Kategori
Fintech

Fintech Indonesia: Sejarah dan Jenisnya

Financial technology, atau lebih sering disebut fintech Indonesia, mulai berkembang dan semakin dikenal akhir-akhir ini. Banyak orang semakin familier, dan menjadikannya sebagai bagian dari hidup masing-masing.Apakah kamu juga merupakan pengguna fintech? Jenis fintech apa yang kamu gunakan sekarang? Jenis fintech Indonesia yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan adalah Peer to Peer (P2P) Lending, dibandingkan beberapa […]

Kategori
Investasi Perencanaan Keuangan Saham

Pertimbangan Memilih Rekening Sekuritas untuk Mulai Investasi Saham

Tahun baru sudah jalan hampir seminggu nih, masih ada yang cari cara memilih perusahaan sekuritas terbaik? Kan sepanjang 2020 lalu begitu banyak informasi tentang investasi saham yang manteman terima kan? Ya bagaimana, terpaksa harus stay di rumah dan mengonsumsi beraneka ragam konten tentang keuangan. Hehehe… Pertanyaan gue adalah: udah pada mulai investasi saham belom? Gue […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Akan Seperti Apakah Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2021? Begini Prediksi Beberapa Pakar

Pandemi ini sudah melanda dunia belasan bulan lamanya. Sudah banyak sekali dampak yang bisa kita rasakan, seperti gangguan sektor kesehatan, sosial, dan juga ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II menurun sebesar -5,32%, dan pada kuartal III berada pada tingkat pertumbuhan -3,4%. Tak pelak, jurang resesi pun akhirnya harus kita jalani, menyusul puluhan—mungkin ratusan—negara lain […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Resolusi Keuangan Keluarga untuk 2021 yang Lebih Harmonis

Lagi-lagi resolusi keuangan nih. Ya iya dong. Anggap saja resolusi tahun baru itu adalah realisasi dari rencana keuangan kita yang mencakup setahun penuh perbaikan kondisi. Kamu perlu membuat resolusi untuk segala hal yang pengin kamu perbaiki di tahun 2021 nanti. So, singkirkan mindset dulu, bahwa resolusi itu sekadar janji manis yang enggak pernah diniatkan benar-benar […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Resolusi Keuangan Tahun 2021 untuk Karyawan Agar Tak Mengulang Kesalahan yang Sama

Lagi-lagi ngomongin resolusi keuangan nih. Klasik ya? Tapi yah, momen tahun baru ini memang jadi waktu yang pas buat berbenah sih. Siapa pun kamu, terutama buat yang sudah “dapat pelajaran berharga” dari tahun 2020 yang rasanya bakalan menjadi tahun yang nggak akan terlupakan seumur hidup. Yes, apalagi kalo bukan gara-gara pandemi COVID-19. Dalam 100 tahun […]

Kategori
Perencanaan Keuangan

Resolusi Keuangan 2021 yang Paling Pas untuk Freelancer Alias Pengejar Proyek

Sudah bikin resolusi keuangan belum? Yah, klise amat, nanyain resolusi keuangan lagi. Well yeah, bagi sebagian orang, semacam buat apa sih bikin resolusi kalau nantinya bakal dilupain juga? Ya, kalau itu sih bukan salah resolusinya. Kita sendiri aja yang memang nggak bisa disiplin. Resolusi–termasuk di dalamnya resolusi keuangan–memang sounds so cliche, tetapi kalau kamu bisa […]

Kategori
Investasi

Tip Investasi untuk Menghadapi 2021 yang Belum Sepasti Itu

Tip investasi sih biasanya dibutuhkan terus ya. Tapi secara khusus di pergantian tahun 2021 ini. As you know, fellas, tahun 2020 ini merupakan tahun yang penuh ujian untuk semua negara, termasuk Indonesia. Seluruh negara yang ada di dunia mengalami resesi secara bersamaan, hingga mengalami ketidakstabilan perekonomian. Semua ini akibat dari pandemi COVID-19. Sekarang, tahun 2020 […]

Kategori
Asuransi Perencanaan Keuangan

Gini Cara Klaim Asuransi Mobil Supaya Nggak Sampai Ditolak

Kadang ya, orang tuh sudah sadar, bahwa asuransi itu penting. Tapi, kasus klaim asuransi ditolak juga sering terjadi. Kenapa ya? Ini juga termasuk klaim asuransi mobil nih. “Katanya susah ya klaim asuransi mobil?”“Kata siapa?”“Ya, pokoknya ada sih yang bilang gitu.”“Ya, tergantung kelengkapan dokumen untuk mengurus klaim dan juga perusahan asuransimu.”“Nah, terus, gimana sih cara klaim […]

Kategori
Investasi Uncategorized

Investasi Terbaik untuk Tahun 2021, Apa Ya?

Apa sih harapanmu di tahun 2021 nanti? Tahun 2020 hampir berakhir loh! Pastinya setiap orang menginginkan mempunyai finasial yang baik dari pada tahun ini bukan? Untuk mewujudkannya, kamu bisa melakukan banyak cara. Salah satunya dengan mencari instrumen investasi terbaik agar kamu mendapatkan keuntungan yang lebih optimal tahun depan. Misalnya seperti mencari pekerjaan yang penghasilannya lebih […]

Kategori
Asuransi Perencanaan Keuangan

5 Jenis Asuransi di Indonesia yang Mesti Kamu Pahami

Jenis asuransi di Indonesia itu ada banyak, meski paling baru beberapa saja yang cukup familier dan barangkali juga kamu tahu. Tapi, kenapa sih penting banget buat kita untuk punya asuransi? Yah, well, gini aja deh singkatnya. Pepatah yang cocok menggambarkan pentingnya kepemilikan asuransi adalah sedia payung sebelum hujan. Asuransi merupakan bentuk perlindungan dari berbagai kerugian […]