Kategori
Investasi Perencanaan Keuangan Saham

Investasi Tanpa Panas Dingin: Layanan Sekuritas Terbaik untuk Memberi Guidance Nasabah

Sebelum gue mulai membahas layanan sekuritas terbaik yang gue pakai, sudah pada denger belom manteman tentang berita heboh akhir-akhir ini?

Yes, pada nyangkut pas investasi saham. Niatnya asset biar berkembang malah kena ARB (Auto Reject Bawah), kondisi ketika penurunan saham cukup signifikan yang membuat perdagangan dihentikan untuk mencegah penurunan yang terlalu dalam. Sedihnya, duit yang dipake investasi adalah duit utang.

Baca juga: Terus Menangkap Peluang di Pasar Saham

Mending kalo utang ke lembaga resmi yang kalo telat bayar tinggal dikenain denda dan nego sama bank atau lembaganya, ini ada yang duit arisan RW, duit sekolah anak dan semacamnya. Auto nangis gak sih?

Nah, biar gak panas dingin investasi kayak gini, gue mau certain satu layanan perusahaan sekuritas yang harus manteman tahu nih. Dan ini ofkors diberikan oleh perusahaan sekuritas terbaik yang gue pake. RHB Sekuritas Indonesia dan RHB Tradesmartnya.

Layanan Sekuritas Terbaik: Market Update Berkala

Investasi Tanpa Panas Dingin: Layanan Sekuritas Terbaik Berupa Panduan Nasabah RHB Tradesmart

Investasi Menggunakan Duit Dingin

Oke, rule of thumb pertama sebelum gue ceritain apa yang gue dapat dari RHB Tradesmart: INVESTASI ITU KUDU HARUS WAJIB PAKE DUIT DINGIN!

Duit dingin itu gimana Mat? Duit yang dimasukin ke kulkas sampe beku?

Kalo sampe ada yang nanya gitu bakalan gue traktir soto dua mangkok dah! Bukaaan maliiih! Duit dingin itu maksudnya duit yang gak akan kepake sampe beberapa tahun ke depan dimana instrumen investasi yang dibeli naik.

Pasti sudah tahu kan kalau kegiatan investasi itu salah satu kegiatan paling membosankan? Alias perlu waktu. Gak bisa instan langsung kelihatan perkembangan nilai investasinya.

Yhaaa, memang ada sih beberapa emiten yang kenaikan hariannya luar biasa, tapi lebih banyak yang perlu waktu beberapa hari, minggu, bulan bahkan sampe tahun sampai perkembangannya itu cukup signifikan.

Lebih-lebih, gak ada jaminan dalam investasi. Jadi ya gak bisa ngarep kalo satu emiten akan naik terus harganya hanya karena sudah beberapa hari atau minggu harganya naik terus. Yang ada malah adanya risiko koreksi karena harganya sudah ketinggian.

Nah kalo pake duit yang panas alias bakalan dipake dalam waktu dekat, trus kejadian koreksi bakalan njuk piye?

Misalkan kayak yang lagi rame, investasi pake duit arisan RW, ato ngutang ke pinjol sampe ratusan juta?

Jadi inget itu dulu ya. Investasi harus pake duit yang dingin!

Kembali ke atas

Bagaimana Menentukan Pilihan Investasi

Pertanyaan berikutnya pasti adalah bagaimana menentukan pilihan investasinya? Terutama kalau buat orang awam. Apalagi sama sekali belom ngerti investasi sebelumnya. Njuk piye?

Salah satu cara paling mudah tentunya dengan menggunakan rekomendasi! Alias ngikut orang aja.

Kalo orang lain untung, gue pasti bisa untung! Sederhana kan? Sayangnya nggak sesederhana itu honey…

Orang lain bisa untung ya sopasti mereka sudah tahu ilmunya. Tahu kapan harus masuk, kapan harus keluar. Apa factor yang memengaruhi dan jadi pemicu harga naik dan harga turun.

Nah kalo kita ikut mereka saja, bisa saja kita bakalan salah langkah. Karena kita gak tahu tuh mereka share informasi itu memang niatnya pure ngajakin orang lain merasakan kenaikan harga bareng atau simply pamer.

Kalo cuma pamer, ya bisa jadi posisi yang dipamerkan itu sudah ada di puncak. Dan ketika kita ngikut-ngikut aja, kita tinggal merasakan turunannya aja.

Nah, kalau mau menentukan pilihan investasi dengan ikut-ikutan, pastikan sumbernya terpercaya dan niatnya emang ngajakin untung bareng. Kayak yang dilakukan oleh sekuritas terbaik andalan gue nih. Dari tiga sekuritas yang gue pake, gue paling sering menikmati layanan ini dari RHB Sekuritas: Update Berkala dan Rekomendasi Saham!

Kembali ke atas

Layanan Unggulan: Update Berkala Perusahaan Sekuritas

Yes, dari RHB Tradesmart, dalam dua bulan ini gue sudah ngikutin dua kali acara update market dan stockpicknya. Yang pertama dijalankan di akhir tahun 2020 kemaren dan yang kedua baru minggu lalu banget.

Kalau di bulan Desember itu tema update economic outlook adalah tentang bagaimana optimism meliputi market karena vaksin sudah di depan mata, di bulan ini yang diomongin adalah sektor-sektor apa yang berpotensi berkembang dalam waktu dekat setelah vaksinasi dilakukan.

Dengan mendengarkan update market ini, gue jadi ada bayangan bagaimana recovery bakalan jalan setelah rolling out vaksin beneran dilaksanakan. Apakah sektor tambang akan naik, bagaimanakan consumer goods, trus telco akan seperti apa.

Dan hebatnya lagi nih ya, acaranya gratis buat para nasabahnya RHB Sekuritas. Tinggal daftar dan masukin ID Pelanggan doang. Hahahaha.

Buat gue sangat mencerahkan sih apa yang disampaikan. Kayak misalkan gue kan kolektornya perusahaan di sektor consumer goods. Pas denger kalo consumer goods dalam waktu dekat belom akan perform, ya gue bisa jadi lebih tenang pegang saham consumer goods yang emang tujuannya jangka Panjang. Malah gue bisa enak kalo mau average down. Hihihi.

Kalo untuk teman-teman yang belom terlalu paham market, ikutan acara economic outlooknya RHB Sekuritas ini menurut gue bakalan banyak nambah pengetahuan. At least kalopun masih panas dingin, tapi panas dinginnya dibarengin ilmu. Gak yang gelap banget. Syukur-syukur kalo misalkan bisa sampe ga panas dingin lagi.

Dana acara-acaranya RHB Sekuritas selalu dishare di Instagramnya RHBTrademartID

Kembali ke atas

Stockpick RHB Tradesmart

Nah, selain economic outlook, acaranya RHB Sekuritas ini juga ngasih stock pick yang bisa dipilih. Dan karena kelasnya perusahaan sekuritas, stock picknya pun gak main-main. Sudah dianalisa mendalam.

Dan ini nih pilihan-pilihan sahamnya kali ini:

Rekomendasi Saham RHB Sekuritas

Saham-saham yang dipilih sama RHB Sekuritas ini adalah saham-saham yang memiliki fundamental bagus dan memiliki potensi kenaikan yang lumayan.

Jadi kalopun misalkan harga sahamnya agak lama naiknya, kita bisa yakin sama perusahaannya. Karena fundamental perusahaan baik dan dalam jangka yang lebih panjang, ada potensi upsidenya.

Pertanyaannya adalah ketika saham ini sudah dibeli, terus kemudian naik dan kita bingung kapan jualnya? Kalo gak dijual-jual takut malah turun lagi.

Nah kemaren sempat disinggung kalo seperti itu, better pake fitur auto trading dan set parameter. Parameternya nanti yang akan jagain, kalau misalkan naik terus, portfolio akan tetap dipegang, begitu berbalik arah dan menyentuh parameter yang ditetapkan, bisa langsung jual.

Tapi gimana cara pakainya? Gue bahas di postingan berikutnya ya! Hehehe.

Kembali ke atas

Perusahaan Sekuritas: Lebih dari Hanya Sekadar Tempat Jual Beli Saham

Yes, perusahaan sekuritas sekarang sudah lebih dari sekedar tempat jual dan beli saham. Dengan semakin meleknya masyarakat akan pasar modal, perusahaan sekuritas bisa menjadi tempat kita mencari panduan.

Bagaimana perusahaan menjadi sekuritas terbaik tentunya dengan menyediakan guidance bagi para nasabahnya. Bagaimana perusahaan sekuritas yang Kamu pakai? 😀

Kembali ke atas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *