Kategori
Kredit Kredit Online

Mau Pinjam Uang ke Pinjaman Online 24 Jam Cair Itu? Kenali Ciri-Ciri Amannya!

Pinjaman online 24 jam

Sebenarnya sih utang itu bukannya hal yang diharamkan. Termasuk ketika kita pinjam uang ke pinjaman online 24 jam itu.

Untuk satu dan lain kebutuhan, pinjam dari pinjaman online memang jadi solusi. Kenapa? Karena pinjaman online 24 jam cair itu itu praktis, mudah, cepat, anti ribet-ribet club!

Perlu kamu tahu, bahwa tak sedikit pinjaman online abal-abal yang tidak beretika saat ini. Untuk kamu yang kepepet butuh dana cepat, kamu harus hati-hati memilih pinjaman online 24 jam yang langsung cair.  Pastikan dulu perusahaan peminjaman dana atau pendanaan tersebut merupakan perusahaan pinjaman online legal, aman, dan dapat dipercaya.

Yuk, kenali 5 ciri pinjaman online 24 jam yang katanya langsung cair, aman dan tepercaya, agar kamu terhindar dari kerugian!

1. Terdaftar di OJK

Pinjaman online 24 jam yang legal, aman, dan dapat dipercaya pastinya harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kenapa harus terdaftar di OJK?

Karena OJK merupakan lembaga yang bertugas untuk mengawasi, memeriksa, dan menyelidiki setiap kegiatan di sektor keuangan termasuk pinjaman online.

Jika sebuah perusahaan jasa keuangan tidak terdaftar di OJK, maka kredibilitas perusahaan tersebut masih dipertanyakan atau bisa jadi perusahaan pinjaman online ilegal.

Untuk dapat memastikan sebuah perusahaan pinjaman online 24 jam yang legal, aman, dan dapat dipercaya atau tidak, kamu bisa mengeceknya langsung di situs resmi milik OJK.

Kembali ke atas

2. Memiliki Situs Resmi

Ketika ada perusahaan beroperasi secara online (namanya juga pinjaman online kan?), maka seharusnya pula ia punya situs resmi.

Mengapa?

Karena situs resmi ibarat kantor virtual. Ibarat resepsionis virtual, tempat segala informasi mengenai bisnis yang bersangkutan bisa didapatkan dengan mudah.

Yes, keberadaan situs resmi sebuah perusahaan pinjaman online sangat membantu calon nasabah untuk lebih mudah dalam mendapatkan informasi dan memahami produk apa saja yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Biasanya nih, situs resmi berawalan “https”, tandanya bahwa situs tersebut menggunakan socket secure layer (SSL) di mana situs tersebut menyediakan enkripsi terhadap pertukaran data untuk mencegah terjadinya penyadapan atau pencurian data pengguna.

Perhatikan juga alamat email yang mereka gunakan, ya. Perusahaan pinjaman online legal akan menggunakan email resmi bukan menggunakan email personal seperti Yahoo ataupun Gmail.  

Kembali ke atas

3. Alamat Kantor yang Jelas

Perusahaan pinjaman online 24 jam yang legal, aman, dan dapat dipercaya sudah seharusnya memiliki alamat kantor yang jelas. Alamat kantor yang jelas ini tercantum juga di situs web mereka yang jelas.

Hal ini tentunya memiliki tujuan agar para calon nasabah percaya jika perusahaan pinjol tersebut merupakan perusahaan yang dapat dipercaya dan juga legal secara hukum.

Sebaiknya berhati-hati jika perusahaan pinjol tersebut tidak memiliki alamat kantor yang jelas. Berisiko banget kalau sampai meminjam dana dari pihak yang enggak jelas juntrungannya. Jika suatu saat nanti terjadi tindakan penipuan yang merugikanmu maka kamu akan kesulitan untuk mencari pelaku penipuan tersebut, apalagi melaporkannya.

Kembali ke atas

4. Proses yang Transparan

Pinjaman online 24 jam yang legal, aman, dan dapat dipercaya akan sangat transparan dalam menyampaikan informasi terkait cara kerja aplikasinya. Sebut saja, seperti tenor, biaya administrasi, tingkat suku bunga hingga denda yang dikenakan nasabah jika terlambat melakukan pembayaran cicilan, semua akan dijabarkan dengan detail.

OJK pun telah mewajibkan adanya transparansi informasi dalam proses pinjaman online ini.  Tujuannya agar calon nasabah bisa terinformasi dengan baik, sehingga bisa meminimalkan risiko dari transaksi yang akan dilakukannya.

Kembali ke atas

5. Tingkat Suku Bunga Wajar

Hal yang paling penting yang bisa dilihat pinjaman online tersebut legal, aman, dan dapat dipercaya adalah tingkat suku bunganya.

Apabila kamu menemukan pinjaman online 24 langsung cair dengan tingkat suku bunga yang tinggi, sebaiknya kamu waspada.

Jadi kamu enggak usah heran, jika ada beberapa aplikasi pinjaman online yang terdaftar di OJK peraturannya ketat daripada perusahaan pendanaan pada umumnya. Pinjaman online legal akan memiliki tingkat suku bunga wajar yang sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan OJK.

Jangan sampai kamu tertipu dengan pinjol ilegal, ya. Jika kamu telat bayar 1 hari saja, kamu harus membayar angsuran, suku bunga, dan denda besar. Wah, pastinya kamu akan terbebani sekali!

So, dipilih-dipilih tuh pinjaman online 24 legal yang terdaftar di situs OJK. Pilih yang sreg sama kebutuhan dan kemampuan kamu juga.

Kembali ke atas

6. Memiliki aplikasi mobile untuk mempermudah nasabah

Ciri perusahaan online 24 jam yang bonafid adalah memiliki aplikasi pinjaman online mobile yang akan mempermudah nasabahnya dalam bertransaksi. Selain itu, kamu bisa melihat skor dan review tentang aplikasi pinjaman online tersebut dari pengguna lain.

7. Proses cepat, aman, dan tepercaya

Pada perusahaan penyedia layanan pinjaman online 24 jam yang baik akan memberikan proses persetujuan dan pencairan dana cepat, proses pembayaran mudah (dapat menggunakan rekening virtual), tenor yang fleksibel, dan juga bebas dari biaya penalti apabila melunasi pinjaman lebih awal.

Kembali ke atas

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa ciri pinjaman online 24 jam legal, aman, dan dapat dipercaya.

Untuk sebagian orang, menggunakan layanan pinjaman online merupakan sebuah solusi sementara terhadap masalah keuangan yang dihadapi, apalagi dalam keadaan mendesak. Namun, apabila kamu tidak jeli, dampak buruk dan bisa jadi mengganggu ketenangan hidupmu.

Ya biar bagaimana pun juga, OJK sudah berupaya penuh dalam mengatasi pinjaman online abal-abal. Tapi, kalau dari diri kita sendiri nggak punya bekal literasi keuangan yang baik, ya sia-sia saja sih usaha OJK itu.

Maka dari itu, edukasilah diri kita sendiri dulu. Kenali kebutuhan, mana yang perlu pinjam dana dan mana yang enggak. Jika pinjam dana, punyai skema pembayarannya. Kenali juga aplikasinya, mana yang bener dan mana yang enggak. Jangan hanya tahu dari iming-iming “pinjaman online 24 jam langsung cair tanpa ribet” saja, tanpa mau tahu ada “apa” di balik semua kemudahan itu.

Pilihlah pinjaman online yang legal saja, karena nantinya kitalah yang akan  bertanggung jawab penuh terhadap setiap transaksi yang kita lakukan.

Walaupun kamu membutuhkan dana dalam keadaan mendesak, jangan sampai kamu gegabah dalam mengambil keputusan untuk meminjam uang secara online dan menjadi lalai untuk melakukan pengecekan informasi yang penting terkait perusahaan pinjaan online. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Semoga bermanfaat, fellas!

2 tanggapan untuk “Mau Pinjam Uang ke Pinjaman Online 24 Jam Cair Itu? Kenali Ciri-Ciri Amannya!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *