Kategori
Perencanaan Keuangan Pilihan Keuangan Produk Produk Teknologi

Kategori Memilih Layanan Digital Banking Terbaik untuk Hidup yang Lebih Nyaman

Saat ini, gue sedang dalam perjalanan mencari digital banking terbaik. Internet belum pernah sebaik ini dan dunia sudah berubah! 

Semua yang bisa dilakukan daring, dibuatkan versi digitalnya. Termasuk pengalaman dalam menggunakan bank dan layanannya. Andaikan gue bisa bilang “Sejak negara api menyerang”, tapi kenyataannya memang semua berubah sejak adanya wabah dan pandemic melanda kan. 

Kalo dulu orang mungkin lebih seneng datang ke bank karena bisa ketemu Mbak dan Mas customer service atau teller favoritnya di cabang, sekarang sudah nggak gitu lagi. Orang lebih memilih untuk bisa melakukannya langsung dari ujung jarinya. 

Tapi gue gak gitu sih. Sejak mulai aktif mobile banking dan lebih-lebih dengan adanya digital banking ini, gue sudah jadi avid usernya. Kerjaan paling males buat gue adalah jalan ke bank dan antri-antri. Hahaha. I’m not a big fan of wasting my time doing my banking errand. 

“Emang ngaruh Dan, transaksi bank jaman dulu sama sekarang dengan mobile banking?”

“Bukannya lebih enak kalo transaksi langsung ke bank? Kan lebih aman?”

Kalo pada punya pertanyaan itu, silahkeun dibaca tulisan ini. Bisa dari awal sampe akhir atau sesuai dengan daftar isi di bawah ini ya! *wink

Digital Bank Terbaik untuk Kenyamanan Hidup

Layanan Perbankan Tidak Hanya Sekedar Setor-Tarik-Transfer

Pertama, buat gue layanan perbankan yang setor-tarik-transfer itu adalah layanan paling dasar. Layanan paling primitif yang memang adalah bisnis dasarnya perbankan. 

Kalau Kamu yang baca ini masih menggunakan bank “cuma” buat transaksi-transaksi tersebut, gue bisa bilang kalau hidup Kamu bisa jauh lebih efisien. Gimana nggak, jaman sekarang bank bisa melayani transaksi yang jauh lebih kompleks dari cuma sekedar setor-tarik-transfer.

Baca juga: Pertimbangan Membuka Rekening Bank

Ini juga berlaku buat Kamu yang transaksinya sudah jauh lebih banyak dari sekedar 3 transaksi dasar itu tapi masih harus datang ATM atau cabangnya bank. Gue berani bilang kalo hidupmu itu masih ribet. Muahahaha. 

Dengan internet yang semakin stabil dan kemajuan teknologi, peningkatan layanan perbankan sudah jauh banget berbeda kalau dibandingkan sepuluh tahun lalu. Hanya dalam 1 dekade, transaksi yang dulu hanya bisa dilayani di internet banking, mesin ATM atau bahkan cabang, sekarang bisa dilakukan melalui smartphone. 

Bahkan bisa dibilang, sekarang ini cabangnya bank semua sudah pindah ke smartphone kita. Dan gue bisa dengan bangga bilang kalo gue adalah avid adopter akan perubahan ini. Bahkan sejak pertama kali mobile banking dikenalkan dahulu. 

Dan karena sekolah anak gue yang mahal banget itu (iye gue pamer :D) bayarnya cuma bisa lewat virtual account bank CIMB Niaga, gue pun buka rekening Tabungan Xtra via OCTO Mobile CIMB Niaga. Biar kalo mau bayar sekolah tiap bulan gampang dan bebas biaya kan. Semua opening account prosesnya langsung dari aplikasi. 

To my surprise, ternyata OCTO Mobilenya CIMB Niaga ini memberikan semua kriteria yang gue cari dari sebuah rekening bank. Cencunya yang paling utama adalah kenyamanan hidup. Apa saja kriterianya? Gue bahas lengkap di bawah ini yes. 

Kembali ke atas

Pembukaan Rekening Jadi Koentji

Kalo gue sekarang ditanya, “Dan, apa pertimbangan utama lu buka rekening bank?”

Jawaban gue akan dengan lugas bilang, “Pembukaan rekening harus bisa full online dari smartphone gue tanpa gue harus datang kemanapun tapi keamanan terjamin.”

Yes, gue percaya banget kalo pembukaan rekening pun sekarang bisa jauh lebih disederhanakan. Internet yang jauh lebih stabil dan kamera smartphone yang sudah bagus banget kudu bisa dimanfaatkan oleh bank untuk proses pembukaan rekeningnya. 

Tapi keamanannya gimana? 

Terpujilah para petinggi negara yang sudah berupaya mewujudkan jalannya data kependudukan yang terpadu! (tapi bukan buat para koruptornya ya :P)

Dengan data kependudukan yang terpadu, bank sekarang sudah bisa narik data-data kita. Ini sangat diperlukan untuk verifikasi ketika proses pembukaan rekening bank. Dengan begini, data-data bisa dicek dan re-check oleh bank. 

Kenapa sih soal data kok ribet banget? Yha! Kan bank memang industry pelayanan yang kerjaan utamanya terima simpanan uang dari kita sebagai nasabah. Karena itulah kebenaran data kita kudu bener-bener diutamakan. Biar nantinya gak semua orang bisa akses dan transaksi dengan nama kita kan. 

Dengan memadukan kemajuan teknologi dan akses data yang terintegrasi ini, pembukaan rekening bank sekarang bisa dilakukan langsung dari smartphone. Ini jadi pertimbangan utama gue kalo misalkan gue harus buka rekening bank.

Pas buka rekening OCTO Mobile CIMB Niaga kemaren pun full online. Bahkan yang bikin gue kagum, sistemnya bisa ngebaca data-data kependudukan gue cuma dari foto KTP yang gue upload. Ngisi datapun gak banyak bejibun. 

Kembali ke atas

Investasi Ke Berbagai Kelas Aset dengan Mudah

Menggunakan OCTO Mobile CIMB Niaga: Layanan Digital Banking Terbaik

Gue udah gak lagi muda (susah banget ya ngomong udah tua :P) dan karena itulah pengeloaan duit dan investasi jadi salah satu fokus saat ini sampai pensiun nanti. Sekarang ini, gue sama istri lagi agresif-agresifnya buat investasi. 

Memang bank gak diperbolehkan buat masuk ke bisnis brokerage/investasi saham. Tapi bank bisa masuk sebagai agen penjual reksa dana dan juga sebagai mitra distribusi untuk produk obligasi pemerintah. 

Gue sendiri investasi di berbagai kelas asset yang berbeda untuk beraneka tujuan keuangan yang gue punya. Selain saham, gue juga aktif berinvestasi di reksa dana dan obligasi pemerintah. Nah, tentu saja gue akan cari bank yang bisa menyediakan layanan dimana gue bisa beli asset investasinya dengan mudah. 

Untuk keamanan dan return yang rutin, gue akan beli obligasi pemerintah karena adanya pembayaran rutin kupon dan jaminan keamanan ketika jatuh tempo. Obligasi yang gue beli pun bukan cuma obligasi ritel negara saja. Gue juga aktif beli obligasi pemerintah yang dijual di pasar sekunder. 

Selain itu, untuk tujuan lain seperti membangun dana darutan dan juga tujuan yang lebih jauh di masa depan, gue juga aktif investasi di reksa dana. Mulai dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, sampai ke reksa dana saham. 

Dan gue memilih untuk bisa membeli reksa dana ini dari agen penjualan yang melayani pembelian online. Kenapa? Gue masih kebayang ribetnya ketika dulu untuk beli reksa dana gue harus datang ke cabang bank. Bahkan ketika gue cuma pengen tahu saldo investasi gue berapa, gue harus datang ke sana! Hahaha.

Makdarit, kalo ada bank yang menawarkan bisa melakukan pembelian obligasi dan reksadana di satu sistem, gue pasti akan buka rekening di sana. Hidup gue jauh lebih mudah karena gak perlu pindah-pindah untuk kontrol portfolio gue. 

OCTO Mobile CIMB Niaga bisa gak? Bisa mamen! Ada menu buat beli obligasi dan reksa dana dari aplikasinya. Gue sih penasaran buat bisa mulai beli obligasi di pasar sekunder ato pas pemerintah jualan ORI dan SUKRI ke depannya. Apalagi buat reksa dana kan ya. Hehehehe. 😀

Tapi gak cuma obligasi dan reksa dana aja yang tersedia di OCTO Mobile, masih ada produk investasi dan pengembangan dana lainnya. Kalo mau tabungan berjangka, tabungan valuta asing dan deposito ada juga lho di OCTO Mobile! Bukanya langsung dari aplikasi dan gak perlu repot ke cabang. 

Kembali ke atas

Tarik-Setor Dimana Saja Tanpa Kartu & Gratis Biaya? Check!

Nah, satu fitur ini yang gue sama sekali belom pernah kepikiran sebelumnya kalo bakalan jadi pertimbangan pembukaan rekening. Tapi ternyata, setelah merasakannya gue ngerasa hidup emang jauh lebih mudah. Apakah itu?

Setor-tarik dimanapun tanpa kartu ATM! Yes bener. Tanpa kartu ATM!

Gue sendiri ngerasain betapa bawa-bawa kartu ATM itu jadi hassle yang luar biasa ngerepotin. Karena gue masih harus bawa dompet kemana-mana!

Padahalan kan kartu ATM itu practically buat narik (dan setor) doang. Sementara transaksi-transaksi lain yang ada di ATM sekarang sudah bisa dilakukan di aplikasi mobile banking di smartphone kita. Jadi ngapain harus bawa-bawa kartu ATM lagi kan?

Sungguh sangat convenient kalau gue bisa langsung tarik di ATM bank yang gue pake dimanapun tanpa kartu ATM lagi. Bisa ngurangin beban gue bawa-bawa dompet kan? 

Nah dengan semua hal yang gue sebut untuk bisa memudahkan hidup itu, berapa sih biaya yang gue akan rela keluarkan? 

Gue pribadi sebenernya gak masalah kalo harus membayar semacam biaya administrasi ya. Tapi yha gimana, ini bank-bank yang sibuk menggalakkan layanan digitalnya pada kasih layanannya gratis! 

Jadi kalau misalkan ada bank lain yang menawarkan layanan kurang dari itu dan masih ngenain biaya, ya mau gak mau bakalan gue tinggalin. Hahahaha. Dani kan anaknya realistis. Kalo bisa gratis kenapa bayar?

Pertanyaannya adalah, adakah bank yang menawarkan itu semua dalam satu layanannya? 

Kembali ke atas

Hidup Lebih Mudah Menggunakan OCTO Mobile by CIMB Niaga

Menggunakan OCTO Mobile CIMB Niaga: Layanan Digital Banking Terbaik

Ini gue baru banget kenalan dengan OCTO Mobile by CIMB Niaga emang. Belum lama gue pakai. Tapi kalau gue lihat dari menu-menu yang ada dan value propositionnya, gue yakin ini yang paling lengkap. 

Mulai dari gratis biayanya, di OCTO Mobile by CIMB Niaga gue temukan kalo kita bisa gratis transfer ke bank lain sampai 20kali per bulan. Sangat mencukupi buat yang aktif transaksi kayak gue gini kan. Ditambah lagi bisa setor-tarik tanpa kartu ATM karena sistemnya sudah memungkinkan itu. 

Transaksi? Lengkap kalo dari hasil penerawangan gue. Beberapa transaksi yang umum gue pake setiap bulan ada semua di situ. Termasuk buat beli pulsa listrik yang kadang suka panik tengah malem harus beli pulsa karena lupa ngisi. 

Nah yang paling penting dari semuanya adalah di OCTO Mobile by CIMB Niaga bisa melakukan jual beli reksa dana dan juga obligasi di secondary market. Selain semua kemudahan transaksi itu, gue jadi bisa dengan nyaman mau investasi kapanpun gue mau langsung dari tempat yang sama. 

Dari satu tempat gue bisa merencanakan masa depan sekaligus nyaman ngurusin hidup dan keuangan gue nih. 

Buat Kamu yang memang lagi cari bank tempat bisa nabung dengan nyaman sekaligus investasi, cuss cobain download OCTO Mobile by CIMB Niaga. Kalo pengen tahu lebih lengkap, langsung aja buka websitenya OCTO Mobile CIMB Niaga ya 🙂

Kembali ke atas

4 tanggapan untuk “Kategori Memilih Layanan Digital Banking Terbaik untuk Hidup yang Lebih Nyaman”

Betul sekali kak. di era sekarang ini rekening memang sangatlah penting. Dengan memiliki rekening maka maka kita dapt dengan mudah melakukan transfer uang. selain itu m banking juga dapat digunakan sewaktu waktu tanpa harus repot-repot pergi ke bank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *