Kategori
Fragment

[Money Talk] Keuntungan Menggunakan e-Banking

Beruntung, karena kerja di bank, gw jadi akrab dengan penggunaan e-banking. Transaksi yang gw lakukan lewat channel e-banking pun beraneka ragam, mulai dari transfer, beli pulsa handphone sampe bayar tagihan. Salah satu cara mempermudah hidup ya lewat e-banking ini. Bagaimana, sudah pake belom?

Apaaaa???? Belom pake e-banking ato apapun semacamnya?? Seriuss?? *trus digaplok ama massa

Seriusan deh. Siapa di sini yang punya rekening bank, punya smartphone (dan mungkin modem mifi) dan selalu gak pernah kehabisan kuota tapi kalo isi pulsa masih sms langganan buat isiin ato di warung terdekat?

Ya ga ada salahanya jugak sih ya, bagi-bagi rejeki ya neik…

Cuman kalo misalkan semua-musa transaksi masih dilakukan manual kayatoh misalkan mau transfer uang pendaftaran workshop brush lettering (yang kalo gw bakalan ikut tanggal 20 ini sama si @besinikel) atau bayar tagihan kertu kredit dan atau bayar tagihan listrik di cabang bank sementara itu tadi, punya smartphone dan selalu ada kuota internet, gak sayang waktunya dan tahan ribetnya ceu?

*songong bin nyinyir banget gak sih pembukaan postingan gw ini.

Pas dari kemaren emang mau posting tentang ini kok baca di Kontan ama Kompas tentang transaksi e-banking yang semakin membesar aja jumlahnya. Tahun 2014 jumlah transaksi e-banking mencapai Rp. 6.447 trilyun dan diprediksi bisa sampe Rp. 8.058 trilyun. Transaksi e-banking yang dimaksud di sini termasuk di dalamnya, ATM, mobile/sms banking dan internet banking.

Buat gw sih, nyaman-nyaman aja transaksi e-banking ini dan beberapa keuntungan yang gw sendiri rasakan:

1. Hemat waktu banget.

Ya iyalah ya, kalo semua yang kita lakukan gak perlu ngantri kayak dulu. Iyes, gw sempat merasakan antri berjam-jam cuman buat setor ato transfer. Dan gw pernah juga merasakan penderitaan ngatur orang yang antri berjam-jam di cabang.

Save your time, antri aja di ATM. Kalo bank yang kita pake cukup gede, biasanya gak terlalu berjauhan udah ada ATM lain kalo satu ATM antri. Lebih afdhol lagi kalo gak pake ngantri. Tinggal tekan tombol di smartphone.

2. Hemat biaya

Tahu gak sih, kalo bank itu ngitung loh biaya per orang yang transaksi di setiap channel mereka dan yes, biaya terbesar adalah orang yang transaksi di cabang. Makanya kan kalo ke cabang, setor duit sendiri pun sekarang sudah ada yang kenain biaya, CMIIW.

Makanya bank berame-rame mendorong nasabahnya buat transaksi di mesin-mesin yang ada karena biayanya jauh lebih murah. Lah, hemat biaya buat bank aja dong? Kagak! Buat kita juga.

Biasanya sih kita dikasih diskon-diskon biaya kalo transaksi lewat e-banking. Kayak misalkan biaya transfer kliring dan RTGS, kalo lewat aplikasi mobile bankig dan atau internet bankin, biasanya biaya per transaksinya lebih murah.

3. Bank pribadi 24 jam

Pernah ngerasain ada tiket promo yang buka tengah malem salenya dan konfirmasi ditunggu maksimal setengah jam kemudian? *well, gw belom pernah sih. Hahaha. Yang gw pernah alami adalah kudu beli pulsa karena paket internet habis masa berlakunya dan pernah juga harus transfer ke Bapak Ibuk malem-malem.

Apakah kemudian gw pergi ke luar nyetir ke ATM? Bokk, meskipun ATM juga salah satu e-banking, tapi kalo tengah malem kudu nyetir ke sana, ogeng deh.. 😀

Kagak dong ah. Cukup pencet beberapa kali, pulsa terisi dan Bapak Ibuk sudah tenang karena sudah ditransfer.

=======

Memang sih ada beberapa transaksi yang baru tersedia di channel ATM doang, tapi most of the daily transaction sekarang sudah ada dan bisa dilakukan di mobile banking dan internet banking. Bahkan ada yang yang sampe beli reksadana pun bisa dilakukan lewat internet banking.

Jadi kenapa gak memanfaatkan kemudahan yang bisa diperoleh dari e-banking dan menghemat waktu kita kan yes. Sudah pake channel e-banking apa aja nih? Sudah merasakan kan ya keuntungan menggunakan e-banking?

Postingan lain tentang keuangan:

[display-posts category=”finance”]

41 tanggapan untuk “[Money Talk] Keuntungan Menggunakan e-Banking”

Aq pelanggan e-banking banget Dan, mulai dari ngisi pulsa listrik, voucher hp, transfer, byr kartu kredit, semuanya ga pake antri dan repot saat trx
Tapi tapi tapi…..godaan untuk belanja online ooo eem jiii…secara kalo dah pegang token, berasa atm dalam genggaman ?

halo dani, met kenal. baru pertama kali komentar nih.
iya gw pengguna internet banking banget. dan udah jadi pengoleksi token internet banking dari berbagai macam bank. dan udah mulai merambah rekening e-cash yang gampang banget transaksinya.
Oh iya, karena keseringan pake internet banking, suatu hari gw lupa bener bawa token terpaksa kudu ke bank untuk setor ke rekening gw sendiri, daaaan dikenakan biaya cobaa… karena katanya rekening gue di luar kota. hih. kesel.

Salam kenal! 😀
Iya, gw juga mulai pake-pake rekening ponsel dan segala macemnya demi kepraktisan.
Memang agak aneh sih ya, katanya jaringan online tapi setor beda daerah dikenakan biaya. Hihihi. Itu terkait premi asuransi yang harus mereka tanggung buat transport fisik uang ke BI untuk disimpan 😀

Balas

Sebagai cewe yang doyan jajan di onlenshop, udah pasti punya e-banking hahaha. Kalau pulsa abis juga lebih suka jajan pulsa lewat e-banking. Cuma suka shock aja kalau liat saldo menipis hahaha =))

Sejak pegang token awal kuliah dulu sampe sekarang transfer dkknya enakan dari internet, lebih gampang ga perlu antri. Saking males antri kalo mau nabung pun cari ATM yang setoran tunai :D, ke atm kalo mau ngambil duit aja.

Wah iya Mam. Sama. Malahan seringnya transfer ke temen yang habis ambil duit banyakan trus minta ke temen. Hahaha. Jarang mampir ATM juga euy. 😀

Balas

saya pake ebanking dari 3 bank berbeda.. herannya yang 2 bank, BN* ama Com*******th sekarang ini error gak bisa dipake dan ngurusnya jadi ribet karena mesti datang ke banknya. Jiahhh malesin.. yang masih bertahan dan jadi teman setia adalah ebanking MANDIRI. Hahahaahaaa sengaja ditulis jelas 😛 soalnya emang puas kok ama ebankingnya, malah nambah sekarang pake sms bankingnya juga… Hidup jadi lebih mudah..

Kalo commonwealth emang ganti sistem Mbak Pipit. Diurus saja. Kalo BCA katanya gak kompatibel ama versi terbarunya Android. Saya denger mereka sedang melakukan transformasi sistem sih. Semoga sih segera bisa dipakai umum. Mandiri sampe sekarang masih lancar jaya emang. Saya juga pake danamon dan cukup powerful juga. Hehehe..

Balas

Gw pengguna E-banking pake banget walopun pernah terjadi crash wkt byr2, tp tetep aku cinta ebanking hehehe

Saya pakai E-banking khusus untuk bank indonesia saja, masih saya pergunakan sampai sekarang. Dinegara kutinggali sekarang saya lebih suka cara konvensional datang ke banknya.. utk transfer cukup isi form (sdh ngisi dari rumah) dan masukkin ke kotak surat di bank tdk perlu ngantri, rekening kita akan dipotong sesuai yg mau dibayarkan. Klo suamiku ga mau pakai e-banking krn mau amannya saja. Takut komputer kita ke hack hehe.

Wah enak kalo ada sistem begitu Mbak Nella. Kalo di sini belom ada euy. Masih rawan diselewengkan.oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Makanya transaksi pasti ke bank kalo tidak mau pakai ebanking.

Balas

Saya belum pakai e-banking tuh Mas :haha. Hitung-hitung olahraga juga, jalan kaki ke ATM, maklum lagi butuh banyak bergerak supaya peredaran darah bisa lancar lagi :hihi. Tapi ya, saya akui memang e-banking ini memudahkan banget, soalnya tinggal klak-klik langsung beres, apalagi kalau mau transaksi, gampang tinggal pakai token masukkin angka ini itu, beres deh :hehe. OK-lah, nanti bakal saya coba kalau sudah ada waktu ke cabang :haha. Tapi kalau ke cabang saya paling cuma setor doang sih, buat tarik duit hampir tidak pernah lagi :)).

Wiiiih. Sadiiiis, sekarang setor terus ya Gar? Gak pernah tarik lagi? Gilak kereeeen. Ajarin dong caranya biar bisa setor terus tanpa narik Gaaaarrr.. Seriusan iniihh

Balas

Ada bahayanya sih pake ebanking. Belanja online jalan teruusss… Tinggal pencet-pencet doang udah transfer ke penjualnya haha…
Setoran tunai gue paling demen di mesin a
Atm, males antri di teller. Apalagi skrg si B** udah banyak mesin ATM-nya sudah bisa setor tarik. Ma****i masih sedikit mesin setoran, jadi agak PR mesti ke teller. P*****a sejauh pengamatan gue belum ada, tapi untungnya teller gak terlalu rame. Dulu temen kantor gue selalu komen: kok nyetor duit sama mesin, emang gak aneh? Tapi itu jalan 3 tahun lalu sih, semoga sekarang dia udah insyaf.

Bener Ngel, paling seneng gw ama BCA karena mesin setorannya udah banyak banget. Mandiri pas jaman gw masih kerja di sana dulu juga menargetkan memperbanyak mesin setoran kok, jadi gw yakin mesin setoran mereka masih terus akan bertambah karena biaya ngelayanin orang setor itu jauh lebih mahal kalo dihitung dibandingkan dengan beli mesin setoran. Hihihi… Kan kalo setor di teller ada kemungkinan salah hitung ato salah posting dari teller ya..

Balas

Kalau disini semua-semua sekarang sudah pakai e-banking semua, hehehe 😀 . Kayaknya jarang banget deh perlu ke kantor cabang bank. Kesana paling kalau ngurus yang gawat darurat dan gak biasa aja, misalnya kalau kartu ATM hilang dan sebagainya…

Gw ngebayangin nyamannya hidup kalo semua udah bisa lewat e-banking Ko. Di sini masih ada beberapa transaksi yang harus dateng ke cabang dan ATM meskipun ATM memang part of e-banking sih ya..

Balas

Aku nggak pakai e-banking 🙁
Eh sms banking itu nggak termasuk e-banking?
Bukan karena merasa nggak perlu e-banking, tapi ya itu daku pelupa akut, sms banking saja selalu lupa passwordnya.
Tapi mau bikinlah, secara ngerasa susah juga kalau malam-malam lagi butuh transaksi 🙁

kira-kira suatu saat nanti e-banking (selain ATM) ada yang bisa untuk menarik uang tunai gak ya? pengen deh narik uang cash dari dalam kamar biar dikira orang hasil ngepet, hehe

Hahahaha. Setahu saya sudah ada beberapa bank kerjasama dengan merchant yang merchantnya bisa dipakai untuk narik uang 😀
Kalo dari kamar mungkin agak lama ya 😀

Balas

blog yang cukup menarik, dan themes yang sangat seo frendly. salam hangat. Pembicara Internet Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *