Kategori
A's Milestones Being a Father Perencanaan Keuangan

Perhatikan! Perubahan Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan!

Sejak tanggal 27 April 2016, terjadi perubahan tiket masuk Kebun Binatang Ragunan! Cari tahu dari post ini tentang perubahannya!

Halah-halah Daaaan! Bikin judul ora usah bombastis gitulah, hawong cuman mau nulis perubahan tiket masuk Kebun Binatang Ragunan doang aja kok yah! 😀

Postingannya ini ditulis malem hari setelah siang tadi puwas yalan-yalan sama A berdua aja. Anaknya udah pules bobok, sementara bapaknya masih bingung gimana nyelesein pe er postingan blog eh malah dapet ide buat posting jalan-jalan siang tadi.

Masih inget kan sama postingan gw tentang jalan-jalan ke Kebun Binatang Ragunan bareng keluarga Kwek-Kwek tahun lalu?

Jalan-Jalan Seru ke Ragunan

Nah, karena hari ini hari pertama dari super long weekend, Bul lagi gak di rumah dan bingung nyari kegiatan ama bareng A, karena teringat indahnya masa-masa tahun lalu itu, akhirnya gw pun mengusulkan ke Kebun Binatang Ragunan ke A. Dan anaknya pun menyambut dengan antusias!

Perubahan Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan

Penggunaan Uang Plastik Kartu JakCard dari Bank DKI

Penggunaan JakCard sebagai perubahan tiket masuk Kebun Binatang Ragunan

Jadi apa perubahannya? Yep, per tanggal 27 April 2016, buat masuk ke Kebun Binatang Ragunan semua pembayaran menggunakan JakCard dari Bank DKI. JakCard ini semacem Flazznya BCA atau e-toll cardnya Mandiri.

Berwarna oranye terang, JakCard ini harus dipake di Kebun Binatang Ragunan buat pembayaran parkir, tiket masuk, pembelian makanan di Pujasera, masuk ke Children Zoo, Pusat Primata Schmutzer dan beberapa hal lain-lainnya.

Tap masuk setelah perubahan tiket masuk kebun binatang Ragunan

Begitu dateng kalo belom punya kartu JakCard ini, kita diwajibkan beli dengan dua pilihan kartu, yang berharga Rp. 60.000 (Saldo kartu Rp. 50.000,-)  atau yang berharga Rp. 30.000,- (saldo kartu Rp. 20.000). Kebetulan pas gw dateng, yang ada cuma kartu yang harganya Rp. 30.00,-.

Dengan tarif parkir Rp. 15.000,- praktis yang tersisa di kartu gw cuman Rp. 5.000,-. Sementara harga tiket masuk ke Ragunan adalah sebesar Rp. 4.000,- untuk dewasa dan Rp. 3.000,- untuk anak-anak (umur 3-12 tahun). Mestinya gw kudu top-up ke loket karena gw kurang Rp. 2.000,- tapi kemudian dibolehin langsung masuk sama bapak penjaganya.

Oiya, top-up isi saldo JakCard ini bisa dilakukan langsung di booth yang dulu jualan tiket masuk ke Ragunan yang sekarang dialihfungsikan jadi tempat top-up JakCard aja. Harga masuk diturunkan Rp. 500,- dari pas gw dateng dulu karena mungkin sekarang jauh lebih gampang kelola duitnya.

Sinergi Bagus dan (Seharusnya Diikuti) Peningkatan Layanan Kebun Binatang Ragunan

Ngelihat kondisi itu, gw angkat jempol buat inisiatif yang diambil ama PemProv DKI buat menggunakan Bank DKI sebagai penyedia lalu lintas pembayaran di kawasan Kebun Binatang Ragunan ini. Sebuah sinergi yang gw pikirkan pas pertama kali dateng dulu. Kenapa gak dibikin cash-less aja sih transaksinya kan?

Merokok di dalam Kebun Binatang Ragunan? *sad* Lihat tangannya! Pegang Rokok!

Sayangnya, peningkatan yang gw rasakan ya cuman di cara pembayaran ini aja. Meskipun staf yang bertugas gw lihat sama banyaknya dengan pas gw ke sini setahun lalu, suasana kedodoran di Kebun Binatang Ragunan jauh lebih kerasa apalagi karena gw ke sininya pas emang udah siang menjelang tutup. Sambah berserakan dimana-mana dan yang lebih parahnya, sayangnya orang-orang dengan SANGAT BEBAS merokok di Kebun Binatang Ragunan ini. Bahkan di beberapa tempat gw lihat petugasnya sendiri yang merokok!

Betapa bencinya gw sama asap rokok pernah beberapa kali gw tulis di postingan tentang Beda Prioritas dan What’s So Good in Smoking?

Jam Terbaik Berangkat ke Kebun Binatang Ragunan

Kami berangkat jam 13.44 dari rumah, iyes siang banget! Karena paginya kami jalan pagi atas usulan A ke AEON Mall dengan berjalan kaki, akhirnya bapaknya yang gak pernah olahraga inipun bablas ketiduran sementara A masih asik loncat-loncat.

Kolam Pelikan Kebun Binatang Ragunan

Ternyata berangkat jam segitu adalah keputusan tepat meskipun agak kesendat macet di lampu merah Giant BSD -Eka Hospital sini. Tapi perjalanan menuju ke Kebun Binatang Ragunannya lancar abish. Begitu sampe di daerah Mampang-Ragunan, arah yang keluar dari Kebun Binatang Ragunan kelihatan macet panjang! Orang-orang yang dateng dari pagi udah pulang jam 2-an.

Kamipun dapet parkir gak terlalu lama tapi sayang di dalemnya emang agak padet. Karena Kebun Binatang Ragunan tutup jam 5, jam 4 pun kami sudah keluar dan itu udah lowong parkiran. Jalanan balik? Lancaarrr!! Hahahaha.

Jadi lain kali kalo mau ke Kebun Binatang ragunan ini berangkat agak siangan aja biar gak macet pas berangkat dan pulangnya.

Gw kasih video gw sama A di sana nih, gak yang penting banget sih videonya, tapi mayan buat dilihat bareng A ntar-an. Hihihi..

Feed Reader danirachmat.com

Kolam Pelikan Kebun Binatang Ragunan

Ohiya, tambahan nih manteman, buat yang udah subscribe blog ini via feedly, WordPress reader dan sebagainya, mohon maaf kalo udah beberapa waktu gak ke update ya di feed kalian. Gw udah kontak ke perusahaan penyedia theme dan juga hostingannya, cuman karena belom sempet ngecek sendiri masih belom ketemu nih.

Gw kemaren coba subscribe sendiri ke feedly pake alamat feed burner yang ini: http://feeds.feedburner.com/danirachmat

Beberapa kali gw bikin postingan dan di feedly keupdate. Jadi kalo kalian berkenan, mohon disubscribe sekali lagi di feedlynya dengan alamat di atas atau kalo nggak bisa juga langsung klik tombol feedly ini .

Jadi semoga setelah postingan Perubahan Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan ini lancar semua dapet update-an dari blog ini. 🙂 Makasih banyak yaaa!

 

37 tanggapan untuk “Perhatikan! Perubahan Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan!”

Apa nggak ada tanda larangan merokok diarea kebun kak ???. kalo ada tanda larangan merokok kan bisa tuk yang merokok didalem kebun langsung di semrpot. 😀 , salam kenal dari Cirebon

Wah aku siap2 punya uang elektronik lagi nih kalo mau ke ragunan, soalnya blm punya jakcard, nambah2 penghuni dompet.
Mas dani kurang bawa tiker sm bekel., biar lebih berasa piknik.. hehe

Seumur-umur belom pernah ke Ragunan eh dulu apa pas kecil udah pernah ya?
Sayangnya satu-satunya kebun binatang di Palembang gak keurus. Padahal sarana edukasi yang asyik ya mas Dan.

Lumayan juga ya cuma 4rb. Di KBS kayanya 15rb deh, tapi bolak balik beritanya menyengsarakan binatang. Iki piyeeee

Maafkan ya Fe, makanya ini gw minta tolong tambahin alamat feed readingnya dari alamt feed burnernya aja. Huhuhu… Gw sedih deh gak bisa dibukanya ini punya gw dari feed readernya. 🙁

Balas

Saya pernah ke sana pagi Mas, memang enak karena lokasinya masih bersih, tapi in terms of traffic waktu pulang siangnya macet banget dan parkirannya penuh. Hehehe.. Jadi sore datang ke sana masih nyaman juga dan malah gak kena macetnya 😀

Balas

Kalau udah pake elektronik semua gini kan jadi lebih percaya uang kita ga nyecer dimana mana

gpp lebih mahal juga, yang penting pelayanannya lebih baik lagi
dan yang terpenting binatangnya bisa hidup nyaman 🙂

Hooo info penting nih, soalnya bentar lagi KB Ragunan bakal jd sekolahannya anakku. Tp teteub ya, org2 tuh masiiih aja ignore aturan dan himbauan, dimana aja sigh. Oya, feedlynya udah updated kok.

aku terakhir ke ragunan tgl 9 april kemaren masih manual pembayarannya. dan emang kalo mau ke ragunan kalo ga pagi banget biar sekalian olahraga ato siang banget tapi kalo kesiangan ga enaknya cuma sebentaran didalam.

masih banyaknya yang ngerokok itu salah satu yang aku ga suka mas. Padahal kan enaknya bisa menghirup udara segar ga terkontaminasi asap rokok.

Masalah sampah itu karena kebiasaan orang2 yang males banget buat sampah pada tempatnya, padahal tempat sampah aku perhatiin banyak lho, dan petugas kebersihannya juga banyak yang bersih2.

Baru tau nih. Dulu masih sering lari di sana selalu bayar cash, dan memang jadi ribet kalo ngga bawa duit pas. Ngga lucu kan lari sambil ngantongin duit koinan kembalian, hehehe. Mendingan kalo kebetulan celana larinya ada kantongnya. Semoga ke depannya bisa juga cashless dgn kartu dari bank lain…

Apakah jakcard ragunan ini bisa dipakai untuk pembayaran toll? Dan apa jakcard ragunan hanya bisa di topup di ragunan?

Hai Mba Elsa. Untuk saat ini belum bisa dipakai untuk pembayaran tol. Pembayaran tol baru bisa menggunakan e-money dari bank-bank berikut: Bank Mandiri, TapCash dari BNI, Brizzi dari BRI, Blink dari BTN dan Flazz dari BCA. Kalau untuk topup kartu Ragunan ini juga bisa dilakukan di beberapa gerai Alfamart setahu saya. Cuma mungkin belum semua gerai bisa melayani top-upnya.

Balas

Sekarang yg gw pertanyakan tentang hal merokok di kebun binatang..disitu petugas nya aj merokok,dan loe jng memposting hal2 yg aneh…beberapa org merokok bung…dan disitu alam terbuka…klo loe bukan seorang perokok dan loe benci asap rokok…loe komplain aj lngsung ke pabrik rokok…bukn hny dikebun binatang aj seharus nya yg loe komplain…diluar dr kebun binatang shrus nya loe komplain jg….

Tp ad tempat tempat tertentu yg seorg perokok tdk boleh merokok: 1.di kendaraan umum.
2.di pasar swalayan. 3.di perkantoran…dan di rumah loe….

Mau tanya dikit, Top-up JakCard bisa dimana saja ?
Katanta busa di Alfamart n Indomaret, tetapi banyak yg tidak bisa.
Mhn info ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *