Kategori
Perencanaan Keuangan

Menyambut Lebaran 2021: Mari Kita Bersiap Fisik, Mental, dan Finansial!

Lebaran 2021 sebentar lagi. Bagi masyarakat sebuah negara yang didominasi oleh muslim, pastinya kita semua sudah menunggu momen ini dengan rindu. Apalagi ini sudah tradisi, yekan? Kita melakukannya setiap tahun, sejak … entahlah, sejak kapan. Bahkan, teman-teman nonmuslim juga jadi ikut melakukan tradisi Lebaran ini, meskipun skip acara salatnya.

Tapi oh tapi, Lebaran 2021 sekali lagi harus kita lalui dalam suasana pandemi. Pemerintah lagi-lagi melarang kita untuk mudik tahun ini. Ya, kalau memang peduli dengan kesehatan—nggak cuma kesehatan kita sendiri, tetapi juga peduli akan kesehatan keluarga di kampung—maka ada baiknya kita urungkan dulu niat untuk mudik. Kalau sudah ikutan mudik gimana? Ya, enggak apa-apa. Mudah-mudahan semua lancar dan baik-baik saja.

Lebaran 2021: Gimana Kondisinya?

So, Lebaran 2021 sudah hampir tiba, mari kita bersiap-siap. Karena berbeda dari biasanya, momen Lebaran itu memang momen istimewa. Jadinya, akan ada beberapa hal yang berbeda pula. Terutama dari sisi finansial.

Yes, sudah umum terjadi, keuangan jadi rada kacau ketika Lebaran. Bahkan, kadang kekacauan finansial ini terjadi begitu kita masuk ke bulan Ramadan. Ya, sebenarnya juga hal ini enggak perlu dijadikan masalah sih. Toh, hal ini sudah kita alami setiap tahun, yekan? Jadi, yaqin banget, kamu semua sudah siap banget untuk ini. Banyak yang mulai menabung sejak jauh-jauh hari, bahkan ada juga yang punya rekening khusus untuk bisa digunakan selama bulan suci dan kemudian Lebaran.

So, artikel ini sekadar checklist, apakah kamu sudah benar-benar siap atau belum menjalankan tradisi ini sekarang. Ditambah lagi, masa krisis belum juga berlalu kan? Siapa tahu, ada di antara kamu juga penghasilannya belum pulih. Jadi, memang harus lebih berhat-hati dalam membuat bujet.

Mari kita lihat, apa saja yang perlu disiapkan di Lebaran 2021 kali ini.

Pengeluaran Lebaran

Pertama kali, kalau soal keuangan, kita harus mengenali dulu beberapa jenis pengeluaran yang biasa kita lakukan di masa-masa menjelang Lebaran 2021. Apa saja? Berikut ini beberapa di antaranya, kamu bisa melengkapi dengan jenis pengeluaran lainnya yang sesuai dengan kondisimu.

1. Zakat

Sebagai umat muslim, kewajiban utama di akhir masa Ramadan seperti ini—selain tetap menjalankan ibadah puasa dan salat—adalah membayar zakat. Karena ini sudah kewajiban, dan dibayarkan setiap tahun, so seharusnya sudah tak lagi dianggap beban.

However, tetap harus disiapkan dong dananya ya? Terutama menjelang Lebaran 2021 ini.

Ikuti aturan yang sudah ada, dan penuhi kewajibanmu ya.

2. THR pekerja rumah tangga

Nggak cuma pegawai kantoran yang berhak atas THR. Menurut Undang-Undang, setiap pekerja berhak menerima tunjangan hari raya dari pemberi kerjanya, terlepas dari statusnya. Tinggal hitungannya saja yang berbeda.

Kalau di rumah ada pengasuh, ART, satpam, dan sebagainya, jangan lupa untuk memberikan mereka THR yang sudah menjadi haknya. Besarannya sendiri bisa disepakati di awal. Enggak apa juga kalau di Lebaran 2021 ini belum bisa kasih banyak, yang penting beri pengertian dulu. Lalu, sepakati bersama.

3. Angpau

Angpau, terutama kalau punya keluarga besar, juga harus disiapkan. Ini juga tradisi sih, tapi bukan merupakan kewajiban. Kalau memang kondisi tak memungkinkan, rasanya sah-sah saja kalau pengeluaran satu ini dihilangkan di Lebaran 2021 ini.

Tapi, kalau memang pengin kasih angpau, ya tentunya akan baik adanya. Buat bujet yang masuk akal, untuk berapa orang yang akan diberi angpau. Anak-anak, keponakan-keponakan yang masih kecil sih biasanya. Yang sudah gede, nggak usahlah ya, biar mereka cari rezeki sendiri.

4. Baju

Baju Lebaran yang baru juga merupakan tradisi, yang kalau nggak dilakukan, enggak apa-apa juga.

Tapi, biasanya orang memang dibela-belain tuh buat belanja baju Lebaran ya? Ya, namanya orang, ya enggak bisa dipaksa juga. Semoga saja memang ada dananya. Tapi, untuk Lebaran 2021 ini, nggak perlu juga berdesakan di pusat perbelanjaan. Kenapa nggak memanfaatkan fitur belanja online saja? Lebih praktis, lebih hemat juga karena banyak barang murah dan masih dapat diskon pula.

Plus, kita enggak perlu bersusah-susah jalan. Tinggal tunggu di rumah, paket datang. Masalah ongkos kirim bisa diatur, ada banyak promo free ongkir, sampai beli rame-rame biar ongkirnya ditanggung bareng.

5. Makanan

Belanja makanan boleh saja jadi keharusan, tapi tak perlu berlebihan juga. Camilan, kue basah dan kering, sampai hidangan ketupat opor sudah ada, ya sudah cukup. Jumlah porsi yang cukup dimakan sekeluarga, tak perlu sampai berlebihan. Kecuali memang bermaksud untuk dibagikan juga ke teman, tetangga, atau mereka yang kurang beruntung.

Nah, selain jenis pengeluaran di atas, ada pengeluaran apa lagi ya? Boleh ditambahkan di kolom komen ya, biar melengkapi.

Mempersiapkan Lebaran 2021

Nah, why don’t we start dengan beberapa persiapan untuk menyambut Lebaran 2021 kali ini?

1. Beberes rumah

Let’s start dengan mempersiapkan Lebaran 2021 dengan rumah yang bersih. Karena kita semua akan kembali fitri, maka rumah pun harus bersih juga. Setuju nggak?

Bagi tugas dengan orang serumah, bebersih dan beberes mulai dari kamar per kamar, sampai ke ruang keluarga dan kamar mandi.

Meski masih puasa, tapi harus tetap semangat bersih-bersih ya. Nggak perlu sehari langsung selesai, bagi jadwal dan prioritas, hingga semua bisa dibereskan dengan baik. Kalau sudah bersih kinclong dan beres rapi, setahun lagi baru dirapihin lagi juga nggak masalah.

2. Susun menu

Buat menyambut Lebaran 2021, enggak lengkap tanpa makanan yang sudah jadi tradisi untuk disantap. Yes, apa lagi kalau bukan ketupat opor ayam. Ya, mau hidangan lain juga boleh kok. Atur saja sesuai selera keluarga.

Yang pasti, susun menu dan mulailah belanja sejak jauh hari, terutama bahan-bahan yang awet disimpan. Karena biasanya, menjelang Lebaran, harga-harga merangkak naik lebih tinggi lagi.

Ingat, susun menu yang tak berlebihan, asalkan memenuhi syarat kesehatan. Hati-hati kolesterol!

3. Susun acara

Beberapa orang sudah mulai libur sejak Senin 10 Mei, tapi ada juga yang baru libur 12 Mei 2021, sesuai anjuran pemerintah.

Mind you, libur terlalu panjang yang tanpa acara seru bisa jadi sangat membosankan. So, pastikan kamu punya acara seru setiap harinya. Apalagi kalau keluarga ndilalah bisa ngumpul. Karena enggak mungkin juga keluar rumah terlalu banyak—karena kita masih harus physical distancing—maka pastikan ada hal-hal yang asyik dilakukan di rumah.

Nah, itu dia beberapa persiapan Lebaran 2021 yang bisa kita lakukan.

Prinsipnya, mari kita lebih fokus kembali pada perayaan spiritual tahun ini. Bukan sekadar pesta-pesta yang bikin boncos dompet dan tabungan, tapi lebih memaknai arti hari Idulfitri itu sendiri. Apalagi di masa sulit seperti ini. Bisa jadi, ini adalah Lebaran terakhir kita. Ya, siapa yang tahu kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *