Kategori
Crypto Investasi

Mengenal Investasi Crypto: Pengertian, Keuntungan, dan Risiko yang Wajib Diketahui

Keragaman produk investasi saat ini tak lepas dari pesatnya kemajuan teknologi. Sebut saja investasi crypto yang belakangan banyak diminati berbagai kalangan masyarakat. Tak heran jika cryptocurrency jadi kata kunci paling panas di dunia investasi hari ini.

Pernahkah kamu mendengar tentang Bitcoin, Dogecoin, Litecoin, XRP atau Ethereum? Mereka adalah jenis cryptocurrency atau mata uang digital yang saat ini sedang tren di mana pun.

Mungkin semua orang sudah mendengar tentang Bitcoin sekarang. Itu adalah cryptocurrency pertama yang menjadi arus utama, tetapi seiring waktu, aset kripto yang lain juga semakin populer. Projects banyak dikembangkan, dan sebagian besar bertujuan untuk melengkapi kekurangan projects pendahulunya. Di Indonesia sendiri, mata uang kripto telah dinyatakan legal, hanya saja tidak digunakan untuk transaksi pembayaran, hanya sebagai komoditas layaknya emas.

Apa Itu Investasi Crypto?

Sebelum itu, tahukah kamu mengapa banyak orang memilih crypto sebagai produk investasi?

Nah, hal ini didorong oleh tawaran imbal hasil yang tinggi. Investasi crypto terbukti kian meningkat dari waktu ke waktu. Meskipun pernah mengalami nilai yang anjlok, namun seiring berjalannya waktu dapat membaik kembali. Itulah mengapa crypto dikenal dengan investasi high risk high return.  Well, kalau mau dibilang lagi sih, superhigh risk.

Crypto hadir sebagai mata uang digital yang digunakan hanya di jagat maya. Popularitasnya meroket saat bitcoin rilis pada Januari 2009, sebagai mata uang digital pertama yang dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto. Penggunaannya khusus untuk keperluan transaksi seperti membeli jasa game, aksesoris hingga belanja barang asli untuk pakai. Sejak saat itu, mata uang kripto semakin ramai digandrungi dan banyak orang berbondong-bondong membeli. Apalagi sering juga dipompom oleh tokoh-tokoh dunia, salah satu Elon Musk.

Cryptocurrency adalah sistem pembayaran digital yang tidak bergantung pada bank untuk memverifikasi transaksi. Ini adalah sistem peer-to-peer yang memungkinkan siapa saja, di mana saja, dapat mengggunakannya untuk mengirim dan menerima pembayaran.

Alih-alih menjadi uang fisik yang dibawa-bawa dan ditukar di dunia nyata, pembayaran cryptocurrency murni sebagai entri digital ke database online yang menggambarkan transaksi tertentu. Saat kamu mentransfer dana cryptocurrency, transaksi dicatat dalam buku besar publik. Kamu menyimpan cryptocurrency kamu di dompet digital.

Cryptocurrency populer karena menggunakan enkripsi untuk memverifikasi transaksi. Ini berarti pengodean tingkat lanjut terlibat dalam penyimpanan dan transmisi data cryptocurrency antara dompet dan ke buku besar publik. Tujuan dari enkripsi adalah untuk memberikan keamanan dan keselamatan pengguna.

Kembali ke atas

Keuntungan Investasi Crypto

Berikut ini beberapa manfaat lain yang sejalan dengan investasi dalam cryptocurrency.

Peluang Besar untuk Pertumbuhan

Salah satu manfaat terbesar dari investasi kripto adalah potensi pertumbuhannya. Bahkan, bagi sebagian trader kripto yang sudah berpengalaman, saham saja sudah dianggap sebagai instrumen investasi moderat, jika dibandingkan dengan investasi crypto.

Mata uang baru keluar setiap saat, dan banyak dari mata uang ini mengalami lonjakan nilai yang besar. Bahkan opsi yang lebih stabil seperti Bitcoin dan Ethereum pun tumbuh dengan kecepatan luar biasa, memudahkan pemula untuk menghasilkan uang.

Opsi untuk Investasi Jangka Pendek atau Panjang

Cryptocurrency memberimu pilihan untuk memilih antara berinvestasi dalam jangka pendek atau panjang. Penurunan dan fluktuasi tidak akan terlalu memengaruhi keuntungan dalam jangka panjang. Namun, pertumbuhan laba juga tidak akan sebesar itu.

Sementara investasi jangka pendek memungkinkan kamu menghasilkan pengembalian investasi yang luar biasa namun risikonya sering kali sangat jauh lebih tinggi.

So, apakah kamu memutuskan untuk memilikinya dalam jangka panjang atau jangka pendek, pilihan ada di tanganmu.

Kembali ke atas

Desentralisasi

Adalah biasa bagi pasar crypto untuk mengalami pasang surut. Namun, hal itu tidak terikat pada lembaga keuangan atau organisasi politik mana pun.

Kekuatan fluktuasi pasar ada di tangan pengguna, jadi kamu tidak perlu khawatir tentang hal-hal seperti kebijakan fiskal atau resesi yang memengaruhi mata uang digital ini.

Waktu Proses Singkat

Teknologi blockchain membuat semua transaksi kripto berjalan secara peer-to-peer. Itu berarti kamu tidak perlu khawatir tentang waktu tunggu yang lama atau lembaga keuangan menghalangi kamu mengirim atau menerima uang.

Investasi Crypto Mudah

Jika kamu ingin menginvestasikan sejumlah uang di pasar yang tumbuh cepat, crypto mungkin merupakan tempat yang tepat untuk melakukannya.

Lakukan riset untuk memastikan kamu memasukkan dana ke dalam investasi yang tepat, dan tidak akan ada batasan untuk potensi penghasilanmu.

Kembali ke atas

Risiko Investasi Crypto

Meskipun banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, ada beberapa hal yang harus dijadikan pertimbangan terkait risiko yang mesti kamu hadapi.

Fluktuatif

Harga bitcoin sangat fluktuatif, naik dan turun dengan kecepatan tinggi. Perubahan ini bisa terjadi sangat ekstrem, bahkan lebih kuat daripada saham dan investasi lainnya. Jadi, kamu harus siap dengan segala perkembangan dan jangan terlalu gegabah untuk memutuskan.

Belum ada regulasi

Salah satu kelemahan paling signifikan dari berinvestasi di cryptocurrency seperti bitcoin adalah kurangnya pengawasan peraturan.

Hukum dan pajak Cryptocurrency berbeda dari satu negara ke negara lain, dan sering kali ambigu atau kontroversial. Kurangnya peraturan, sayangnya, dapat menyebabkan penipuan.

Meskipun begitu, investasi crypto layak untuk kamu pahami dan coba jika sudah siap. Investasi ini sangat populer sekarang, tetapi ingat, ini masih dalam masa pertumbuhan. Ke depannya akan banyak tantangan yang harus dihadapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version