Kategori
Investasi Sukuk Ritel

Perhitungan Keuntungan Investasi di SBN Syariah Sukuk Ritel

Ketahui bagaiman cara perhitungan keuntungan sukuk ritel

Pssst… Sudah dengar belum kalau Sukuk Ritel SR 016 sudah diluncurkan? Bakalan terbuka lagi nih kesempatan investasi di instrumen yang AMAN BANGET dan MENGUNTUNGKAN! Gue share juga perhitungan keuntungan sukuk ritel ini nanti di bawah. 

Apalagi kalau teman-teman kemarin ketinggalan untuk mulai investasi di Obligasi Ritel Negara (ORI) 021. Sukuk Ritel SR016 ini bahkan memberikan kesempatan investasi yang lebih luas untuk semua kalangan. Termasuk ke teman-teman yang mencari investasi yang menguntungkan dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Mencari investasi yang sesuai prinsip-prinsip syariah memiliki tantangannya sendiri. Kenapa? Karena meskipun yang dicari adalah keuntungan, tapi investasinya harus tetap memenuhi syariat dan tuntunan Islam. Karena sekecil apapun ketidaksesuaian dengan prinsip syariah bisa menimbulkan keraguan. 

Di sinilah SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) hadir untuk memberikan kesempatan pada masyarakat dan membuka pintu seluas-luasnya untuk para investor yang ingin mulai berinvestasi dengan risiko yang relatif rendah. Bahkan SBSN berupa Sukuk Ritel SR016 ini bisa dijadikan sarana untuk mengajarkan anak untuk mulai investasi. 

Apa sih keistimewaan SR016 dibanding investasi sejenis lainnya? Misalkan, deposito yang sama-sama memberikan income rutin bulanan?

Keistimewaan Pertama: Kesesuaian Sukuk Ritel SR016 dengan Prinsip Syariah & Berkontribusi Ke Pembangunan Bangsa

Dikutip dari website Kemenkeu.go.id, Sukuk Ritel ini dikelola berdasarkan prinsip Syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi); gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury). Serta dinyatakan sudah sesuai syarian oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN – MUI).

Penerbitan sukuknya sendiri menggunakan struktur akad Ijarah alias aset yang disewakan. Disewakan bagaimana sih? Nah, dana hasil penjualan SR016 ini nantinya akan dipakai untuk investasi pembelian barang dan pembiayaan proyek yang nantinya barang dan proyeknya disewakan ke negara selama jangka waktu sukuknya. 

Jadi bukan pembiayaan kayak utang dan keuntungan yang didapatkan oleh kita sebagai investor ya berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasinya yang berupa biaya sewa yang dibayar oleh pemerintah. 

Jadi, selain sesuai dengan prinsip Syariah, berinvestasi di SR016 ini, teman-teman juga secara langsung berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. Kita bisa memiliki andil langsung dalam pembiayaan proyek-proyek negara. 

Luar biasa bukan?

Keistimewaan Kedua: Keuntungan yang Lebih Besar Dibanding Rata-Rata Deposito Bank BUMN

Untuk investasi di instrumen syariah SR016 ini, bagi hasil yang ditawarkan oleh Pemerintah adalah sekitar 4,95% per tahun. Nilai ini bisa dibilang besar apabila dibandingkan dengan rata-rata deposito di bank BUMN yang saat ini ada di kisaran maksimum 2,25% – 2,5% sebelum pajak. Imbal hasil SR016 sampai 2x lipat deposito di Bank BUMN.

Ketika teman-teman menyimpan uang di deposito, yang dicari pasti keamanan simpanannya kan? Tapi selain keamanan, pasti juga mencari keuntungan. 

Dengan kondisi pandemic seperti saat ini, dan meskipun ancaman inflasi tinggi di berbagai negara, ekonomi Indonesia masih terlihat stabil dan inflasi masih terjaga. Karena itulah Bank Indonesia masih menjaga suku bunga acuan cukup rendah. Meskipun di beberapa negara, suku bunga acuannya sudah mulai dinaikkan.

Rendahnya suku bunga acuan di Indonesia inilah yang menyebabkan deposito di perbankan Indonesia masih rendah. Karena itulah, deposito bisa jadi bukan pilihan terbaik untuk menyimpan dana saat ini.

SR016 yang memberikan 2x lipat nilai keuntungan yang ditawarkan oleh deposito adalah pilihan yang lebih baik. Ditambah lagi dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibanding deposito. 

Ini dia simulasi perhitungan keuntungan investasi Sukuk Ritel seri 016 misalkan saja teman-teman berinvestasi sebesar Rp 10.000.000; keuntungan bersih yang bisa didapatkan selama 3 tahun seperti ini ilustrasinya:

Menguntungkan bukan? Ditambah investasi di SR016 ini lebih aman. 

Lebih aman? Masa sih?

Keistimewaan Ketiga: Investasi di SBSN SR016 Dijamin 100% oleh Negara

Produk SBSN ini kan yang mengeluarkan Pemerintah. Tidak seperti deposito yang merupakan produk bank. Dari perbedaan ini kita sudah bisa yakin akan keamanannya. 

Tapi Mat, kan deposito dijamin oleh pemerintah?  

Iya, deposito dijamin pemerintah lewat LPS kan? Bedanya dengan SR016, yang mengeluarkan langsung pemerintah melalui Kementerian Keuangan. Jadi ya langsung pemerintah yang punya produknya. Sementara deposito, yang punya produknya bank.

Jadi pemerintah pasti lebih bertanggung jawab atas apa yang dikeluarkannya/dijualnya. Karena itulah SBSN dan SBN pada umumnya, baik kupon maupun pokoknya langsung dijamin 100% oleh pemerintah.

Alasan inilah yang menjadikan investasi di SR016 dan SBN lainnya memiliki risiko yang sangat rendah. Apalagi ditambah dengan simulasi perhitungan keuntungan investasi sukuk ritel yang sudah diberikan tadi, semakin menarik kan?

Keistimewaan Keempat: Pajak yang Rendah, 50% Lebih Rendah Dibanding Deposito!

Keistimewaan ini tidak bisa diabaikan oleh investor yang mencari keuntungan di investasinya sih. Pajak yang cuma 10%. Bandingkan dengan deposito yang pajaknya sampai 20%!

Artinya apa?

Kalau deposito yang keuntungannya 2,25% dengan pajak 20%, berarti dapat keuntungan bersihnya sekitar 1,8% per tahun. Sementara kalau SBSN yang pajaknya hanya 10%, dengan tingkat imbal hasil sebesar 4,95%, keuntungan bersih yang didapatkan sebesar 4,455%.

Dilihat dari nilai bersih keuntungan yang bisa didapatkan setelah pajak, SR016 memberikan keuntungan lebih dari 2x lipat dari keuntungan yang bisa diberikan oleh deposito. Keistimewaan pajak dari SBN dan SBSN ini memang harus benar-benar dimanfaatkan oleh investor, terutama bagi teman-teman yang sedang berusaha membangun passive income. 

Passive income bagaimana?

Keistimewaan Kelima: Cocok untuk Membangun Passive Income

Untuk bisa membangun aset keuangan, selain dari penghasilan aktif yang kita dapatkan dari bekerja, kita juga bisa mendapatkan income dari aset keuangan dan mendapatkan penghasilan pasif. 

Penghasilan pasif bagaimana? Ketika uang kita belikan aset keuangan, kita bisa mengharapkan income rutin dari aset tersebut. 

SR016 benar-benar memenuhi kriteria tersebut. Kok Bisa?

Soal keamanan dan keuntungannya sudah tidak perlu dijelaskan lagi kan? Nah dengan keuntungan bersih 4,455% per tahun tadi, SR016 menjanjikan pembayaran keuntungan yang teratur setiap bulannya langsung ke rekening para investornya. 

Dengan demikian, teman-teman yang berinvestasi di SR016 bisa menggunakan keuntungannya untuk 2 tujuan: menambah pemasukan setiap bulannya, atau secara teratur menambah aset investasi dengan membeli dari hasil Sukuk Ritel seri 016 ini. 

Apabila kemudian teman-teman memilih untuk menginvestasikan kembali hasil dari SR016 setiap bulan, maka efek compounding interest akan bisa bekerja dan membantu teman-teman investor untuk mempercepat peningkatan aset yang dimiliki. Mungkin terasa sedikit di awalnya, tapi bila terus menerus berinvestasi setiap bulan dari bagi hasil SR016 maka aset akan terbangun dengan konsisten. 

Tapi susah gak sih untuk membangun aset terus menerus ini?

Keistimewaan Keenam: Pembelian SR016 Bisa Dilakukan Dari Bibit!

Perhitungan Keuntungan Sukuk Ritel

Sudah tahu kan, kalau Bibit saat ini sudah menjadi salah satu mitra distribusi SBN dan SBSN? 

Dengan menggunakan Bibit, pembelian SBN dan SBSN khususnya SR016 bisa jadi sangat mudah. Gak perlu repot-repot pergi ke kantor mitra distribusi dan bahkan gak perlu repot-repot isi formulir. 

Teman-teman bisa langsung melakukan pembelian Sukuk Ritel seri 016 dari aplikasi Bibit

Dan yang lebih hebatnya lagi, apabila teman-teman ingin membangun aset dengan cepat dan mudah melalui reinvestasi bisa langsung dilakukan dengan gampang! Karena di aplikasi Bibit, pembelian reksa dana bisa dilakukan dengan sangat mudah. 

Jadi ketika setiap bulan kita terima pembayaran bagi hasil di rekening, saat itu jugalah kita bisa belikan investasi reksa dana. Apalagi pembelian reksa dana di Bibit bisa dari jumlah yang sangat terjangkau!

Jadi, mau tunggu apa lagi? Yuk sekalian sekarang langsung investasi SR016 di Bibit! Buruan! Jangan sampai kehabisan karena SBN dan SBSN selalu laris manis dan cepat habis! 😀

Satu tanggapan untuk “Perhitungan Keuntungan Investasi di SBN Syariah Sukuk Ritel”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten dalam blog ini dilindungi oleh hak cipta
Exit mobile version