampu menarik tenaga kerja yang lebih berkualitas.

Semakin dapat memberikan kesejahteraan pada karyawan, sebuah perusahaan akan semakin diincar oleh tenaga kerja terbaik setiap tahunnya. Coba deh, kalau lagi ada job fair, pasti yang dikerumuni oleh pelamar kerja adalah perusahaan yang dikenal memberi gaji yang baik juga benefit di luar gaji yang menarik. Betul nggak sih?

Manfaat Dana Pensiun

Selain fungsi yang ditawarkan dari program dana pensiun, manfaatnya dapat terlihat semakin jelas sekarang. Apa saja ya? Mari kita lihat lagi.

Menjamin Masa Depan

Siapa yang nggak mau hidup tenang di masa pensiun? Terhindar dari masalah keuangan, dan terpenuhi kebutuhan hidupnya dengan baik. Nggak berlebihan, tetapi cukup.

Pasti semua juga mau, ya kan?

Masa pensiun yang sejahtera memang jadi idaman bagi semua orang. Sayangnya, kadang ini dianggap sebagai “privilege”, padahal ya bukan. Justru, kita bisa membuat kondisi ini terwujud jika kita sadar pentingnya fungsi dana pensiun.

Saat produktif, saat muda, okelah bersenang-senang. Tapi jangan lantas kita lupa, bahwa hidup itu panjang, dan akan tiba saatnya kita enggak bisa bekerja lagi untuk mendapatkan uang.

Jadi, jangan sampai disia-siakan kesempatannya.

Mengurangi Beban Hidup

Okelah, kalau soal anak, memang jadi kewajiban orang tua untuk bisa memenuhi kebutuhannya. Itu adalah hak mereka. Tapi, ketika kita sudah tua, bukan jadi kewajiban anak untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Mereka sudah punya kewajiban sendiri: memenuhi kebutuhan hidup anak-anak mereka.

Seenggaknya, janganlah kita menjadi dan menambah berat beban hidup anak dan cucu kita.

Warisan

Tabungan atau aset lain yang kita pergunakan sebagai sumber pemasukan di masa pensiun juga dapat dimanfaatkan untuk warisan keluarga. Misalnya seperti properti atau bisnis. Bahkan saham juga bisa kok diwariskan.

Dengan mulai membangun dana pensiun kita, maka saat itu pula, kita sedang membangun masa depan keluarga.

Perencanaan untuk pensiun adalah aspek penting dari kehidupan setiap orang. Mengingat tingkat inflasi yang meningkat dan inisiatif jaminan sosial yang terbatas—terutama di Indonesia nih—maka sangat penting bagi kamu untuk mulai merencanakan masa pensiunmu lebih awal.

Berinvestasi dengan mengikuti program pensiun jadi keharusan untuk mengamankan kehidupan hari tua secara finansial. Hal ini ditunjukan dari penjelasan di atas terkait banyaknya fungsi dana pensiun. Oleh karena itu, kuncinya adalah memilih rencana pensiun dengan cerdas.

Itulah beberapa manfaat dan fungsi dana pensiun yang perlu kamu ketahui. Yuk, mumpung masih muda, jangan buang waktu. Boleh saja sekarang senang-senang, tapi tetap masih mau hidup senang nggak nanti kalau sudah tua? Kalau iya, yuk, mulai bangun dana pensiun kamu sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *