Kategori
Advertorial Emas Investasi

Investasi Emas Di Pegadaian: Solusi Membangun Aset Anti Krisis

Gue rasa yang nyasar ke sini pasti dah pada investasi emas di Pegadaian kan? *langsung nuduh! Hahahaha. 

GImana enggak, perusahaan pembiayaan yang menyelesaikan masalah tanpa masalah ini sekarang semakin tenar dengan solusi investasi emasnya. Baik itu investasi emas online maupun investasi emas batangan. 

Semua bisa dilakukan di Pegadaian. Tapi, bener gak sih investasi emas itu selalu menguntungkan dan pilihan yang tepat untuk membangun asset yang anti krisis?

Investasi Emas Di Pegadaian: Solusi Membangun Aset Anti Krisis 

1. Double Safe Haven: Keterkaitan Investasi Emas dengan Mata Uang US Dollar

Investasi Emas Sebagai Safe Haven

Teman-teman yang baca artikel ini pasti sudah pada sadar ya kalo di kala pandemi kemaren, emas bisa jadi adalah satu-satunya asset yang bisa diharapkan jadi sekoci penyelamat. Di kala harga saham jatuh, suku bunga turun dan begitu banyak ketidakpastian, harga emas mencapi titik tertingginya. 

Memang emas merupakan safe haven. 

Kalo teman-teman belom tahu, di dunia ini ada 2 instrumen yang dianggap safe haven. Apa sih safe haven? Instrumen yang pasti dicari kalo di dunia ada gonjang-ganjing dan ketidakpastian. 

Apa saja instrumen itu? Emas dan mata uang US Dollar! 

Begitu terjadi krisis, Dollar negeri Paman Sam pasti akan langsung naik. Begitupun emas. Apalagi emas yang merupakan logam mulia diperdagangkan dalam mata uang US Dollar. 

Karena itulah emas punya posisi yang istimewa. Dari sisi nilai intriksinya sendiri, emas sudah menjadi nilai investasi yang dicari. Lebih-lebih diperdagangkan dalam mata uang USD. Sehingga apabila nilai US Dollar menguat, maka nilai emas akan menguat juga. 

Apabila memahami hubungan antara emas dan nilai tukar US Dollar ini, maka kita akan memiliki view yang menarik akan investasi emas di dalam bagian portfolio asset kita. 

Kembali ke atas

2. Emas Sebagai Aset Lindung Nilai Di Saat Krisis

Keistimewaan emas yang memiliki nilai intrinsic dan juga terkait erat dengan nilai tukar US Dollar ini tercermin banget ketika pandemi. Seperti yang gue sebut di depan tadi, ketika terjadi wabah COVID19, emas jadi salah satu (kalo gak boleh dibilang satu-satunya) instrumen yang perform. 

Bayangin aja, di puncak-puncaknya, emas bisa lebih dari sejuta rupiah segramnya! Saat ini harga saham rontok ambrol turun semua. Ini gambaran pergerakan harga emas selama pandemi yang gue ambil dari Multiguna Chartnya IPOTFUND:

Perbandingan grafik investasi emas dan saham di kala pandemi

Yang biru itu emas ya gaes paling atas. 

Kalo dari chartnya, di awal Agustus 2021, sebenarnya emas sudah menunjukkan tanda-tanda penurunan. Tapi kemudian ada kabar akan adanya tapering di pasar Amerika di akhir tahun 2021 ini. 

Karena isu ini, dollar pun naik lagi dan ujungnya emas pun ikut terkerek naik. Dengan kondisi kayak gini, lagi-lagi emas dicari orang ketika ada ketidakpastian di ekonomi dunia. 

Dengan sifatnya inilah, investasi emas sangat cocok dipakai untuk lindung nilai. Dipakai untuk hedging alias melindungi nilai uang kita yang ada di tabungan maupun investasi. Terutama ketika menghadapi masa-masa yang serba tidak pasti. 

Bila dikombinasikan dengan instrumen-instrumen investasi lain yang lebih agresif di masa-masa yang normal-normal saja, dengan adanya emas, maka ketika krisis di saat semua instrumen investasi sedang turun, maka investasi emas bisa menjadi penyelamat. 

Kembali ke atas

3. Membeli Emas Online VS Batangan

Investasi emas online

Pertanyaannya sekarang adalah: gue lebih mending investasi emas online atau investasi emas batangan saja? 

Paling gak ini adalah pertanyaan yang paling sering gue terima dari teman-teman di DM Instagram. Sebuah pertanyaan yang wajar sih memang mengingat kita kan pengen investasi kita tuh aman damai selalu ya. 

Nah, menjawab pertanyaan apakah sebagaiknya membeli investasi emas online ataukah batangan, gue selalu jawab:pilih yang paling nyaman buat manteman! Kalo gue, sekarang milih investasi emas online. 

Kenapa kok pilih online? Ini beberapa alasannya:

  1. Karena gampang dan praktis
  2. Bisa dilakukan kapan saja 
  3. Bisa beli dengan nilai berapapun
  4. Tidak perlu memikirkan tempat penyimpanan dan keamanannya

Tapi gue paham kok kalau misalkan ada yang lebih suka investasi emas batangan. Karena rasa tenang pegang fisiknya. Bagaimanapun invetasi emas ini adalah sebuah bentuk investasi tradisional yang sudah ada sejak jaman dahulu kala. 

Selain keempat keuntungan yang gue sebut di atas tadi, kalo beli emas online gampang kalo mau jual lagi. 

Kembali ke atas

4. Solusi Investasi Emas Di Pegadaian

Investasi emas online di Pegadaian

Nah pertanyaan berikutnya adalah, kalo mau investasi emas online harus belinya dimana?

Salah satu tempat buat nabung emas online yang terpercaya ya Pegadaian kan. Siapa coba yang belom tahu Pegadaian? Menyelesaikan masalah tanpa masalah!

Investasi emas di Pegadaian bisa dilakukan baik secara online maupun dalam bentuk tabungan emas pegadaian fisik. Didukung dengan pengalaman bertahun-tahun menerima gadai emas dari masyarakat, Pegadaian pun dengan sangat mudah terjun ke investasi emas online. 

Dengan pengalamannya, Pegadaian langsung siap memberikan solusi investasi emas yang terpadu. Kalo mau beli emas online bisa langsung dari aplikasinya. Dan kalau mau ambil emasnya dalam bentuk fisik, tinggal datang ke cabang-cabang Pegadaian terdekat. 

Baca juga: Perlu Kamu Tahu Tentang Menabung Emas!

Bahkan dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, cicil emas di Pegadaian bisa juga dilakukan secara online! Jadi buat yang suka nyicil emas sedikit demi sedikit emasnya menjadi bukit bisa langsung pakai aplikasi Pegadaian! Pegadaian sudah kerja sama dengan market place yang pembulatan belanjanya bisa dalam bentuk investasi emas digital. Jadi ya gak perlu kuatir investasi emas di Pegadaian kan?

Kembali ke atas

5. Mudahnya Pembukaan Rekening Investasi Emas Di Pegadaian

Investasi emas di Pegadaian

Awalnya gue agak ragu untuk buka rekening di Pegadaian. Asumsinya kan dengan Pegadaian sebagai perusahaan BUMN, pasti akan ribet dan banyak syaratnya lah ya. 

Tapi ternyata enggak loh! Hahaha. Gue buka rekening Pegadaian sendiri sudah beberapa bulan lalu. 

Syaratnya? Cuma siapin KTP asli dan smartphone. Well, sama koneksi internet ya. Ehehehehe. 

Setelah download aplikasi Pegadaiannya, gue langsung dengan proses pendaftaran dan pembukaan rekeningnya. 

Total waktu yang gue butuhkan cuma sekitar setengah jam karena ada proses menunggu konfirmasi dari cabang pilihan gue buat buka rekening. Seperti gue bilang tadi, cabangnya Pegadaian kan banyak banget ya, jadi tinggal pilih aja di aplikasinya kita nantinya kalau mau transaksi di cabang Pegadaian mau pakai yang mana. 

Dan setoran awal buat buka rekeningnya cuma Rp 50.000! Inipun bisa langsung dibelikan investasi emas online di Pegadaian. 

Kalo pengen tahu lebih lengkapnya bisa buka halaman nabung emasnya Pegadaian.

Kembali ke atas

Nyaman & Aman Membeli Emas Di Pegadaian: Cara Membangun Aset Anti Krisis

Sebagai orang yang sudah investasi selama bertahun-tahun, ketika menghadapi pandemi ini, kekhawatiran gue akan turunnya nilai investasi cukup terkendali. Kenapa?

Baca Juga: Mau Investasi Emas? Baca Ini Dulu!

Karena penurunan nilai investasi yang gue alami tidak cukup dalam sampai membuat gue khawatir akan keberlangsungan asset gue. Ini semua karena didukung oleh investasi emas gue yang nilainya naik luar biasa signifikan. 

Seandainya saja di dalam campuran investasi gue gak ada emas, penurunan nilai investasinya bakalan bikin pusing. 

Kembali ke atas

2 tanggapan untuk “Investasi Emas Di Pegadaian: Solusi Membangun Aset Anti Krisis”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *