Kategori
Perencanaan Keuangan Produk

Kartu ATM Mandiri Hilang dan Terblokir: Apa yang Harus Dilakukan?

Apa yang harus dilakukan ketika kartu ATM Mandiri hilang dan terblokir? Ini langkah-langkah yang diperlukan demi kemanan rekening!

Kemaren sempet rungsing, nyariin kartu ATM Mandiri kemana-mana dan gak ketemu. Akhirnya nelepon call center 14000 dan minta diblokir dulu. Pernah gak ngalamin kartu ATM Mandiri hilang dan terblokir?

Kalo dulu sih gue bakalan panik banget kalo sampe kartu ATM Mandirinya hilang karena satu-satunya rekening yang gue punya ya Mandiri ini. Untung sekarang dana operasional gak di sana.

Baca juga: 6 Pertimbangan Buka Rekening Bank

Rungsingnya waktu itu adalah lebih karena gak bisa narik duit kalo ATM hilang. Jaman dulu kan gak mungkin ya bok, narik duit pake mobile banking. Kalo jaman sekarang BCA dan beberapa bank lain kan udah bisa narik duit di ATM tanpa kartu. Trus gimana dong kalo kemudian pas nyari-nyari dimana-mana gak ada itu kartu ATM Mandirinya?

Di Indomaret dan Alfamart aja kalo mau tarik tunai kudu bayar pake debitnya dulu kan.

Disclaimer: Postingan ini bukan postingan berbayar. Buka halaman disclaimer untuk selengkapnya.

Kartu ATM Mandiri Hilang

Seperti biasa, manteman bisa baca tulisan ini langsung dari atas sampai bawah sekaligus, atau bisa juga baca berdasarkan daftar isi di bawah ini.

Ketika Kartu ATM Mandiri Hilang dan Terblokir

  1. Telepon ke Call mandiri 14000 atau Cabang Langganan
  2. Buat Laporan Kehilangan Kepolisian untuk Kartu ATM Mandiri Hilang
  3. Prosedur Penggantian Kartu ATM Mandiri Hilang
  4. Akses Rekening Melalui e-banking

Kesimpulan: Selalu Ingat untuk Blokir dan Ikuti Ketentuan Bank Ketika Kartu ATM Mandiri Hilang

Apa yang Harus Dilakukan Waktu Kartu ATM Mandiri Hilang dan Terblokir?

Telepon ke Call Mandiri 14000 atau Cabang (Mana yang Lebih Diinget)

Call Center 14000 untuk blokir kartu ATM Mandiri hilang

Begitu tahu dan yakin kalo kartu ATM Mandiri hilang, buruan telepon ke 14000 atau ke cabang tempat biasa transaksi di jam kerja. Tujuan telepon adalah untuk minta blokir kartu ATMnya. Jangan sampai lupa karena langkah ini adalah langkah paling krusial.

Sesuai aturan bank, semua transaksi sebelum adanya laporan hilang dianggap transaksi yang sah dan tidak bisa dikomplen ke bank. Jadi gak bisa dituntut uang yang sudah keluar dari rekening sebelum ada laporan untuk dikembalikan.

Beberapa kali kejadian ada nasabah datang ke meja gue dan minta duitnya dibalikin karena mereka ngaku kartu ATM Mandiri hilang dan terblokir tapi dananya berkurang. Ketahuan ketika mereka cetak buku tabungan.

Baca juga: 4 Hal yang Diperlukan untuk Kerja di Bank

Ternyata setelah diinvestigasi, kejadian uang hilang tercatat sebelum adanya laporan kehilangan kartu ATM. Nasabah menunggu sampai bisa datang ke cabang bank terdekat untuk melaporkan kehilangan kartu ATMnya. Ini kesalahan terbesar nasabahnya..

Padahal nasabah tinggal telepon sendiri ke call center. Teleponnya untuk kartu ATM Mandiri hilang ke 14000. Call center Mandiri ini gampang banget diinget kan nomornya?

Tapi kalo kalian ngerasa kesulitan nelepon ke 14000 karena lagi sibuk, bisa juga coba telepon ke cabang tempat manteman biasa transaksi aja. CS di cabang harusnya bisa juga membantu blokir kartu ATM MAndiri yang hilang ini.

Ato kalo males nyari, menu IVR Call Center Mandiri 14000 buat blokir kartu ATM Mandiri hilang begitu tersambung ke 14000 adalah tekan 1 (Bahasa Indonesia) –> tekan 1 untuk pemblokiran kartu –> tekan 1 untuk Kartu ATM Mandiri debit. Informasi resmi monggi dibuka situs resminya bank ini.

Kembali ke atas

2. Buat Laporan Kehilangan dari Kepolisian untuk Kartu ATM Mandiri Hilang

Kalo sudah ketahuan kartu hilang dan sudah minta blokir, langkah selanjutnya adalah bikin laporan kartu ATM Mandiri hilang ke pos polisi terdekat. Laporan ini sangat-sangat dibutuhkan. Inget ya, bikinnya di pos polisi terdekat.

Mestinya sih gak ada biaya ya. Tapi yagitu, pernah nanya ke nasabah gw yang pernah bikin surat kehilangan gitu pada sebutin sejumlah nilai yang gak standar. Ada yang Rp. 25.000,- ada yang gratis dan bahkan ada yang Rp. 100.000,-.

Gue sendiri pernah ngurus dan memang gratis kok ngurus surat kehilangan kepolisian di pos polisi ini. Mungkin ada teman-teman yang tahu berapa standarnya bikin surat kehilangan kepolisian ini?

Buat laporan kehilangan kepolisian ketika kartu ATMN Mandiri hilang

Baca juga:Cerita Sedih Tilang Slip Biru

Jadi mending cari baik-baik kartu ATMnya setelah diblokir, daripada ribet bikin surat kehilangan kepolisian kan?

Habis surat kehilangan jadi, datang deh ke cabang Bank Mandiri terdekat untuk ngurus ganti kartu ATM Mandiri hilang itu.

Kembali ke atas

3. Prosedur Penggantian Kartu ATM Mandiri Hilang

Kalo sudah dapet surat kehilangan kepolisian tadi, dateng ke cabang Bank Mandiri terdekat buat ganti Kartu ATM Mandiri hilang dengan membawa syarat-syarat berikut:

1. Surat kehilangan kepolisian
2. Kartu identitas yang masih berlaku (lebih baik KTP, kalo gak ada SIM bisa juga dijadikan pengganti atau passport)
3. Buku tabungan Mandiri

Kalo bawa ketiga syarat di atas, mestinya melakukan penggantian kartu ATM MAndiri hilang bisa di cabang Bank Mandiri mana saja karena sistemnya sudah online. Penggantian kartu ATM Mandiri hilang ini dikenakan biaya Rp. 15.000,-; Untuk biaya ini silahkan dipastikan lagi, karena ini biaya yang gue tahu ketika masih kerja di sana.

Kalo ternyata buku tabungan Mandirinya gak tahu kemana, bisa bawa surat kehilangan kepolisian dan kartu identitasnya ke cabang Bank Mandiri tempat buka rekeningnya. Biayanya sih sama Rp 15.000,-

Nah kalo misalkan dicari buku tabungannya juga hilang dan gak bisa ditemukan, dibuat aja sekalian surat buat buku tabungan dan kartu ATM Mandiri hilang. Dengan membawa surat dan kartu identitas, datang ke cabang penerbit minta untuk sekalian diganti dua-duanya.

Kembali ke atas

4. E-banking dan Internet Banking Mandiri Ketika Kartu ATM Mandiri Hilang dan Diblokir

ebanking untuk alternatif ketika Kartu ATM Mandiri Hilang

Ada bank yang memberlakukan ketika kartu ATM hilang dan diblokir maka transaksi lewat e-bankingnya gak bisa dijalankan. Berbeda dengan Bank Mandiri.

Mobile banking dan internet banking tetap akan bisa diakses ketika kartu ATM Mandiri hilang.

Jadi kalo misalkan emang sadar kartu ATM Mandiri hilang, sudah call 14000, waktu kartu ATM Mandiri hilang dan diblokir, kita masih bisa kok transaksi di rekening Bank Mandiri lewat mobile banking dan internet banking.

Baca juga: 3 Simple Things for Better Financial Life

Kalo jaman lima tahun yang lalu transaksi yang bisa dilakukan lewat mobile bankingnya Mandiri cukup terbatas, sekarang mah udah banyak buwanget! Gak usah bingung. Bahkan transfer real time pun bisa ke bank lain.

Jadi kalo misalkan gue yang kehilangan kartu ATM dan males ngurusnya, gue blokir aja kartu ATMnya. Njuk duite piye? Dananya bakalan gue transfer ke bank lain yang masih bisa gue akses. Atau kalo mau bayar-bayar, lewat mobile bankingnya aja kan bisa.

Semoga sih gak ada ya yang pake rekening Bank Mandiri dan ngalamin Kartu ATM Mandiri hilang. Biar aman damai sejahtera. Tapi kalopun ada, semoga sudah pake mobile banking dan internet bankingnya.

Kembali ke atas

Kesimpulan: Selalu Ingat untuk Blokir Ketika Kartu ATM Mandiri Hilang

Satu hal yang terpenting, ketika kartu ATM Mandiri hilang, jangan panik! Langsung telepon call center atau cabang untuk memblokir kartunya.

Setelah itu tentu saja ikuti ketentuan banknya terkait kartu ATM yang hilang dan atau terblokir. Satu dan lain bank akan bisa sangat berbeda. Demi keamanan rekening kita, bank menetapkan prosedur yang cukup rumit untuk penggantian ATM yang notabene dipakai untuk mengambil uang di rekening.

Satu hal yang pasti akan memudahkan hidup ketika ATM Mandiri hilang adalah ketika kita sudah aktif menggunakan layanan e-bankingnya. Jangan sampai lupa mengaktifkan mobile banking dan internet banking.

Baca juga tulisan-tulisan terbaru di blog ini:

  • Dana Darurat Sudah Dipakai Buat Apa Saja?
    Sudah baca ya, gimana awal perkenalan saya dengan dana darurat, dan juga cara mengumpulkan dana darurat? Terus ada nanya, disimpen mulu, kapan dipakainya? Yah, punya dana darurat seperti ini tuh sebenernya berharap nggak perlu dipakai sih. Karena itu artinya hidup kita lancar-lancar aja, nggak ada masalah yang terlalu besar. Ya kan? Tapi kan, sayang duit […]
  • Perjalanan Mengumpulkan Dana Darurat Seorang Freelancer
    Saya sebenarnya sudah memulai pekerjaan sebagai freelancer sejak tahun 2011, tapi baru benar-benar full time freelancer di tahun 2021 ini. Dan dana darurat merupakan hal yang bisa bawa saya survive sampai sekarang. Saya nggak ada rencana untuk menjadi seorang freelancer sebelumnya, tbh. Tapi akhirnya kondisi juga yang menuntun jalannya. Sebenarnya, menjadi seorang freelancer itu kurang […]
  • Cara Menghitung Dana Darurat: Berdasarkan Pengeluaran Atau Penghasilan?
    Gimana sih cara menghitung dana darurat? Apa rumusan yang paling pas buat dana darurat ideal ini? Sudah baca kan, tulisan Penulis Konten gimana dana darurat adalah pelajaran pertama yang didapat dari ibunya? Karena gue adalah orang yang paling seneng sesuatu yang pas dan nyaman sama diri sendiri, gue gak pernah bisa jawab pertanyaan itu dengan […]
  • Dana Darurat: Pelajaran Keuangan Pertama dari Ibuk
    Dana darurat adalah pelajaran keuangan pertama saya. Siapa lagi yang mau mengenalkannya, kalau bukan Ibuk? Saya memang telat muluk dah, apa-apanya. Ya tapi nggak masalah sih. Kan, katanya setiap orang punya jalurnya sendiri-sendiri ya kan? Yastralah ya, masih untung saya ngerti sekarang. Perkenalan saya dengan dana darurat juga kayaknya “telat”. Saya sempat “kena” dulu, baru […]
  • Kesalahan Membeli Asuransi Unitlink yang Gue Harap Gak Pernah Gue Lakukan
    Gue macu cerita pengalaman gue bagaimana salah memahami asuransi unitlink. Kemaren si PenulisKonten udah cerita kan gimana cara mudah memahami polis asuransi. Ini nyambung dengan postingan sharing pengalamannya terkait asuransi pendidikan kemarin kan. Belom baca? Cuss deh baca dulu. Bakalan jadi pengantar yang bagus sebelum baca cerita pengalaman gue tentang kesalahan yang gue buat dengan […]

Kalo ada tambahan, manteman bisa langsung tambahkan di kolom komen ya. Atau kalo mau lebih panjang bisa juga email ke halo@danirachmat.com.

Atau bisa juga colek media sosial gue di instagram @danirachmat dan twitter @danirachmat

Kembali ke atas

83 tanggapan untuk “Kartu ATM Mandiri Hilang dan Terblokir: Apa yang Harus Dilakukan?”

Aku juga pernah ilang ATM Mandiri. Ilangnya entah dimana, kayaknya aku lupa ngambil lagi pas baru ambil duit. Sepertinya ilang di Bandung dan baru nyadar di Jakarta. Akhirnya bikin surat kehilangan di pospol dekat kosan di Jatinegara Kaum dulu dan mulus tanpa biaya karena dulu pas bikin pakai seragam kantor. Trus bikin di ATM di Mandiri Kawasan Industri Pulogadung, sementara dulu buka tabungannya di Kutoarjo. Waktu itu agak lama prosesnya karena harus konfirmasi ke Mandiri Kutoarjo dulu. Yang pasti nggak sehari jadi.

Tergantung cabang yang mengonfirmasi dan dikonfirmasi Mbak Ratna. Kalo emang kelewat bisa lebih dari sehari. Tapi saya dulu proses (sebagai pegawai) banyak yang bisa sehari jadi Mbak. Cuma ga tahu kalo ada update policy dari Mandirinya. Kalik ada pegawai Mandiri yang baca monggo ditambahkan kalo ada yang kelewat yaaa. ???

Balas

Baru kemarin ilang kartu mandiri, langsung bikin surat bayar 15 ribu buat kartunya di mandiri..

bahkan m banking masih aktif dan tetep transaksi, nekat juga sih..

mas aku tadi ditelpon axa ada program asuransi gratis 3 bulan, aku iyain aja kasih alamat email. duh mana takut penipuan lgai. gimana ya mas? ngadepin gitu 🙁

Asuransi axanya ini yang apa Mas? Unitlink atau yang manakah? Better kalo sudah agree, telp ke call centwrnya Axa minta penjelasan lebih lanjut. Tanyain apa bisa ditanyakan ke cabang axa mandiri. Kalo rmang programnya axa life tanya dapat data dari mana. Huehehehe. Kalo khawatir callback ke call center nya Mas Wahyu.
Perkara blokir atm dan rekening ini emang dilema sih. Kalo mobile dan internet banking diblokir juga bisa repot. Kalo ga diblokir takut data kehack dari atm memang ya Mas.

Balas

Aduuuuh kalo udah kartu hilang, apalagi ATM ini paling males ya proses ngurus surat kehilangannya.
Wajah si pak Po itu loh, sungkan2 piyeee gt [sungguh2 mengharapkan].
Amit2 deh ilang.

Karena pakai name tag kali ya Bang makanya bisa langsung proses. Untuk Mandiri beberapa instansi yang bekerja sama juga menyaratkan hal yang sama dulu.. 😀

Balas

Yang pernah narik uang di atm, uangnya ga keluar tapi saldonya terpotong. Deg2an banget. Takut hilang duitnya. Tapi Alhamdulillah balik aja uangnya 😀
Kalau atm belum pernah hilang, semoga aja ga kejadian. Aamiiiin…

Kalo kesalahan ATM (yang mungkin karena uangnya habis) gitu biasanya bakalan otomatis dibalikin Mbak Yanti. Hihihi. Saya pernah in charge buat ATM cabang selama dua tahun 😀

Balas

pernah ilang kartu ATM mandiri, karna males mesti bikin surat kehilangan di kantor polisi alias ogah bayar hihihihi medit. jadi ngakunya atm ketelen pas ngambil duit kan kalo atm ketelen ga dimintain surat kehilangan hehehehhehehe tp sebelumnya minta diblokir lewat 14000 .

surat kehilangan gratis kok…atau saya aja yang mujur ya…dulu dapat polisi baik hati..XD

ih pas bangettt!!! (kupikir) ATM ku ketelen di masin ATM, udah sibuk blokir & berhasil. eh taunya ada di dompet loh, ishhh, susah kalo ambil duit 2 M, ngitungnya ribet sampe keder, kartu nya udah masuk dompet ternyata hahaha. this is a super useful one Dani 🙂

Om. Klo atm saya keblokir..terus mau ngambil ke bank syarat2nya apa aja ya…Sayangnya ktp tidak ada??
Mohon infonya

Dan masalahnya adalah, ketika kartu kita ilang di sebuah store dan ketika iseng nanya petugas. Ada yang nemuin kartu ATM kita. Nah darimana kita tau kartu entu punya kita? Sedangkan yang tertera di ATM cuma nomor kartu aja. Gimana cara cek nomor kartu punya kita. Di buku tabungan kagak ada nih.

Kalau memang seperti itu, SOPnya itu kartu ATM kalau memang pegawai tokonya bertanggung jawab harus diserahkan ke bank dan memang akan dimusnahkan sih.

Balas

kalau hilangnya karna lupa ngambil kartu atm karna habis narik di atm apa perlu surat keterangan kepolisiaan?

Kalau dulu jaman saya di cabang sih tidak. Cukup dilaporkan di ATM mana dengan membawa buku tabungan dan ATM. Tapi coba dikonfirmasi ulang ya Mas ke cabang banknya.

Balas

Kartu saya hilang dan sudah minta di blokir, pas nyari2 ketemu dijalanan apakah bisa dibuka lagi di mandiri call

Kalau sudah diblokir sepertinya tidak akan bisa dibuka lagi deh Mas. Paling tidak itu dulu SOP waktu saya masih kerja di Bank Mandiri. Kalau sudah diblokir, harus bikin kartu baru.

Balas

Kartu atm hilang mungkin lupa ngambil pas di atm dan buku tabungan pun juga ilang padahal ini atm dari perusahaan gan.. saya bingung katanya kalau mandiri hilang dua”nya harus ganti nomer rekening berarti harus ke perusahaan dong kasih nomer rekening baru atau udah di urus pihak mandiri?

As fas as I know, kalo sampe buku tabungan hilang, harus diganti nomor rekening sih. Etapi coba dulu saja bikin laporan kehilangan kepolisian dan pihak berwenang dari perusahaan datang untuk ngurus sambil bawa surat keterangan tadi itu. Siapa tahu berhasil.

Balas

Kalo yg blokir rekening orgtua bisa gak?? Ato ada syaratnya u/ orgtua blokir rekening anak?? Terimakasih

Seharusnya kalau rekening sudah atas nama anak, orang tua juga tidak boleh memblokir. Kecuali rekeningnya masih atas nama orang tua qq anak. CMIIW.

Balas

Wkt telfon call centernya kan disuruh masukin nomor kartu, nah kan kartunya udah ilang Gimana cara kita tau nomor kartu tanpa ada kartunya? Atau bisa diketik nomor rekeningnya sj? Tks kak

Dari kantor saya kata nya uang THR sudah ditransfer tapi pas saya cek saldo nya nol,apakah norek saya masih aktif atau tidak?

Kalau di Bank Mandiri, peraturannya selama 3 bulan berturut-turut apabila tidak ada transaksi sama sekali maka akan dianggap pasif dan jadi dormant. Kalau seperti itu, dana yang masuk tidak akan bisa diproses.

Balas

Permisi mau tanya, kan kartu atm saya hilang, saya nggk sempet telpon call centernya nah saya langsung ke polsek bikin surat kehilangan, terus langsung ke banknya bawa surat kehilangan + buku tabungan + ktp.. kira” itu udh keblokir nggk ?

Dari pihak bank selama tidak ada laporan ke banknya tidak ada pemblokiran. Kalau langsung data ke bank membawa surat kehilangan, butab dan KTP baru akan diblokir ketika Mbak Hanifah melaporkan kehilangan kartunya. Baru setelah itu akan diblokir. 🙂

Seharusnya ketika sadar ATM hilang langsung telepon call centernya dan blokir karena pihak bank tidak bertanggung jawab atas transaksi yang terjadi sampai diterima laporan kartu hilang dan minta diblokir.

Balas

Mau tanya, Kartu atm atas nama anak hilang, tetapi di rekening tertera atas nama orang tua. Apakah anak dapat melakukan pemblokiran nomor rekening tsb?

Setahu saya, yang bisa melakukan pemblokiran adalah orang yang namanya tercantum di rekening. Ketika akan melakukan pemblokiran akan ditanyakan detail ketika pembukaan rekening.

Balas

Mau tanya kalo kita sudah telpon call center mandiri karena atm hilang dan sudah diblokir kan disuruh bawa surat ket kepolisian. Nah karna polisi deket rumah saya pada jauh. Saya mau langsung ke bank mandiri aja bilangnya ketelen biar gapakai surat ket hilang dr polisi itu kira kira kedetek gak ya keterangam hilangnya?

Kartu mandiri saya hilang dan sudah coba minta di blokir, waktu minta di blokir itu belum selesai telpon ke 14000 udah terputus ..pas nyari2 ketemu dijalanan apakah atm saya sudah otomatis terblokir saat itu?? misal sudah apa bisa dibuka lagi di mandiri call.

Kalau ketika menelepon sudah berhasil verifikasi dan menyebutkan nama, nomor kartu dan atau nomor rekening pasti akan langsung diblokir dan kalau begitu harus ditutup dan bikin kartu baru lagi

Balas

Saya kehilangan kartu atm mandiri, dan saya menghubungi call center 14000 diminta masukkan 16 digit no debit. Tau no debitnya dari mana ya? D buku rekening juga tidak tertera. Mohon infonya. Terimakasih

Waktu telp 14000 kan di suruh ngetik 16 digit nomer yg ada di kartu..la kartunya aja hilang..trus gimana..

Pilih menunya yang laporan kehilangan kartu dan blokir kartu ATM. Seharusnya gak diminta kartu. Kalau memang skr prosedurnya begitu, lebih baik datang ke cabangnya saja.

Balas

Ka kalo mau ganti kartu debit mndiri, apakah no krtu atm, dan kode ccvasih sama atau berubah?
Dan bagaimna jika ada seorang yang tau no pd atm debit mandiri dan mngetajui kode ccv?

Tinggal datang ke cabang bawa KTP dan buku tabungan minta untuk dibuka blokirnya 🙂

Balas

ATM ku hilang dan baru ke ngeuh setelah 2 hari hilang kayaknya.. aku langsung telpon 14000 biar diblokir.. dan Alhamdulillah masih rezeki saldonya utuh.. bikin ATM barunya bisa sehari jadi gak kak? Apa GK nyampe seharian udah jadi atm nya?

Kalau di Bank Mandiri, setahuku setelah ada laporan kepolisian dan dokumen lengkap semua dibawa ke bank, bikin ATM gak pake nama bisa kok sehari jadi 🙂

Balas

Seharusnya iya. Kalau Mandiri aturannya begitu tertelan akan langsung dimusnahkan.

Balas

Mau tanya kalau kita blokir kartu atm lama dan bikin kartu atm baru dgn nomor rekening yg berbeda bisa gak

Ini berarti buka rekening baru ya Mas. Jadi buka rekening lagi dan akan dibuatkan kartu atmnya.
Kalau di rekening lama gak mau diteruskan bisa ditutup (tapi kena biaya)

Balas

Baik-baik saja selama rekeningnya masih bisa terima dana dan bisa terdebet kalau yang dimaksudkan terblokir adalah ATMnya. Tinggal datang ke cabang dan buka blokir accountnya 🙂

Balas

Kalau ATM tertelan mau tidak mau harus membuat ATM baru Mas Agil…

Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *