Kategori
Investasi Perencanaan Keuangan Saham

Pertimbangan Memilih Rekening Sekuritas untuk Mulai Investasi Saham

Tahun baru sudah jalan hampir seminggu nih, masih ada yang cari cara memilih perusahaan sekuritas terbaik?

Kan sepanjang 2020 lalu begitu banyak informasi tentang investasi saham yang manteman terima kan? Ya bagaimana, terpaksa harus stay di rumah dan mengonsumsi beraneka ragam konten tentang keuangan. Hehehe…

Pertanyaan gue adalah: udah pada mulai investasi saham belom? Gue yakin banyak yang belom mulai. Bukan apa-apa, sudah tahu sih mau beli saham apa, tapi masih galauw memutuskan belinya lewat sekuritas yang mana.

Baca juga: Rekomendasi Saham RHB Sekuritas

Banyak kan pilihan sekuritasnya? Menurut data OJK saja, per Agustus 2020 ada lebih dari 100 perusahaan sekuritas yang jadi anggota bursa. Njuk piye milihnya? Apa kriterianya yang bisa bikin hati marem memilih “yuk yes buka rekening si sekuritas ini!”? Sudah pada punya belom listnya apa saja?

Kalau belom, baca sampe habis ya tulisan akiks kali ini. Hehehe. Dan seperti biasa, bacanya bisa dari awal sampai akhir, atau mengikuti daftar isi di bawah ini :D!

Kriteria Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

Bagaimana Cara Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik?

1. Kemudahan Buka Rekening

Syarat pertama dan yang paling penting tentunya adalah kemudahan buka rekeningnya. Apalagi di jaman pandemi begini kan…

Jangan sampe proses buka rekening sekuritas malah ribet dan bikin kita harus pergi kemana-mana atau malah repot cetak-cetak dokumen dan kirim-kirim dokumennya. Yaaa… Kayak pengalaman gue pas buka rekening sekuritas beberapa tahun lalu.

Meskipun pengisian dokumen bisa online, tapi teteup harus cetak dan kirim dokumen ke perusahaan sekuritasnya. Belom lagi kalo males ngirim karena sayang ongkir, janjian dengan kurir yang mau ambil, ketemuan buat serah terima dan sebagainya dan seterusnya.

Tapi dengan kondisi pandemi ini, semua bisa online dan pengalaman gue buka rekening sekuritas yang paling cepet ya sama RHB Tradesmart. Pendaftaran bisa langsung dari aplikasinya.

Halaman pembuka RHB Tradesmart

Gue kemarin tinggal isi data setelah download aplikasi. Dokumentasi semuanya langsung upload semua ke system. KTP, foto diri. Jadi ga ada dokumentasi manualnya.

Dan proses dari awal sampe rekening sekuritas siap pakai gak nyampe seminggu. Ini sudah termasuk pembukaan Rekening Dana Investor (RDI)nya ya.

Trus komunikasi semua via email. Kalau ada perlu update apa atau tambahan data, semua via email. Gak ada cerita kirim-kirim dokumen, lebih-lebih sampe harus dateng ke suatu tempat kan. Big no!

Nah gue sering dapet curhatan di DM kalo pembukaan rekening sekuritas (lain), rada lama di pembukaan RDInya. Bahkan ada yang sampe beberapa minggu ga ada kabar dan kejelasan.

Kalo kayak begini kan kesempatan menangkap peluang investasi sahamnya bisa terlewat. Anyway, pilihan-pilihan buka rekening sekuritas onlinenya kita bisa cek juga ke websitenya IDX.

Kembali ke atas

2. Minimum Setoran Awal

Pertimbangan berikutnya dalam memilih rekening sekuritas online adalah minimum setoran ke RDI. Di RHB Tradesmart, setoran awal minimal adalah Rp 100.000,-

Iyes, Cuma Rp 100.000! Sangat terjangkau kan?

Dan setoran yang dilakukan ke RDI ini bisa langsung dipakai buat transaksi beli saham. Yes, duit setoran itu gak harus mengendap di RDI kita.

Tapi, apa bisa beli saham cuma dengan duit Rp 100.000? Bisa dong! Banyak kok perusahaan-perusahaan yang di bursa yang per lembarnya cukup terjangkau sehingga 1 lotnya masih di bawah Rp 100.000,-

Beberapa saham yang masuk ke indeks LQ45 dengan harga satu lot di bawah Rp 100.000 antara lain BKSL, SRIL dan LPKR. Tapi kalau teman-teman mau menambah modal sampai Rp 500.000,- banyak sekali saham LQ45 yang harga 1 lotnya masih di kisaran Rp 100.000an sehingga dengan modal sebesar itu akan bisa membeli beberapa lot sahamnya.

Jadi, jangan mikir kalo investasi saham itu butuh modal gede duluan ya. 😀

Kembali ke atas

3. Biaya Transaksi

Poin berikutnya yang harus dipertimbangkan ketika memilih sekuritas terbaik untuk transaksi saham adalah biaya transaksi. Biaya transaksi ini akan menentukan perkembangan portfolio kita. Lebih kecil biaya transaksinya lebih bagus dong pastinya.

Melalui online tradingnya RHB Tradesmart, fee jual dan fee beli hanya 0,15% untuk fee beli sementara untuk fee jual sebesar 0,25%. Fee ini untuk transaksi jual beli yang langsung dilakukan melalui system RHB Tradesmart online tradingnya.

Kalau manteman merasa lebih nyaman transaksi melalui telepon, bisa difasilitasi juga via tenaga sales. Order jual dan beli bisa dilakukan lewat mereka. Tapi, fee yang dikenakan juga berbeda dan agak lebih mahal. Untuk transaksi beli sekitar 0,25% sementara untuk fee jual sekitar 0,35%.

Mau jual beli lewat sales force maupun lewat online trading system, feenya bersaing kan? Jangan sampe memilih sekuritas yang fee jual belinya kelewat mahal.

Kembali ke atas

4. Bank Rekening Dana Investor

Ada satu hal krusial yang harus manteman ingat ketika buka rekening sekuritas. Bank yang bekerja sama untuk pembukaan RDInya!

Apa sajakah pilihan bank yang bekerja sama. Sering kali, sebuah perusahaan sekuritas bekerja sama hanya dengan satu bank. Tapi tidak denga RHB Tradesmart.

Ada tiga pilihan bank yang bisa dipilih ketika buka rekening sekuritas melalui RHB Tradesmart. BCA, Bank Permata dan Bank Panin. Ada yang banknya manteman pakai juga?

Kalau gue sih pake BCA buat transaksi sehari-hari, makanya pas buka rekening sekuritas di RHB Tradesmart, gue juga pilih bank ini. Kenapa kok penting memilih bank yang sama dengan bank yang kita pakai?

Pertama dari segi biaya transaksi. Transfer antar bank yang sama mestinya ga ada biaya. Beda kalau misalkan sehari-hari menggunakan selain bank yang kerja sama tadi. Begitu mau transfer setoran, akan ada biaya transfer. Begitu juga kalo misalkan mau mencairkan dana hasil penjualannya kan.

Jadi ini pentingnya penggunaan bank yang sama.

Kembali ke atas

5. Kecepatan Update Setoran

Sama seperti pertimbangan-pertimbangan sebelumnya, yang ini juga gue dapatkan dari pengalaman. Sekarang ini gue pake 3 rekening sekuritas berbeda. Salah satu diantaranya RHB Tradesmart.

Nah pernah suatu ketika gue sedang lihat saham incaran harganya lagi jatuh. Market koreksi lah kira-kira seminggu yang lalu. Pas banget momennya pas gajian.

Ya sebagai #PengabdiGajian dan sebagai investor, gue seneng dong. Kesempatan buat average down posisi gue yang emang mau dipegang lama. Gue pengen tahu jugalah perbandingan update setoran dari ketika sekuritas yang gue pakai.

Gue lakukan transfer di saat yang hampir bersamaan ke tiga rekening sekuritas yang gue punya itu. Do you know what happened?

Dua rekening sekuritas gue butuh paling gak 3 jam buat setorannya kebaca di system. Bahkan ada yang sampe 5 jam! Gue transfer sama-sama jam 9 pagi pas market buka dengan harapan bisa langsung ambil posisi kan. Ternyata satu baru keupdate jam 12 siang di saat market udah tutup sesi pertamanya. Satu lagi baru masuk jam 2 an!

Bahahaha. Gue kesel setengah mati karena harga yang gue incer udah lari kemana-mana. Mending kalo turun lagi, harganya udah naik!

Tapi satu sekuritas gue yang sungguh memuaskan. Yes, you guessed it right. RHB Tradesmart langsung ngebaca setoran yang gue lakukan dong. Instant! Dan gue bisa langsung ambil posisi sesuai harga yang gue mau.

Setelah itu, begitu ada duit gue setornya ya ke RHB Tradesmart doang. Wkwkwkwk. Dua yang lain yasudah lah biar dengan portfolionya yang sekarang.

Kembali ke atas

6. Online Trading & Charting

Pernah tahu kalau di sekuritas ada syarat minimal dana biar bisa trading online dengan harga di market?

Nah di RHB Tradesmart dengan setoran yang hanya Rp 100.000 tadi, kita udah bisa langsung dapet online tradingnya. Gak ada delay harga di system yang kita lihat. Hebat kan?

Jadi kita bisa yakin kalo pesenan kita adalah sesuai harga yang paling update di market.

Selain itu, kita juga butuh charting untuk ngelihat kondisi analisa teknikal dari saham yang mau kita beli. Dan dari RHB Tradesmart, chartingnya menurut gue bagus.

Dari charting di RHB Tradesmart ini gue bisa mendapatkan keputusan kapan saat yang tepat untuk masuk dan juga keluar. Kalau misalkan waktu trading ternyata harganya turun, gue bisa meminimalisir kerugian dan juga memaksimalkan potensi pertumbuhan portfolio gue.

Kembali ke atas

7. Rekomendasi & Riset Pasar

Satu lagi fitur penting yang gak bisa dilupakan ketika memilih sekuritas terbaik buat transaksi saham adalah adanya rekomendasi dan riset pasar. RHB Tradesmart ada fitur ARO signal yang kasih tahu saham-saham mana aja yang lagi BULL, BEAR atau malah kudu diHOLD.

Rekomendasi-rekomendasi ini update terus selama jam perdagangan bursa. Di sebuah sinyal ARO, aka nada kapan saat yang tepat untuk masuk, berapa angka resistennya dan berapa angka supportnya. Jadi kalo ga ada ide mau beli saham apa, bisa memanfaatkan sinyal ARO ini.

Selain itu, ada juga berita dan riset dari analis tim RHB Sekuritas. Berita-berita dan riset terkait pasar dan emiten ini bisa langsung dibaca di aplikasi RB Tradesmartnya tanpa harus kemana-mana lagi. Salah satu sumber berita paling update ya dari aplikasi sekuritasnya langsung kalo buat gue. Ditambah tentunya sambal terus membaca-baca berita yang ada dari berbagai sumber.

Kembali ke atas

Penutup: RHB Sekuritas & RHB TradeSmartnya Memenuhi Semua Kriteria

Dengan segudang kriteria-kriteria tadi, gue bersyukur diberikan kesempatan mengenal RHB Sekuritas dan RHB Tradesmartnya. Gue jadi bisa punya rekening sekuritas yang bisa diandalkan dalam segi kecepatan dengan fitur yang oke punya. Dan tentu saja, biaya yang dibebankan juga bersaing.

Jadi, kalau teman-teman sedang mencari akun sekuritas, cobain deh RHB Tradesmart. Dan kalaupun mau cek toko sebelah, coba lihat ketujuh kategori yang gue tulis di sini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *