Kategori
Investasi Saham

Mau Investasi Saham BRI? Ini Cara Mudahnya!

Lihat-lihat dari kolom pencarian Google, kok kayaknya banyak juga yang mencari informasi tentang investasi saham BRI ya. Ini soal bagaimana berinvestasi saham BRI, ataukah cara investasi melalui BRI?

Well, karena memang bisa jadi dua-duanya, untuk kali ini kita bahas saja dulu soal cara investasi saham BRI, yang berkode emiten BBRI ya. Soalnya juga ini pemilik blog juga bukan pegawai bank rakyat itu sih. Nanti dikira endorse. Tapi, ya kapan-kapan ada yang mau ajak kerja sama, ya boleh uga. Ehe ehe ehe …

Yes, belakangan ini, investasi saham memang sangat marak di berbagai kalangan. Pasalnya, kehadiran platform investasi online yang sudah ada sekarang juga mempermudah banget bagi seseorang untuk memulai membeli saham. Aplikasinya sangat user friendly, bahkan kayaknya banyak yang bisa langsung pakai bahkan tanpa baca manual.

Berinvestasi dinilai menguntungkan untuk tujuan keuangan jangka panjang. Biasanya, orang menanam saham untuk menabung dana pensiun, dana darurat, atau tujuan keuangan yang ingin dicapai beberapa tahun ke depan.

Nah, salah satu yang lagi populer sekarang adalah investasi saham.

Dengan investasi saham, artinya kamu membeli saham perusahaan untuk dijadikan modal pengembangan usaha tersebut yang nantinya setiap keuntungan akan dibagi kepada investor. Kepemilikan saham di sebuah perusahaan juga membuat kamu menjadi bagian dari pemilik perusahaan tersebut.

Nah, untuk memulainya kamu dapat memilih investasi saham BRI sebagai pilihan. Mengapa harus saham BBRI? Apa saja keuntungan yang ditawarkan?

Mengapa Investasi Saham BRI Disarankan, Terutama untuk Pemula?

Bagi investor pemula, pilihan investasi saham BBRI sering disarankan karena ini adalah salah satu saham yang masuk kategori blue chip; nilainya cenderung stabil dibandingkan saham yang lain, dan mudah ditransaksikan di pasar modal.

Agar lebih mudah dibayangkan, kamu pastinya tak asing dengan PT Bank Rakyat Indonesia, salah satu bank pelat merah ini. BRI telah beroperasi lebih dari 100 tahun lamanya. Eksistensinya menjadi salah satu faktor yang memperlihatkan kinerja dan kesehatan keuangan bank ini tak diragukan masyarakat.

Apa saja keuntungannya?

Kembali ke atas

Keuntungan Investasi Saham BRI

Digital Transformation

Seiring berkembangnya teknologi yang memasuki sektor keuangan, BRI pun tengah melakukan digital transformation.

Tentunya, selain upaya adaptasi era digital, ini juga dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pertumbuhan bisnis mereka. Terlebih melihat saat ini teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan dan tak lepas dari aktivitas masyarakat.

Penerapan Prinsip ESG (Environment, Social, & Governance)

Setiap perusahaan tentunya selalu membuat progres matang untuk kemajuan perusahaan dalam jangka waktu yang panjang. Begitu pun yang dilakukan BRI. Salah satu strateginya yaitu menerapkan prinsip ESG (Environment, Social & Governance).

Apa itu prinsip ESG? Konsep ini digunakan dalam aktivitas investasi yang tak hanya fokus pada keuntungan semata. Penggunaan ESG biasanya lebih mementingkan manfaat dari usaha itu untuk lingkungan, masyarakat, dan pemerintah.

Kembali ke atas

Fokus untuk Melayani UMKM

Selain fokus pada konsep ESG, perusahaan plat merah ini unggul dalam mendukung peningkatan bisnis UMKM dengan layanan kredit. Lingkup bisnis tersebut dinilai akan terus meningkat dengan pesat, dengan begitu saham BBRI dinilai berpotensi baik di masa depan.

Customer Base Terbesar

BRI sudah bertahan bertahun-tahun lamanya, maka tak heran jika saat ini BRI menjadi perusahaan sektor perbankan dengan customer base terbesar. Selain itu, arus modalnya pun dinilai kuat dan memiliki network yang luas.

Hal ini terlihat dari total kantor cabang, yang saat artikel ini ditulis, mencapai 9.582 dengan 222.000 e-channel dan 428.000 agen BRILink tersebar di berbagai daerah.

Kembali ke atas

Cara Mudah Investasi Saham BRI

Nah, kapan-kapan akan ada artikel analisis saham untuk BBRI, seperti ada analisis saham BBCA kemarin. Tinggal tunggu saja tayangnya.

Untuk sekarang, kita bahas dulu mengenai cara investasi saham BRI dengan mudah.

Saham BBRI tercatat selalu masuk ke dalam jajaran saham unggulan di Indeks LQ45. Begitu juga saat artikel ini ditulis. BRI memiliki kapitalisasi pasar senilai Rp 603,06 triliun dengan harga saham di kisaran Rp4.000-an, tetapi sempat menyentuh titik terendah pada level Rp3.400-an. Kini harga BBRI sudah mulai naik lagi, meski belum pulih seperti sebelum pandemi datang.

Jika kamu sudah tertarik untuk memulai investasi saham BRI, yuk, coba beli sahamnya sekarang. Kamu bisa mulai beli dari sebanyak 1 lot, yang terdiri atas 100 lembar saham. Sebenarnya sih, kamu bisa membelinya secara online dan konvensional. Tapi, tentu saja, secara online akan lebih mudah dan praktis.

Hari gini, masa mau investasi mesti datang ke kantor sekuritas sih?

Untuk aplikasinya, sekarang tersedia banyak di PlayStore maupun AppStore. Kamu tinggal pilih, tentu saja, sesuaikan dengan kebutuhanmu. Mulai dari Bibit, Stockbit, Ajaib, IPOT, dan sebagainya. Banyak deh, pokoknya. Karena artikel ini bukan merupakan rekomendasi produk, maka kita akan bahas secara general saja ya.

Rata-rata sih tahap cara investasi saham BRI itu sama saja. Yang beda-beda tipis itu misalnya awal setoran, lalu syarat yang diminta. Tetapi prinsipnya hampir sama semua.

Kembali ke atas

Berikut ini langkah-langkah untuk investasi saham BRI:

  • Download aplikasinya di PlayStore atau AppStore. Pastikan kamu hanya investasi saham BRI di aplikasi yang sudah mendapat izin OJK ya.
  • Daftar untuk membuat akun pada aplikasi sekuritas. Cermati syarat-syaratnya, dan penuhi semua ya, agar segera terverifikasi. Bisa jadi proses verifikasinya juga kan berbeda satu dengan yang lain, so, ikuti saja petunjuk yang ada.
  • Jika proses verifikasi sudah selesai dan kamu sudah mendapatkan akun, maka kemudian kamu akan diberi rekening dana nasabah sebagai tempat untuk menampung dana yang akan dipergunakan untuk bertransaksi saham.
  • Lakukan penyetoran dana awal saldo rekening. Bisa via transfer ATM, mobile/digital banking, juga bisa pakai ewallet. Tinggal transfer saja ke rekening nasabah yang sudah kamu miliki setelah mendaftar dan memiliki akun di sekuritas.
  • Pada aplikasi, biasanya di bagian Beranda-nya, akan ada daftar emiten saham yang bisa diperdagangkan. Kamu search saja di kolom pencarian supaya gampang: BBRI. Selanjutnya, pasti akan ada tampilan saham BBRI dengan menu jual atau beli/sell atau buy.
  • Klik ‘Buy’ atau ‘Beli’, lalu masukkan berapa lot yang ingin kamu beli. Biasanya, harga nominal akan menyesuaikan. Setelah diisi, klik ‘Submit’, ‘Confirm Order’, atau sejenisnya untuk mengeksekusi pembelian.
  • Jika ada menu Order Status, kamu bisa mengeceknya, apakah saham BBRI sudah terbeli atau belum.

Nah, itu dia cara mulai investasi saham BRI dengan membelinya. Untuk menjualnya, kamu bisa melakukan cara yang sama, tetapi yang diklik adalah tombol ‘Jual’ atau ‘Sell’.

Kembali ke atas

Gimana? Mudah kan ya?

Sekali lagi, bisa jadi menunya akan berbeda di setiap aplikasinya. Jadi, luangkan waktu untuk mempelajarinya ya. Tapi, jangan khawatir, karena rerata sangat user friendly. Kamu pasti bisa melakukannya.

So, selamat melakukan investasi saham BRI! Semoga cuan ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *